Kamus Cinta

Uni gw dan bayinya, Troy, sekarang alhamdulillah sudah sehat. Uni gw udah kembali dari RSCM ke RS UIN. Dia sekarang sedang menikmati profesi barunya sebagai Ibu dari bayi yang udah lahir itu. Wah uni gw tambah kaya emak-emak!

Di rumah sakit tadi, banyak banget yang jenguk uni gw. Hampir semua sodara-sodara dekat gw datang. Alhamdulillah, ternyata banyak yang mendoakan untuk kesehatan Troy dan ibunya. Semua datang dengan memberikan banyak doa dan harapan untuk keduanya. Semua yang terjadi hari ini banyak memberikan gw pelajaran hidup untuk gw.

Setelah semua orang udah pulang, gw pun ngeliat uni gw sedang menyusui anaknya itu. Uni gw suka kesakitan misalnya digigit ama bayinya. Gw jadi seneng ngeliatnya. Ternyata setelah melahirkan, tugas gak selesai gitu aja. Rangkaian proses untuk membesarkan bayi sudah menunggu di depan.

Gw ngeliat perjuangan uni gw yang sangat gw acungi jempol. Memeras ASI dari payudaranya keluar agar bayinya itu mendapatkan asupan protein, sedikit kesakitan misalnya bayinya menggigit, dan sebagainya. Pelajaran cinta dan kasih sayang pun berlanjut.

Uni gw mencurahkan semua tenaga dan pikirannya untuk dapat memberikan ASI. Dia pun gak ngerasa berat ngejalanin prosesnya. Sedikit demi sedikit ASI diberikan, dan membuat bayinya itu kenyang. Dan, proses ini akan dan terus berjalan setiap 1 jam sekali. Jadi bayangkan, uni gw pasti gak tidur-tidur karena harus terus memberikan ASI.

Perjalanan proses cinta dan kasih sayang sangat terbentuk di momen seperti ini. Tak hanya gw, nyokap, Dhila, dan Kimba pun ikut membantu ketika uni gw saatnya memberikan ASI. Ternyata kami sebagai keluarga pun turut berada di dalam proses cinta dan kasih sayang itu. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk uni dan bayinya. Di saat seperti gw merindukan bokap gw yang sekarang lagi di laut, menantang maut demi menghidupi kami semua.

Tapi, bokap udah dikasih tau kok kelahiran cucu pertamanya ini. Nyokap gw udah ngirim fotonya lewat MMS, dan dia pasti seneng banget ngeliat Pangeran pertamanya dia itu. Alangkah senangnya ketika proses ini berlangsung, bokap ada di tengah-tengah kami? Tapi, itulah kenyataan yang harus disikapi dengan bahagia dan positif. Pasti di tengah laut sekarang, bokap lagi seneng, ngasih tau seisi kapal kalau dia punya cucu, mendoakan yang terbaik untuk anak dan cucunya, dan semua intuisi positif yang gw reka dan kira.

We miss you so much Dad....

Gw jadi ngerasa positif banget dalam ngejalanin proses ini. Jadi ngerasa jadi bagian dalam sebuah wujud kasih dan sayang yang menurut gw ini adalah yang "sebenarnya." Uni gw emang orang yang tough banget. Tapi, tentunya Kimba juga seperti itu. Mereka bahu membahu membangun kisah cinta mereka dalam bentuk ngerajut rumah tangga mereka dengan baik.

Kalau lagi begini terpikir gimana ya perasaan orang yang dengan tega memotong atau mengakhiri proses cinta dan kasih sayang dia? Misalnya orang yang bercerai, orang yang membuang anaknya, orang yang memutuskan jalinan cinta dia, dan sebagainya. Mereka bener-bener orang yang gak menghargai apa itu dan kenapa "cinta" itu hadir di benak mereka. Mereka hanya mementingkan ego sesaat dan hasil yang selalu dipikir negatif. Sehingga, mereka berani memutuskan itu semua. Memutuskan proses cinta dan kasih sayang.

Emang gw sekarang sedang sendiri, dan telah mencoba meniti sebuah proses cinta dan kasih sayang dalam bentuk lain. Tapi, apakah gw udah cukup pantas disejajarkan dengan orang yang permasalahan hidupnya lebih pelik dari gw? Hahahhaha, kayaknya gw juga gak bisa ngomong gitu karena emang gw masih bener-bener belum ada apa-apanya.

Gw sekarang cuma bisa belajar dan terus belajar untuk meniti dan menata sebuah proses yang dinamakan cinta dan kasih sayang. Gw sedang merangkak dan terus merangkak atas pencarian gw, "kebahagiaan." Dan, apakah gw bisa sampai garis finis itu dengan selamet? Atau dengan Tukiyem, Tarkimin, Marpu'ah, Sutiyem, Parjuki, atau dengan Selamet itu sendiri? Hehhehehe.

Ngomongin garis finis, yaa itu cuma sebuah tujuan. Yang harus lebih dinikmati adalah prosesnya. Entah misalnya gak nyampe garis finis pun, seenggaknya gw udah menjalani dan menikmati proses-proses yang ada dalam hidup gw. Emang sih, kadang gw udah cukup berolah raga agar sampai garis finis. Tapi, ujian lari waktu SMA aja nyewa bajaj, gimana mau nyampe garis finis? Hehehehehe.

Gw sangat menikmat lembaran-lembaran kehidupan yang lagi dan akan terus gw jalanin ini. Begitu banyak perasaan yang gw torehkan. Dan, begitu banyak hal-hal berharga yang dapat gw jadikan pelajaran. Tapi, apakah gw bisa sampai garis finis itu dan menikmati kebahagiaan? Cuma gwlah yang tau.

Secantik-cantik apapun gw nulis dan membagi pengalaman, tetep hanya gw yang tau dan mengerti apa yang terjadi di hidup gw. Orang hanya dapat mengira dan mereka, tapi gwlah aktornya!

Kamus cinta ini akan terus berlanjut, dan akan semakin banyak menorehkan klip-klip manis yang akan mempositifkan gw lebih baik lagi.

Makasih semuanya yang udah dateng dan ngedoain Uni gw dan buah hatinya.

Dan, makasih juga udah menikmati lembaran-lembaran dari Kamus Cinta yang sedang dan akan gw lanjutkan pencariannya.

"Biarkan Kamus Cinta ini menjadi proses manis yang terjadi dalam hidup gw, dan hidup semua orang."

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang