Gw Dengan Pekerjaan

Kadang emang kalau mau ngikutin semua hal atau kepingan proses yang terjadi dalam hidup, gak bakal yang namanya bisa semua keadaan bisa dijalanin dengan baik. Apa yang gw lakukan dalam keseharian gw ini mungkin gak dirasakan oleh orang-orang di sekitar gw. Yang bisa gw lakukan adalah bercerita, walaupun dirasa kadang sulit untuk membayangkan seperti apa.

Contohnya ketika gw berjalan untuk acara Kirab Bedug kemaren. Setelah berjalan selama 16 hari di luar daerah itu, gw kembali ke rumah. Dengan kulit sedikit gosong karena terbakar matahari (sombong karena gw putih, hehehe), dan keadaan badan yang letih, gw balik dan rasanya saat itu juga gw mau berbagi ke orang-orang di rumah tentang apa yang udah gw jalanin selama 16 hari itu. Tapi, gw gak bisa ngelawan kelelahan dan akhirnya gw pun gak sanggup untuk bercerita.

Gawatnya ketika gw udah siuman, otak dan pikiran gw blank alias gak tau apa yang mau gw ceritain. Padahal sebenarnya banyak cerita-cerita yang mau gw bagi ke orang-orang di rumah. Akhirnya gw cerita dengan semampu gw. Dan, yang gw tangkep adalah yang gw rasakan selama 16 hari kemaren itu biarlah menjadi kepingan klip yang udah gw jalanin. Karena mua gw cerita sampe berbusa juga, yang tau rasanya ya cuma gw sendiri. Orang hanya bisa mengira, tersenyum, dan sulit untuk sama merasakan seperti yang gw rasakan.

Contohnya tadi gw baru aja bercerita bareng nyokap. Nyokap ngejelasin sebuah proses yang baru aja dijalanin ama dia bareng orang yang udah lebih dari 25 tahun bersamanya. Ya apalagi, kejadian-kejadian seiring dengan proses yang baru aja dijalanin ama bokap gw. Yang gw bisa lakukan adalah mencoba mendengar, merasakan, membayangkan, dan mencoba melihat jika gw berada di situ. Karena emang gw saat kejadian itu gak ada di lokasi, dan gw agak sulit mencoba merasakan apa yang nyokap gw rasakan.

Nah, gw pun bisa ngerasain kan kalau gak semua proses yang sebenarnya asik untuk gw ikutin bisa gw rasain juga. Sekarang gw jadi bisa lebih berpikir kalau yang orang-orang rasakan itu ya hanya orang itulah yang tau. Mau gw punya indera keenam juga, gw gak bakal bisa ngerasain apalagi tau seluk beluk semua hal yang terjadi dengan orang lain.

Di sini gw mau nyoba menjabarkan apa orang lain ngerasain perjuangan gw dalam meniti pekerjaan gw? Apakah orang bisa merasakan yang gw rasain baik dalam perjuangan bekerja atau semua proses yang bernaung di dalamnya?

Untungnya keluarga gw sangat memahami semua dinamika yang terjadi antara gw dengan pekerjaan gw. Khusunya ibu, yang sangat bisa memberikan gw pemahaman bahwa gw harus jadi pribadi yang kuat dalam ngejalanin semua proses ini. Uni dan adek gw juga sangat memberikan semangat dan selalu mengoreksi gw di kala gw salah di mata mereka.

Gw ngerasa kalau keluarga gw emang gak ngerasain yang gw lakukan di Pulo gadung seperti apa. Gw bangun dari subuh, menempuh 3 jam perjalanan, nyampe rumah lagi di atas jam 8 malem, dan semua hal yang tentu butuh pemahaman. Ditambah mereka gak tau gw ngapain, gw seperti apa, dan sebagainya. Tapi, wujud pemberian semua hal itu ngebuat gw mereka sudah mencoba masuk ke dalam kehidupan pekerjaan yang gw laluin dan mereka berusah menghargai sesuai dengan kemampuan yang bisa mereka berikan kw gw.

Ikhlas? Jangan tanya dah. Sejelek-jeleknya kelakuan gw, sebaik-baiknya perilaku gw ketika kembali ke rumah, gw tau mereka ngerasa ikhlas dalam "memberi" semua yang bisa mereka berikan ke gw.

Tentunya kalau berani memberi, harus siap juga terhadap semua perasaan yang timbul seiring dengan proses yang terjadi. Bentuk berantem, ketidakcocokkan, atau bentuk lain yang dirasa negatif tentunya akan selalu terjadi. Apalagi gw tau gw ini masih jauh dari baik, tentunya kles atau gondok pasti terjadi seiring berkembangnya perilaku gw.

"Di situ gw ngerasa kalau keluarga gw itu menghargai gw dengan pekerjaan gw."

Gimana rasanya kalau gw tidak dihargai secara gw dengan pekerjaan gw? Di sini gw bisa marah atau justru sedih. Orang lain di luar lingkungan pekerjaan gw yang menuntut gw dan gak bisa memahami gw dengan pekerjaan gw misalnya. Wah gila aja gw ngerasanya. Karena di sini akan timbul perasaan bahwa gw hanya dihargai secara pribadi tanpa adanya berusaha memahami pengorbanan gw dalam meniti cita-cita gw. Jadi misalnya ada kelakuan-kelakuan yang disebabkan gw dengan pekerjaan, gw hanya bisa "diserang" tanpa adanya keinginan untuk memahami.

Apalagi sekarang ini gw akuin jangankan teman, keluarga aja hanya bisa gw sempatkan waktu gw di akhir minggu. Ya, karena emang waktu dan badan gw bisa gw berikan ke mereka cuma pas weekend. Berusaha untuk colongan pas hari kerja mungkin bisa, tapi itu kemungkinannya kecil banget. Apalagi medan kantor gw yang jauh di belahan Timur, dan beban pekerjaan yang kadang ngebuat gw tersita dengan sangat.

Tapi, misalnya terjadi kles dalam hal ini gw akan berusaha memberikan pemahaman kepada orang yang gw rasa gak menghargai dengan pekerjaan gw. Emang kalau dipikir mereka gak ngerasain yang gw rasain di Pulo gadung. Pemahaman emang gak segampang itu tersampaikan. Sekali lagi orang yang gw anggap seperti itu gak ngerasain yang gw rasain. Jadi, proses sekali lagi bermain di sini. Sebuah perjuangan mengenai pemberian pemahaman jadi agenda tersendiri di sini.

"Kamu harus bisa mencari pasangan hidup atau istri yang bisa memahami kamu dengan pekerjaan kamu. Gak hanya kamu sebagai pribadi semata."

Gw sangat bisa mahamin emang seperti yang dikatakan nyokap gw di atas itu yang harus jadi landasan gw. Karena kalau gw cuma bisa mencari pasangan yang mahamin gw tanpa mahamin gw dengan pekerjaan gw, alamat gw berantem terus pasti. Load pekerjaan yang kadang membunuh, dan kadang gw pulang sampe pagi itu bisa jadi masalah tersendiri misalnya "dia" gak bisa memahami gw dengan pekerjaan gw.

Karena masalah waktu aja gw bisa gak harmonis nanti. Padahal sebenarnya waktu itu jadi hal yang sangat penting. Gw ngerasa kalau gw gak bisa memberikan waktu, tapi itu disebabkan gw dengan pekerjaan, rasanya tenggang rasa lebih diperlukan di sini. Sampe kapan pun pasangan gw itu juga gak berada di lingkungan pekerjaan gw.

Misalnya kaya dulu aja. Waktu gw transisi dari kuliah ke dunia kerja yang ketika gw masih gw kuliah gw bisa selalu ada untuk teman-teman gw. Dan, pasangan gw waktu itu. Tapi, ketika gw terjun ke dunia kerja, jangankan dia atau teman, keluarga aja cuma bisa gw kasih waktu pas weekend.

Di sini gw pengen nyoba ngupas kalau orang-orang lain di sekitar gw menghargai gw dengan pekerjaan gw, tentunya mereka gak hanya bisa menuntut keberadaan gw untuk mereka. Tapi, sebuah pemahaman akan gw untuk bisa memilah dan memilih di antara semua kesempatan dan sekat waktu yang terbentuk di semua kesibukan, gw akan mereka lakukan dan rasakan. Kalau pernah baca tulisan gw yang sebelum-sebelumnya, terlihat kalau gw sangat bahagia ketika menemani keluarga gw untuk belanja, makan di luar, atau semua hal yang walaupun cuma bisa gw berikan pas akhir minggu, tapi gw ikhlas memberinya.

Gw ikhlas memberikan dan menjelaskan kenapa gw begitu. Mereka belum tentu. Tapi, kalau gw juga berusaha ikhlas dalam memberi semuanya, tentunya akan terbersit dalam benak mereka, walau gak berada dan merasakan proses yang terjadi dalam diri gw, mereka akan tetap mencoba menghargai. Walau hanya senyuman nyokap, bawelan uni gw, kelakuan adek gw, dan tangisan Troy, tapi gw ngerasa mereka menghargai gw dengan pekerjaan gw.

Itu keluarga gw. Teman atau sahabat gw? Itu belum tentu. Mereka bisa ngejadiin kalau yang gw lakukan itu mungkin jauh lebih sedikit dari yang gw kasih ke keluarga gw. Tapi, gw sanggup kok memberikan semua pemahaman agar mereka juga menghargai gw dengan pekerjaan gw. Hingga begitu, sampai pada saatnya gw menemukan orang yang siap menemani gw dalam berproses dengan terus menghargai gw dengan dua sisi itu. Istri gw kelak. Amin.

Itu sih yang mau gw coba tekankan. Yaitu hargailah orang gak hanya dari satu sisi orang itu aja. Tapi, hargai juga dia dengan apa yang melingkup dan melingkar dalam hidupnya. Kalau gw udah bisa menjalani pemahaman kaya gitu, mungkin perasaan untuk mengingkari atau mengkhianati orang itu gak bakal gw lakuin (insya allah). Karena toh gw gak berada di posisi dia juga. Waktu untuk gw? Ya, semua itu bisa dicari dengan proses. Gak cuma lebih dari sekedar waktu, proses lain yang dilewati di antara semuanya jauh lebih bernilai kalau gw sendiri menghargai.

Gw dan pekerjaan gw. Sisi lain yang harus bisa dihargai juga.

Menghargai adalah sebuah pemahaman.
Pemahaman mengenai arti sebuah pemberian.
Pemberian atas keikhlasan yang dilakukan.
Aku tak hanya aku.
Aku juga dengan semua yang di dalam lingkaran hidupku.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang