Tersenyumlah!

Mba Rini : iiiihhhh singkongnya mas Agus belom mateng....
Mas Agus : Ahhh... apanya belom mateng? Kan tiap pagi dibawain terus...
Ramai : Hahahhahahahaha....
Mba Bawel : Ehhhhh... Ridho... Sini-sini, duduk deket mba....

Itulah sedikit cerita gw tadi pagi pas naek 512 menuju kantor gw. Jadi mas Agus itu salah satu penumpang yang tiap kali naek, selalu membawa singkong goreng banyak yang dibagikan untuk orang-orang di 512. Ya, pasti semua udah ngira di pernyataan terakhir. Gw dipanggil RIDHO! Hahahhahaha, Katanya gw mirip ama Ridho Roma, sang pewaris takhta Raja Dangdut itu. Amit-amit cabang olahraga dah pokoknya. Gara-gara mba bawel itu gw jadi dipanggil Ridho ama orang-orang di jemputan gw itu. Hahahha.....

Gak tau kenapa gw seneng banget pas tadi pagi berangkat ke kantor. Karena satu bus bercanda dan ngobrol-ngobrol. Bahkan sampe ketawa bareng satu bus. Padahal orang gak sadar apa kalau tadi tuh panas. Gak hanya tadi sih tapi emang 512 itu bus non-ac, jadi kalau macet yaa cuaca terasa hangat di dalam tertembak matahari.

Apalagi setiap setengah perjalanan harus rela bergantian untuk penumpang yang berdiri. Jadi gantian aja, misalnya udah tidur lama dan agak panas tuh pantat yaudah gantian ama penumpang yang berdiri. Tadi terasa banget kekeluargaan yang ada sesama penumpang. Kita ngebanyol bareng, ngisengin yang lagi tidur, dan sejuta cerita lain yang tentu akan gw lalui hari-hari ke depan.

Di tengah melihat orang-orang naek mobil, adem pake ac, terus 1 mobil 1 orang. Kalau kita 1 mobil 40 orang lebih, hahahahhah. Kontras banget sih emang. Tapi, gw ngeliat bentuk potret kehidupan yang sangat bermakna di jemputan gw itu. Wajah-wajah ceria orang-orang yang berangkat pagi demi 1 tujuan yang sama, yaitu mencari nafkah. Dan, gak sadar kalau gw salah satu bagian dari mereka. Emangnya orang yang 1 mobil 1 orang itu? Bikin macet Jakarta aja! (Padahal gw sendiri suka bawa mobil sendiri) Hehehehe.

Gw semakin menyelam ke dalam sebuah pengembaraan bersama orang-orang itu, dan mereka adalah sosok-sosok yang inspiratif banget. Gak peduli apa latar belakang mereka, pekerjaan mereka, tapi mereka memberikan gambaran nyata tentang hidup di Jakarta ini. Tawa dan senyum mereka memberikan bukti kalau mereka ikhlas berangkat pagi dari Ciputat ke Pulogadung yang jauhnya minta ampun itu, untuk menyambung hidup mereka.

Akhirnya 1 per 1 turun ketika keluar pintu tol di Cempaka Mas. Dan beberapa dari mereka berpamitan ke penumpang yang masih belum turun. Dan gw salutnya sampai detik ini Pak Gondrong, yang udah 15 tahun naek 512, selalu memberikan duduk kepada penumpang cewek yang dia kenal. Dia pun gak sungkan berdiri dari Ciputat sampe Pulogadung. Wah gw yang masih muda ini ngerasa sangat gak ada apa-apanya. Kalau dipikir udah berapa ribu kali dia memberikan tempat duduknya untuk penumpang cewek? Gw yang baru sebulan ini paling bisa dihitung kok ngasih tempat duduk ke orang.

Hahhahaha, gw seneng banget dari tadi pagi. Karena emang kekeluargaan yang terbentuk di antara penumpang-penumpang 512 yang ngebuka mata gw bahwa toleransi itu kadang gak harus terpaksa kok. Karena keadaan yang membuat gw ikhlas atas itu, ngebuat gw pun bertoleransi ke orang lain. Gw langsung kepikiran gitu kalau gw mau ngebahagiain orang lain, minimal gw harus bisa toleransi dulu ke orang.

Yaa, gw udah ngebahas di tulisan gw sebelumnya kalau mau bahagiain diri sendiri harus bisa bahagiain orang lain dulu. Sekarang kalau mau bahagiain orang hal pertama adalah harus bisa TOLERANSI! Hehehhehe, emang deh kalau naik bus bisa dapet banyak cerita.

Sesampainya gw di kantor, gw langsung nyalain laptop dan mulai dengan bekerja. Huh! Gw sebel banget tadi karena perubahan jadwal dari klien. Padahal dari tadi pagi gw dan tim udah nyusun materi untuk dipresentasikan besok. Eh ternyata berubah. Belajar dari cerita gw pagi tadi, gw harus bisa toleransi dan ngejawabnya dengan senyuman. Supaya proses ini pun bisa gw tarik ke positif. Ya, positif itu menjadi dasar semua proses dalam kehidupan gw ini.

Kadang orang suka menyepelekan arti sebuah senyum. Padahal dengan menarik pipi sedikit dan memperlihatkan muka gembira, itu bisa ngebuat semua hal menjadi positif banget! Hal lain yang gw liat tadi pas gw pulang ke rumah. Pas 512 masih ngetem di terminal Pulogadung, di dalem bus seliweran penjual-penjual kaki lima. Ada 1 penjual yang ngebuat gw apreciate sama dia. Karena walaupun orang gak ada yang beli, dia tetap memberikan senyuman ke orang-orang. Dan dia ngelewatin orang-orang dengan senyum yang tak pernah lepas.

Gw pun sebagai calon pembeli, yang tidak membeli hehehe, ngerasa seneng banget ngeliat bapak tua yang tersenyum terus itu. Di antara hiruk-pikuk orang di terminal, ternyata masih ada orang yang bisa tersenyum dalam menjalani proses dalam hidup dia. Yaa, loe tau di terminal sekaliber Pulogadung pasti bronx banget kan. Dan isinya orang-orang yang punya kehidupan yang keras. Tapi, hanya dengan senyuman, bapak tadi udah ngebuat gw bahagia banget ngeliatnya. Gw mendoakan yang terbaik pokoknya untuk bapak yang selalu TERSENYUM itu!

512 pun perlahan-lahan keluar ke arah luar terminal. Seiring dengan matahari yang terbenam karena lelah menunaikan tugasnya. Gw pun berjalan pulang.

Pas jalan pulang, orang-orangnya cenderung beragam. Karena emang jam pulang orang gak bisa diprediksi gak kaya berangkat. Sedikit orang yang gw kenal tadi pas jalan pulang.

Gw sampe ke rumah dengan 2 setengah jam perjalanan. Ya, resikolah kalau punya kantor jauh. Mengeluh? Atau gak suka dengan keadaan? Wah gw bisa dikeroyok ama 40an penumpang lain yang udah lebih lama bekerja daripada gw.

Gw seneng hari ini, selain ngeliat potret kehidupan nyata, gw bisa belajar untuk dapat terus positif ngejalanin hidup gw ini. Hanya dengan senyum, gw yakin bisa tetap bertahan dengan keadaan gw ini. Maka tersenyumlah!


TERIMA KASIH GW UDAH DIKASIH KEHIDUPAN YANG MENYENANGKAN INI TUHAN!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah