Lorem Ipsum Ada di Kompas, Kaget?

Setibanya di kantor, gw langsung mengambil sebungkus nasi uduk yang baru aja gw beli ketika jalan dari rumah ke kantor. Ada tahu, tempe, telor dadar, bihun, dan kuah semur yang ternyata amat mempercantik nasi uduk tersebut.

"Wah kacau, wah kacau..."

"Kenapa?"

"Kompas! Kompas! Masukin Lorem Ipsum dolor sit amet ke halaman cover."

Untuk yang belom tau, Lorem Ipsum itu teks dummy yang biasa digunakan tukang layout baik di kantor koran, berita, atau bahkan di iklan. Jadi sebelum dimasukin teks aslinya biasanya art director atau FA artist itu make teks itu sebagai bantuan dalam nge-layout.

"Tapi kan Kompas gitu lho. Gak mungkin lah salah."

Langsung temen gw nunjukin apa yang terjadi di Kompas halaman pertama tersebut. Kaget? Enggak sama sekali lah. Gw tau yang namanya kesalahan itu pasti menghantui apapun yang dibuat oleh manusia.

Perusahaan segede Honda, atau Toyota aja pasti ngeluarin produk yang tentu ada defect atau rejected. Dengan begitu kan ada revisi atau perbaikan. Mungkin banyak yang nganggep kalau sekaliber Kompas gak mungkin luput dari kesalahan.

Tapi, coba bandingin sama detik yang tentu banyak amburadul juga masalah typo, kesalahan ejaan, bahkan kesalahan maksud dari kalimat yang disampein. Sebagai manusia berakal kan tinggal memaknai itu sebagai salah satu hal yang cukup baik.

Di usia senjanya sekarang gw yakin Kompas berjibaku untuk ngasih yang terbaik. Walaupun Kompas digitalnya gak se-massive detik, tapi gw yakin segala upaya dilakuin untuk tetap bertahan. Meski udah sepi pembaca, gw yakin bahwa kalau ngejar speed pasti kualitas menurun. Tapi, kalau ngejar kualitas tentunya gak bisa sedemikian cepat.

Udah lah yah, gak usah maen salah-salahan. Kesempurnaan cuma milik bunda dorce, hahaha. Kan loe tau kalau Orang Indonesia tuh kaga doyan baca. Tingkat literasi Indonesia terendah nomor 2 di dunia di atas Botswana. Tapi, giliran institusi besar ngelakuin kesalahan dunia kaya mau runtuh.

Teng! Teng!

Gak nyangka udah jam makan siang dan membawa gw dan bos bos gw makan di futkort. Limpahan nasi karena pada bawa nasi merah pun membawa gw siang tadi kekenyangan kaya orang hamil, hehehe.

Sebenernya gw udah tau kalau hari ini ada el classico main di GBK. Persija lawan Persib. Derita ngantor di Senayan kan gitu. Jadinya deg-degan kalau Persija lagi maen.

Bener aja lho, big match tersebut kelar jam 17.30 pas gw pulang kantor. Dan bayangin aja, grab yang biasanya Rp 9 ribu, tadi Rp 22 ribu! Hahahaha. Akhirnya gw mutusin jalan dari kantor ke stasiun Palmerah.

Masih pada ketahan sih di dalem, belom sepenuhnya keluar stadion. Tapi puyeng juga ngeliat tingkah-tingkah orang non-Jakarta, kaya Ciputat, yang belain Persija. "Loe orang Ciputat woy!"

Warna oranye di jalanan itu ngebawa gw nutup hari gw yang melaju naik kereta sembari terbenam matahari. Minimal gw berasa oranye hari ini. Dengan perut kekenyangan.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang