Bahagia Itu Sesuatu yang Manis

Ternyata yang namanya perasaan nyaman atau bahagia emang gak bisa diprediksi kapan itu datangnya. Setiap langkah kaki yang gw jalani dalah hidup gw ini gak lepas dari proses yang berdinamika. Mulai dari proses yang positif maupun negatif.

Gw pun gak menyesal kalau gw ternyata hanya bisa berbagi dengan blog gw ini. Emang sih kalau boleh dilihat gw berlebihan karena terlalu menceritakan kejadian yang terjadi dalah keseharian gw. Tapi, gw gak ngerasa kalau itu percuma. Karena mungkin, di tempat lain ketika baca blog gw ini ngerasa sedikit terinspirasi. Contohnya kemaren si AP (Annisa Paramitha), temen SMA gw, yang mengatakan blog gw ini sangat menginspirasikan dia.

Gw pun ikut seneng ternyata blog gw ini memberikan hal positif buat orang lain. Di satu sisi gw bisa mengaktualisasi diri alias berbagi cerita. Kemaren, gw sempet ngerasa kalau gw butuh teman untuk ngobrol. Sampai sekarang sih gw ngerasa masih belum ngedapetin itu. Tapi, bener kata Khakha, kalau gw ternyata bisa bercinta dengan blog gw ini. Gw bisa berbagi kebahagiaan walau hanya untuk diri gw sendiri. Gw bisa terus mengaktualisasi diri gw walau hidup gw penuh dengan cinta yang berserakan.

Ngomong-ngomong tentang momen bahagia, gw tadi baru aja ngalamin momen bahagia gw. Gw baru aja ngerasa nyaman dengan sebuah situasi. Sebenernya ini terjadi di 512, jemputan gw itu, yang tadi gw naik waktu pulang dari kantor.

Gw melenggang pulang dari kantor pukul 5 lewat. Naik 512 dari terminal Pulogadung. Pas perjalanan, gw sempet merem-merem ngantuk dikit. Tak lama gw merem, gw ditepok ama pak Robert, temen sama-sama penumpang yang iseng dan jailnya bukan maen. Dia naik ama mba yang kata dia lagi hamil. Akhirnya gw pun langsung beranjak dari tempat gw untuk ngasih tempat duduk ke mba yang lagi hamil itu.

Pak Robert pun ngajak gw ke tengah, karena di belakang ada tetesan bekas hujan. Tak lama masuk jalan tol, pak Robert duduk di dekat pintu depan. Awalnya dia ngajak gw duduk bareng di situ. Tapi, karena sempit dan gw nanya ke dia muat apa gak, gw pun gak jadi. Tak lama, dia manggil gw lagi untuk duduk bareng deket dia.

Gw pun nyamperin dia dan duduk di sebelah dia dengan bersempit-sempit ria. Awalnya gak enak karena emang tempatnya sempit banget. Lama-lama, kok gw ngerasa sangat nyaman dengan posisi seperti ini. Di tengah ngobrol-ngobrol ama pak Robert dan dia ngejailin orang, gw ngeliat ke dalem diri gw kalau gw emang gak ada apa-apanya dibanding orang lain.

Di tengah-tengah kemacetan jalan tol, bisingnya mesin diesel 512, semilir angin yang berhembus (yaiyalah gw duduk di pintu), raut muka penumpang-penumpang yang kelelahan mencari nafkah, dan sebagainya, gw bisa terus menikmati perjalanan gw. Sambil ngeliat langit yang bintangnya sayup-sayup terlihat, gw pun melanjutkan bengong gw. Pak Robert sibuk dengan handphone-nya sambil ngedengerin lagu lewat earphone.

Langit pun berganti-ganti. Langit Rawamangun berganti langit Cipinang. Langit Cawang berganti langit Taman Mini. Langit Kampung Rambutan berganti langit Fatmawati. Sembari melihat mobil-mobil yang sedang bermacet-macetan. Dan kilau lampu yang menerangi perjalanan gw.

Pak Robert pun sesekali ngajak gw ngobrol. "Pantesan macet, 1 mobil 1 orang. Ajak-ajak kita dong." Sedikit celetukan dia yang bikin lucu. Gw ngeliat kalau dia sangat ikhlas menjalani kehidupan dia dari Ciputat ke Pulogadung. Ternyata celetukan dan keisengan dia hanya bentuk untuk ngebunuh rasa jenuh dan bosan dalam ngejalanin hari dia.

Di saat seperti ini gw ngerasa sangat nyaman. Gw bisa ngerasain gimana sih rutinitas orang yang mencari nafkah dari Ciputat sampe Pulogadung. Apalagi ditambah ngeliat langit yang ngebikin gw ngerasa kalau gw itu gak ada apa-apanya. Gw, hanyalah orang yang sedang belajar dan merunduk dalam ngejalanin hari gw. Dengan duduk bareng pak Robert di bawah, gw semakin ngerasa kalau ngeliat ke bawah itu sangat enak.

Ngeliat ke bawah bisa bikin gw ngeliat sisi lain dari sebuah kejumawaan. Kalau gw berada di salah satu orang yang di mobil pribadi yang lagi macet, gw mungkin gak bakal dapet momen nyaman kaya gini. Gw bisa ngerasa kalau hidup ini indah kalau gw bisa terus merunduk senunduk-nunduknya. Dengan perasaan yang dibentuk ke positif, gw terus ngerasa nyaman dengan perjalanan pulang gw.

Bayangkan berapa kali berganti langit orang-orang yang jauh lebih lama dari gw? Gw baru 1 setengah bulan! Mungkin baru 100 langit yang berganti. Kalau yang udah lama mungkin udah jutaan langit yang berganti mewarnai kehidupan dia. Di saat seperti ini, kesombongan, keangkuhan, kekayaan, gak ada tempatnya deh. Momen bahagia kaya gini cuma bisa dirasain orang-orang terpilih. Kaya lailatul Qadar. Alah? Contohnya berat banget, hehhehehee.

Intinya, perasaan bahagia itu tetep dicari. Tapi, bahagia itu kadang datang di saat gw gak butuhkan. Ternyata selalu berpikiran positif, bisa mempersering gw ngedapetin momen bahagia gw kaya gini nih. Gw yang tau seperti apa dan gw yang tau harus berperasaan kaya gimana. Itulah, kebahagiaan itu masih terus dicari. Yang gw rasain tadi itu cuma secuil proses menuju "kebahagiaan" sebenarnya.

Gak mau lepas sih juga gak boleh. Tapi, gw sangat nyaman dengan kesederhanaan yang terlihat jelas dan mengajak gw untuk sederhana juga di dalamnya. Dengan semua proses yang tentu akan ngedewasain gw, gw akan terus melangkahkan kaki ke manapun gw mau dan tuju. Kalau Kamus Cinta itu ada, ini termasuk salah satu entri di dalam kamus itu.

Tadinya, bokap gw mau nyamperi cucu pertamanya dia ke RS UIN, tempat uni gw dirawat. Tapi, karena ada 1 dan 2 hal gak jadi. Ya, namanya juga usaha. Kadang bisa gak sesuai sama apa yang diharapkan. Yang penting tetep berusaha dan positif ngejalaninnya. Gw yakin suatu hari proses itu akan memberikan proses lain yang lebih manis.

Akhirnya, tadi pas pulang gw nyamperin keponakan gw yang ganteng nan lucu itu. Sambil bertemu dan nyemangatin uni gw dan Kimba di sana. Tapi, gw hari ini kok capek banget ya? Mungkin tidur gw yang belom kebales kali ya. Gak apa-apalah, yang penting gw kemaren kurang tidur untuk keponakan gw tersayang itu. Tenang Troy, Pablo (Paman Tablo) gak akan ngerasa capek untuk terus ngasih cinta dan kasih sayang buat kamu.

Akhirnya gw pulang ke rumah bertiga dengan nyokap dan Dhila. Naik taksi ke rumah. Mudah-mudahan uni gw pulang besok. Misalnya gak ada kendala, uni gw dan keponakan gw itu akan pulang ke rumah. Horeeeeeeee..... ada mainan baru di rumah gw sekarang! Hehehehhe.

Menatap ke depan dan berusaha optimis, adalah hal yang akan dan terus gw lakukan sekarang. Merangkai serpihan-serpihan hidup yang berserakan dan menikmati manisnya kebahagiaan, akan jadi agenda gw selanjutnya. Mudah-mudahan kehadiran anggota baru di keluarga gw ini bisa terus ngasih semangat ke gw dalam mengejar cita-cita dan "kebahagiaan" itu. Dan, tentunya bikin gw semangat dan buru-buru pulang ke rumah.

"Bahagia itu sesuatu yang manis."

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang