Kacang Mba Manis

Ngerjain kerjaan sampe larut malem, alhasil kemaren malem gw nginep lagi di kantor. Pas subuh, gw dibangunin juga sama mas Rey karena dia akan berangkat ke Surabaya untuk mengurus kepindahan dia ke Jakarta. Terus pas dia pergi gw akhirnya dibiarkan terkunci di kantor.

Eeehhh pas mas Oni mau masuk ke kantor, dia menelepon dan gw bilang kalau gw gak megang kunci, hahahahah. Akhirnya mas Oni menunggu sampai pak Sigit datang ke kantor. Yaa, hari ini gw lalui dengan menyusun presentasi yang tadi udah di-present ke klien jam 1 siang.

Hasilnya, ditolak mentah-mentah! Hehhee, yaa namanya juga usaha kok. Yang penting tinggal nunggu kapan bisa ngedapetin saat yang tepat untuk menjebolkan materi yang dibawa.

Setelah kelelahan dan menunggu revisi, akhirnya gw dan tim pulang ke kantor. Karena belom makan siang, akhirnya makan dulu mie ayam di pinggir jalan. Tapi, karena jam sudah menunjukkan pukul setengah 5, gw akhirnya memutuskan untuk pulang ke rumah. Dan, ternyata diperbolehkan ama temen-temen yang lain.

Melengganglah gw ke terminal Pulogadung. Gw langsung naek 512 yang ada dan masih agak kosong. Gw duduk dan menikmati perjalanan yang meleletkan sambil ditemani matahari yang mulai membenamkan diri di ufuk barat.

Setelah berapa lama, beberapa orang pun naek. Di antara penumpang yang naek, banyak ternyata yang gw kenal. Emang karena mereka penumpang tem 3 yang biasa gw naek pagi-pagi. Gw juga heran karena emang tumben bisa rame-rame gini naeknya. Penumpang dari tem 2 pun sama banyaknya. Jadi kayak persaingan antara tem 2 dan tem 3.

Padahal gw pas di tempat klien udah ngantuk-ngantuk dan berencana mau tidur di 512. Tapi, karena banyak penumpang yang gw kenal jadinya gw gak tidur deh. Kami terlibat perbincangan hangat di dalam bus. Mulai dari bercanda-canda, ngegangguin orang, sampai bagi-bagi makanan. Sangat terasa kekeluargaannya ketika jalan pulang tadi.

Kami ngobrol-ngobrol dan ketawa-tawa. Pas bagi-bagi makanan yang rame gak ketulungan. Karena emang mereka udah saling kenal, jadinya rusuh banget. Jadi ada yang bawa kripik bawang dan kacang. Dan, di saat tengah-tengah berbagi.

Pak Robert : Wah, enak. Kacangnya mba manis banget.
Mba Rini : Manis apanya pak? Waaaahhhh....
Ramai : Wahahahahhahahah.....

Emang dasar orang ngaco semua, langsung pada ngeres dah pikirannya denger kata kacang. Hahahhaha, gw pun ngerasa memang inilah yang membuat mereka dapat membunuh kejenuhan dari rutinitas yang mereka lalui tiap hari. Bercanda, ngisengin orang, dan banyak deh pokoknya. Mereka ngerasa sangat ngerasa punya ikatan. Padahal, mereka berteman karena keadaan. Karena emang tiap hari 1 bus dan orangnya itu-itu terus, masa gak mau temenan?

Ya, gw tambah makin seneng aja berada di antara mereka. Membaur menjadi satu dan menghilangkan semua sekat dan pagar yang dipunya. Baik pendidikan, jabatan, atau bahkan kekayaan. Kaya kalau lagi salat aja deh, mau muda, mau kaya, mau miskin, mau bule, mau negro, mau Padang, mau Batak, semua membaur jadi satu kelompok.

Tadinya gw mau gantian ngasih tempat duduk ke yang berdiri. Tapi, kata mba Rini, "Loe gede dan kalau berdiri bisa tumpah ruah nanti. Jadi mendingan loe anteng deh." Hahaha, kebetulan gw duduk di pojok kanan belakang dan susuah kalau mau berdiri. Karena emang tadi penumpangnya lagi penuh sesak.

Ngobrol demi ngobrol kami lalui, seiring dengan bunyi mesin diesel 512 yang gak pernah ganti oli, lalu lintas jalan yang gak macet-macet amat, dan terbenamanya matahari. Satu-satu pun turun setelah keluar tol Pondok Indah dan sepanjang jalan raya Ciputat. Dan, satu per satu pun berpamitan dengan yang lain. Tanpa sadar, gw dan teman-teman baru gw itu baru aja menutup lembaran manis kami hari ini. Lembaran yang penuh tawa, penuh canda, penuh cerita, dan penuh makna.

Gw pun turun di pasar Ciputat. Setelah berpamitan dengan penumpang yang lain, gw melangkahkan kaki untuk naek angkot sekali lagi. Tak lama, angkot itu jalan dan gw tiba di rumah.

Sekarang, gw bener-bener ngerasain sebuah hidup yang nikmat. Indah dan sangat bermakna . Berjalan dengan penuh semangat, dan tentunya pulang dengan sejuta cerita. Apakah gw akan rela melepaskan kehidupan ini jika gw pindah kerja? Gw takut banget gw gak bisa. Karena jujur, tentang pertemanan sebuah kelompok di dalam bus kota, jadi pengalaman pertama gw. Selama hampir 23 tahun hidup, ya saat inilah gw ngerasain pengalaman berharga ini.

Maaf ya kalau belakangan ini cerita gw hanya berkutat dengan pengalaman gw di jemputan gw itu. Mudah-mudahan gak ngebuat rangkaian tulisan blog gw ini terlihat membosankan. Gw cuma ngerasa kalau cerita ini sangat berharga dan sayang kalau gak gw abadikan.

Yakin deh gw! Ternyata naek angkutan umum itu jauh lebih baik daripada naek mobil pribadi! Gw ngerasa dipaksa untuk semerunduk mungkin ketika bersosialisasi dengan mereka. Gw ngedapetin banyak cerita dan keindahan di sini. Dan, loe akan nyesel kalau ternyata besok loe masih bawa mobil pribadi ke kantor atau ke tempat tujuan loe itu. Beneran, gw gak BOHONG! Bukan saatnya ngomong CAPEK, MALES, dan semua denial yang dikeluarkan untuk menolak naek angkutan umum. Loe harus ngerasain perasaan yang gw rasain ini. PERCAYALAH!

Seminggu, dua minggu, sebulan, setahun, sepuluh tahun, dan gw gak tau sampai kapan gw akan ngerasain kepositifan ini.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah