Inaugurasi

Huaaaaah, belakangan 2 hari ini gw ngerasa seneng banget dah. Gak tau kenapa. Dimulai dengan puasa gw yang gw langsungkan di Daksa. Ampe bikin nyokap gw senewen gw bakal makan apa gak gak, hehehe. Yang penting gw mah makan secukupnya aja. Tapi, gak tau kenapa nyokap ampe neleponin gw sahur.

Gw seneng karena bisa nikmatin kesendirian gw khususnya di Ramadan ini yang gw sangat butuhkan untuk lebih dekat ama yang di Atas. Setiap kali gw berusaha meramaikan diri gw, selalu berbenturan dengan hal-hal yang gw tau kalau gw itu sedang menikmati rasanya sendiri ini.

Yaudah deh, gw sekarang lagi nikmatin banget sendiri yang sedang gw jalanin ini. Gw lebih bisa ngerasa kalau diri gw itu apa, diri gw siapa, dan diri gw itu mau ke mana. Yang penting gw tau yang gw lakuin itu benar buat gw, dan mudah-mudahan gak ngerugiin orang lain.

Gile aje dah kemaren, gw dan tim bener-bener seharian di tempat klien. Diawalin dengan presentasi konsep, dilanjutkan dengan meeting dengan semua hal yang harus diberikan ke klien, sampe revisi yang diminta oleh pucuk pimpinan.

Karena hal yang harus direvisi adalah berhubungan dengan desain, akhirnya art director gw jadi kalang kabut ngebuat desain. Sambil sesekali manajer produknya datang sambil mengawasi. Gw di sini jadi bingung sendiri. Karena emang kan gw kerjanya kan copywriter. Jadinya ketika berusan dengan desain, jadi gwnya terkesan gak ngapa-ngapain.

Akhirnya gw pun nemenin dua orang art director gw yang lagi ngedesain. Sambil sesekali gw mencoba side job gw ngedit skripsinya Inu, temen gw. Lumayan alam juga gw berada di tempat klien. Dari jam 10an sampe jam setengah 5, hahahahaha. Gokil gak tuh gw ngabdi buat klien, hehehehhe.

Dua hari ini gw buka puasa di kantor. Karena emang beberapa kerjaan yang gak kunjung selesai. Apalagi deadline yang dibutuhkan semakin mendekat. Alhasil gw buka puasa di kantor terus. Seneng juga sih buka puasa bareng anak-anak kantor, tapi di satu sisi gw kangen buka puasa bareng keluarga gw di rumah. Yang gw gak akan pernah bisa lakukan. Karena gw Senin sampe Jumat pasti buka puasa di kantor atau di jalan. Paling Sabtu atau Minggu gw bisa buka di rumah.


WISUDA
Yaaa, tiap hari bergelut dengan pekerjaan, melakukan segudang rutinitas, menyelam lebih dalam lagi, dan mencari apapun yang gw cari di dunia ini. Tak terasa udah setahun aja.

Ya, hari ini dan esok adalah hari yang ditungu-tunggu oleh junior-junior gw di kampus. Karena hari ini dan esok adalah gladi resik dan hari wisuda sarjana untuk angkatan 2005. Kenapa gw bilang setahun? Karena emang gw ngerasanya baru kemaren gw berada di posisi adek-adek gw itu. Tapi, sekarang merekalah aktornya.

Yang pengen gw tanyain, khususnya ke temen-temen seangkatan gw, ngerasa gak sih kalian kalau kita udah setahun ngelewatinnya? Ya ini ngelewatin masa gladi resik dan wisuda?

Gokilnya gw kok jadi flashback jauh ke belakang ngeliat sosok gw setahun yang lalu. Gw dulu masih jadi lulusan yang sebenernya gak gw sendiri gak tau mau gw bawa ke mana diri gw ini. Di saat itu, gw dan teman-teman masih suka foto-foto, senyum kegilaan, dan semua menyadari kalau kami ini udah berada di gerbang untuk pergi lebih jauh ke luar sana, dan meninggalkan Universitas Indonesia, kampus tercinta.

Ketika gladi resik kami gak tau kalau kami harus ngapain. Yang cewek-cewek pada dandan, yang cowok gak karuan make toganya. Udah gitu toga gw salah jahit lagi strip putihnya. "Masa stripnya di kanan?" Kata salah satu temen gw. Karena gw make toga punya kakak gw, jadinya strip putih yang harusnya di lengan kiri, nyokap gw salah jahit dan jahitnya di lengan kanan. Lagian toga XL aja gw pake malah selutut jatohnya, hehehe.

Akhirnya gw pun males ngubah-ngubah lagi, badak aja dah. Pas di Balairung, kami pun kerjaannya foto-foto aja. Udah mana fakultas gw (Sastra/FIB) paling banyak wisudawannya, jadi berhasil memutihkan Balairung dengan lebih dari 500 orang wisudawan. Alhasil, semua yang ikut gladi resik cuma ketawa-tawa, foto-foto, dan gak ada yang serius ngikutin jalannya gladi resik saat itu.

Sama aja ketika keesokan harinya. Hari saat terpenting dalam hidup gw dan temen-temen 2004 yang lain. Yaitu hari Wisuda Sarjana Reguler dan Ekstensi tahun ajaran 2008/09. Dimulai dengan kami saling excited melihat dandanan teman-teman yang dandan kaya badut, khususnya cewek-cewek. Udah gitu fakultas gw tuh kebanyakan cewek, jadi pada lebai dah dandannya.

Tapi, saat itu hanya keceriaan yang terbersit dalam benak kami. Senyuman demi senyuman, ketawa demi ketawa, dan semua kegiatan yang semakin menyadarkan kami kalau kami sudah berada di gerbang akhir dan siap meninggalkan kampus tercinta tempat kami tumbuh ini.

"Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya!" Pekik yang membuat gemuruh kami semua ketika rombongan dari Garda Putih yang dipanggil untuk masuk ke dalam Balairung di mana proses wisuda akan dilaksanakan. Sekitar hampir 500 wisudawan masuk ke dalam untuk menjalani prosesi wisuda.

Dengan perasaan bangga, perasaan ceria, dan semua perasaan yang campur aduk itu, kami pun masuk ke dalam. Begitu rindunya melihat adek-adek gw angkatan 08 yang sedang berjaket kuning dan menyanyikan kami para wisudawan dan wisudawati.

Duduk dengan manis, ketika itu di benak gw hanya satu pikiran. Gila ya? Cepet banget, perasaan kemaren gw baru aja berada di lantai mahasiswa baru, dan menyanyikan wisudawan yang lulus pada saat itu. Dengan senyuman dan sedikit perasaan terharu kami pun sangat menikmati keberadaan kami pada saat itu.

"Para wisudawan dan widudawati dipersilakan berdiri!"
"Mahasiswa baru angkatan 2008 dipersilakan mengenakan peci Universitas Indonesia."

"MENYANYIKAN GENDERANG UNIVERSITAS INDONESIA!"

Di sini kalau bisa gw bilang puncak dari semua rangkaian acara wisuda dan semua proses yang selama 4 tahun kami jalani di kampus. Kebanggaan terhadap almamater UI dan Jaket Kuning membuat kami semua menitikkan air mata ketika menyanyikan lagu almamater yang sangat memacu semangat tinggi ini.

"Semangat lincah gembira, sadar bertugas mulia. Berbakti dalam karya, MAHASISWA!"

Pekik "mahasiswa" itulah yang membuat kami semua sedikit menitikan air mata dan haru melihat diri kami semua yang ternyata sudah dewasa. Kami yang udah 4 tahun mengecap pendidikan dan sekarang siap bertarung di luar sana menghadapi "hidup" yang sebenarnya.

Ternyata gw dan teman-teman gw bangga menjadi wisudawan atau lulusan UI. Kampus kami tercinta ini memberikan banyak cerita, tangis, tawa, gembira, dan sejuta perasaan yang tentunya mendewasakan gw dan teman gw saat itu.

Saat itu, kami hanya seorang lulusan polos yang hanya menikmati jalannya perjalanan akhir dan baru kami di saat wisuda. Gak pengen juga gw gak lulus karena kecintaan kami pada kampus. Di gerbang itu, kami semua siap melepas diri, menjalankan kehidupan baru di luar sana, dan merasakan manisnya hidup di luar sana.

Sedih, tangis, tawa, gembira, bahagia, air mata, dan semiliar proses yang dijalani saat wisuda itu membuat kami tau kalau inilah yang dinamakan roda kehidupan. Dulu kami mahasiswa baru, sekarang kami wisudawan. Dan, saat itu kami tau kalau kehidupan harus terus berlanjut dalam bentuk dan rasa apa pun.

Foto-foto terakhir dengan memakai toga, dandanan yang demplon banget (khususnya cewek-cewek), dan saling bertegur sapa seolah kami tak akan bertemu lagi menjadi agenda tersendiri saat itu. Pada akhirnya gw pun tau bahwa walau kami masih sering bertemu, tapi inilah proses akhir dari yang namanya KULIAH. Kami gak akan ngerasain lagi tuh yang namanya, tertekan karena tugas, nyontek waktu ujian, nongkrong di kampus ngomongin kuliah, ngebawelin Ocan yang males kuliah dan sampe sekarang belom lulus, dan sejuta hal yang dulu kami lakukan.

Berkuliah, That's the keyword.

Sekarang, setahun udah gw dan teman-teman ngelewatin semua proses yang ternyata membuat kami semakin dewasa sekarang. Pengen gak sih balik ke masa itu lagi? Seandainya pengen, bisa gak sih?

Tentunya gw tau kalau gak bakal bisa memutar waktu kembali lagi ke belakang. Manisnya kuliah, galaknya dosen-dosen, bertumpuknya tugas dan ujian, indahnya cinlok-cinlok di saat kuliah, dan semua hal hanya akan menjadi kenangan yang akan dikenang terus dalam situasi apapun, dan selamanya.

Adek-adek gw, 2005, gw mau ngucapin selamat ke kalian atas keberhasilan kalian dalam mencapai gerbang terakhir dalam dunia kuliah kalian. Langkahkan kaki kalian ke luar sana dengan optimis dan dengan bangga karena jadi lulusan UI. Gw bangga pernah jadi kakak, teman, dan sahabat buat kalian. Dan, terima kasih karena momen bahagia ini gw jadi terinspirasi untuk nyeritain gw punya wisuda.

Selamat angkat kaki dari kampus, dan semangat nyari kerjanya! Jangan malu-maluin almamater WE ARE THE YELLOW JACK ASS! Hehehhehe.

NYATA
Kaget gw, ternyata momen wisuda yang sedikit ngaco (masa wisuda Kamis pagi?) itu ngasih inpirasi banget ke gw buat nulis. Hahahhaaha.

Gak tau kenapa emang belakangan gw lagi seneng mulu. Di samping karena begitu banya hal yang gw rasain. Walaupun ada perasaan sedikit tertekan, tapi gw ngubah itu jadi perasaan yang ternyata baik kok.

Oh iya, kesenangan gw diawali dengan pertemuan yang gak nyampe semenit dengan Nia, junior gw angkatan 06 di Arion. Gak tau kenapa kok gw senang banget ketemu dia ya. Yang pasti emang belakangan ini gw jarang ketemu sama orang yang gw kenal dan gw "sayang." Sayang karena emang gw sayang banget ama Nia dan junior-junior gw yang lain itu. Apa karena gw dan Nia sama-sama orang Minang? Hehehhehe.

Yang gw lagi khawatir itu adalah Khakha. Gak tau kenapa kok gw ada firasat buruk ya ama dia? Mungkin dia sedang dirundung sedikit masalah. Dan, melalui puisilah dia bisa menumpahkan perasaannya. Tapi, jujur gw khawatir sangat akan keadaan dia sekarang. Mudah-mudahan tak terjadi apa-apa dengan dia.

Gw yakin apapun yang terjadi itu, dia bisa mengerti atas apa yang akan atau apa yang mau dia lakukan. Sesedih-sedihnya atau sebahagia-bahagianya gw, tetap yang tau hanya diri gw sendiri. Dan, sepintar-pintar atau sepeka-pekanya orang lain, mereka hanyalah outsider yang gak tau apa yang sebenarnya terjadi. Jalani yang terbaik dah pokoknya gw doain buat Khakha.

Sekarang, gw akan kembali ke kehidupan nyata gw aja deh. Gw akan bekerja, berkarya, dan "bergerak" dalam meniti dan menata hidup gw.

SEMANGAT!

Comments

  1. jadi sedih gue,deg-degan nunggu besok. Gue juga udah curiga perasaan apa yang bakal muncul saat set-list lagu-lagu keramat itu dimainkan. Whoaa...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang