512 Angka Keberuntunganku

Perasaan hari bener-bener spektakuler! Gw bener-bener ngerasain jadi orang yang sangat berusaha dalam memperoleh cita-cita. Kenapa begitu? Sebenernya dimulai dari tadi pagi ketika gw naek 512.

Pagi tadi 512 sangat penuh. Orang-orang berjejal-jejal memenuhi bus dan ingin pergi ke satu tujuan. Gw jadi ngerasa salah satu bagian dari mereka. Kenapa? Karena ketika berada di dalam bus tadi, gw ngerasa orang sekaya dan orang semiskin apa pun lebur jadi satu. Di dalam bus tadi semua orang bersama-sama berjuang dalam melanjutkan hidup mereka. Terlihat paras-paras ceria dan segar yang ingin melanjutkan kehidupan yang mereka punya.

Gw sebenernya gak tau, apakah mereka itu udah berkeluarga atau belum. Punya anak berapa, tanggungan di rumah berapa, tapi yang pasti mereka rela berjejal-jejal untuk sampai di tempat mencari nafkah. Jadinya gw ngeliat betapa berharganya hidup ini jika dihabiskan dengan gambaran-gambaran nyata seperti itu. Melihat orang-orang yang bersama bangun pagi, mencari angkutan untuk sampai di tempat tujuan, dan bahkan bersama-sama terlarut dalam macetnya Jakarta. Seberapa pantas sih gw dibandingin mereka?

Gw baru aja ngejalanin hidup baru gw ini 3 mingguan. Apakah pantas disejajarkan dengan bapak yang udah 15 tahun lebih menggantungkan hidupnya pada 512 untuk sampai di tempat kerja? Yang lucu adalah ketika semua penumpang itu ternyata banyak yang sudah kenal. Gimana gak? Setiap pagi bertemu dengan penumpang yang itu-itu aja. Jadi seneng aja ketika ngeliat kejadian-kejadian di 512 itu. Misalkan penumpang yang berdiri pegel, tak segan penumpang yang duduk bergantian memberikan duduk kepada yang berdiri. Dan, banyak cerita lain yang tercipta karena keseharian di 512.

Gambaran-gambaran nyata seperti itu mahal harganya. Dan gak bisa dibeli dengan apa pun. Gw gak akan pernah ngedapetin pengalaman dan cerita itu misalkan gw naek mobil pribadi. Di sinilah letak kekuatan yang dipunya oleh angkutan umum. Oleh karena penumpang yang beragam, cerita yang tercipta pun beragam. Banyak orang bertanya ke gw, "kenapa sih loe mau kerja di Pulogadung?"

Memang, awalnya gw agak jiper juga mengetahui kalau gw bakal kerja di daerah itu. Tapi, dimulai dengan pengalaman di dalam 512 ini semakin memberikan gw semangat tinggi untuk ngejalanin hari gw ke depannya. Misalkan gw gak mau berjuang mana gw tau kalau bakal dapet pengalaman dan cerita yang berharga kaya gini?

Gw akan selalu bersyukur dalam ngadepin semua realita yang ada di depan. Karena emang mungkin rejeki gw datangnya dari cara seperti ini. Mengeluh? Wah belum saatnya, karena gw baru ngejalanin 3 minggu. Gak ada apa-apanya kalau dibandingin bapak yang udah 15 tahun itu. Dan kalau emang pun gw mengeluh, gw akan mentransformasikan ke bentuk yang positif. Gw gak mau terpuruk dalam jurang yang gw bikin sendiri.

Kenapa gw bisa seseneng ini nyampeinnya? Iya gw gak tau kalau emang gw ngerasa sama aja seperti penumpang-penumpang 512 yang lain. Bangun pagi, pergi ke tempat tujuan, dan bekerja. Gw sangat ngerasa jadi karyawan dan orang yang mendulang rejeki di suatu tempat.

Kenapa perasaan ini menyenangkan ya? Dan kalau gw tulis di blog gw ini, gw yakin bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang membaca blog gw ini. Cobain deh, gw gak akan pernah dapet berita baik seperti ini kalau gw gak ngambil kesempatan kerja di kantor gw yang baru ini. Pesan gw jangan pernah takut sebelum loe menjalani prosesnya. Mentang-mentang denger kata Pulogadung terus jiper? Wah loe harus introspeksi diri dulu kalau mau bilang begitu.

Yaaa, dalam beberapa hari ini yang terus gw lakukan adalah bersemangat dalam rangka mencari yang terbaik dalam diri gw. Positif atau negatif? Ya dipositif-positifin aja semua. Biar gak ada guilty feeling. Mencari itu indah, apalagi kalau didukung oleh semangat yang positif.

Tadi sempet dapet terima kasih dari Khakha atas tulisan yang gw persembahkan. Padahal awalnya iseng, tapi kata dia tulisan gw memberikan semangat buat yang membacanya. A- lah kalau emang begitu adanya. Dan dari tadi seharian gw di kantor bekerja, membuat materi, dan besok mau present lagi ke klien. Hidup ini adalah presentasi bung!

Emang, 512 adalah angka keberuntungan gw.

Quote: Keindahan tak hanya datang lewat yang manis, tapi kadang ketidakmanisan itulah yang membuatnya lebih indah.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah