Harus Bisa Seimbang!

Kemaren, setelah gw nulis tentang keenggakenakkan gw terhadap situs-situs jejaring sosial, tempat orang aktualisasi diri, sekarang gw mau bertanya ke diri gw sendiri, "kenapa ya gw bisa sebegitu terpengaruhnya dengan status-status orang itu?

Padahal potret nyata menurut gw lebih berarti buat gw. Misalnya potret orang-orang yang mengais rezeki di 57. Setiap gw naek bus itu, gw ngeliat potret orang yang mencari nafkah dari pagi hari menuju tempat mereka masing-masing. Emang sih, karena gw gak ngobrol dengan mereka-mereka itu jadinya gw gak tau apa yang dirasain ama mereka.

Tapi, gw sangat ngeliat raut muka positif dan semangat yang terbusung di dada mereka dalam menghidupi baik diri mereka sendiri atau untuk keluarga mereka. Gw sering ngerasa kalau sampe sekarang gw belum mempunyai sebuah tanggungan. Gaji yang gw dapet dari pekerjaan ya cuma buat gw sendiri. Gw emang belum berkeluarga, tapi gw pasti akan ngerasain kok apa yang namanya menghidupi anak dan istri gw nanti.

Nah, kalau gw bandingin, keberadan potret itu ama yang gw liat sepanjang hari di laptop sama gak ya? Ya itu, gw sering ngerasa terpengaruh ama status di Facebook tak indahnya gw yang terpengaruh ama potret-potret nyata yang ada di depan mata gw. Apakah ini bisa dibandingkan atau cenderung sama?

Dua hari ini gw pulang dan nginep ke Daksa, jadi gw ngeliat potret nyata di 57. Mulai dari pagi hari yang berisi orang-orang yang bersemangat dalam mencari nafkah, sampai di malam hari potret orang yang kelelahan dan yang ingin pulang ke rumah mereka. Potret gitu aja bisa ngebikin gw pengen nulis tentangnya, gimana yang di dunia maya?

Intuisi gw kadang ngebawa diri gw ke arah yang gak seharusnya. Apa seharusnya gw ikut terpengaruh kepada status orang-orang di Facebook? Twitter? Plurk? dan sebagainya. Atau sebuah pencarian akan potret-potret yang lebih nyata? Dibanding dunia maya jelas dunia nyata itu lebih mempunyai power dalam memberikan pengaruh.

"Gw lagi kesel ama si X, pengen marah jadinya."

Misalnya gw ngeliat status orang di Facebook yang kaya gitu. Ternyata gw kenal sama si X itu, dan secara tidak langsung ngebikin gw jadi ikutan kesel ama si X itu. Padahal gw gak tau apa yang bikin si empunya status benci ama si X itu kenapa, masalahnya apa, dan apa yang dibuat X, dan segala macemnya. Apakah gw berhak jadi benci ama si X itu?

Kalau dipikir gak penting kan? Gw gak tau duduk permasalahannya apa, kok jadi ikutan marah atau kesel. Nah, di situlah pengaruh yang kian lama kadang ngebuat gw sendiri jadi ikut-ikutan ama orang-orang di dunia maya. Yang pasti gw gak mau jadi terbawa arus atau jadi terbawa ama perasaan yang buruk.

Hal yang gak pernah gw lakuin adalah mencari tau akan sebuah hal yang bukan urusan gw. Selama itu bukan masalah buat gw, gak akan gw cari tau. Karena sebelum ada Facebook aja gw gak pernah mau tau atau ikut-ikutan dalam permasalahan seseorang dengan orang lain. Jadi cenderung gw telat ama yang namanya gosip-gosip.

Tapi, gw sebel aja kalau karena status Facebook orang gw jadi ikut-ikutan negatif. Iya gw harap sih gak jadi begitu, karena dari gwnya sendiri juga gak mau jadi ikut-ikutan. Ya proses akan terus berjalan coy....

Tersenyum aja dah, daripada ikut murung?

Sadar gak sih dengan tersenyum aja pikiran negatif yang ada menjadi positif? Apalagi senyum gw iru udah ngebuat orang lain juga ikut tersenyum. Jadi tambah positif aja kan hidup gw, hahahahah. Nah kalau positifnya mau sebesar apa ya cuma gw yang taulah. Kan gw yang ngerasain. Walau udah dibagi ke orang apapun itu, orang hanya bisa mereka dan meraba, dan cuma gw yang bener-bener tau apa yang dirasain.

Sejauh ini sih yang mau gw tanemin di dalem diri gw ya cuma satu, dapat menjalani kehidupan dengan positif. Gw sadar kalau nilai negatif itu harus tetap ada agar semua dapat bisa gw rasain dengan seimbang. Mulai dari harapan, rencana, bahkan sampai yang udah gw lakukan, insya allah gw akan jalani dengan seimbang. Sekarang ya cuma sebuah doa dan usaha yang akan selalu gw lakukan.

Huaaahhhhh... Gw kangen banget ama keponakan gw Troy. Sial, nanti gw gak ketemu lagi. Dia soalnya nginep di Kodam karena besok uni gw ngadain akikah di sana.

Di kantor, sedang berkutat dengan semua pekerjaan yang kadang bikin sesak dada gw aja. Dapatkah gw menjalani emua proses ini dengan positif dan seimbang?

HARUS BISA!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang