Jujur Itu Mahal Harganya

Berangkat menuju ke kantor, seperti biasa ge naik besi tua cepat bernama Kereta Api. Walaupun gak ada apinya, tapi tetep jadi salah satu transportasi favorit gw.

Ketika berjalan menuju pertigaan hotel Mulia, gw dicegat sama bapak-bapak tua yang sedang ngedoronh gerobak. Di gerobaknya bertuliskan bubur ayam.

Sontak dia menghalangi langkah gw. Seraya ngomong, "Mas, saya boleh minta Rp 50 ribu? Anak saya baru aja meninggal di kampung." dia berkata dengan muka melas seperti keletihan.

Kaget banget lah gw ngedengernya. Antara iba dan kasihan sama berita buruk yang dia utarakan.

"Maaf pak, saya lagi gak megang uang." Sontak gw berkata kaya gitu.

"Baik mas, terima kasih."

Bapak tua itu pun pergi mendorong gerobaknya menjauh. Dan, gw pun kembali melangkahkan kaki menuju pertigaan hotel Mulia.

Sepanjang gw jalan gw pun mikir karena kepikiran apa yang baru aja terjadi. Kepikiran apa bener yang gw lakuin tadi.

Jujur aja, hidup di ibukota yang penuh tantangan ini, gak bisa disangkal waktu kejujuran yang gw lakukan berujung salah. Atau justru sebaliknya.

Di satu sisi, gw iba dan kasian sama bapak-bapak itu. Tapi, di sisi lain gw gak mau ketipu sama akal-akalan bapak-bapak itu.

Keliatan kan dua sudut pandang alasan yang gw ungkapkan?

Banyak aja kan modus orang untuk ngedapetin uang dalam waktu singkat. Akan tetapi, di sisi lain gw ngerasa kenapa harus susah bersedekah ke orang yang membutuhkan?

Gw sebel banget emang misalnya kejujuran yang gw lakukan malah disalahgunakan sama orang. Namun, gw lebih benci lagi sama diri gw sendiri, misalnya gak bisa bersedekah atau membantu orang lain.

Almarhum kakek gw pernah ngomong, " Kalau punya, ngasih! Tapi kalau gak punya, jangan minta!

Sebel banget dengan saat-saat kaya begini. Karena gw nganggep yang gw lakukan itu gak sepenuhnya salah dan gak sepenuhnya bener.

Di saat sikap yang gw ambil itu bener, mungkin emang gak enak banget hidup di kota Jakarta ini. Perlu kehati-hatian ekstra supaya gak ketipu orang.

Tapi, gimana kalau sikap yang gw ambil salah? Bisa menyesal gw karena gw gak ngebantu orang lain yang tentunya membutuhkan pertolongan.

Yaaa, kejadian tadi pagi ngasih pelajaran berharga ke gw. Akibat yang ditimbulkan sikap yang gw ambil tadi, selamanya akan jadi misteri. Karena emang cuma Tuhan yang tau.

Sikap yang gw ambil ini, bukan semata-mata gw pelit atau gak mau berpikir. Tapi, di saat seperti inilah gw ngerasa kalau kejujuran gw bener-bener diuji.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang