Keberanian Mencoba Hal Baru

Baru aja gw ngalamin keterpurukan sendiri di depan rekan kerja gw. Gw jadi ngerasa gak banget deh pokoknya. Gara-gara kejadian konyol yang gw lakukan di saat meeting, itu ngebuat gw mendapat teguran dari banyak pihak. Tapi, gak kenapalah. Yang pasti kejadian ini ngebuat gw jadi ngerasa perlu untuk mengoreksi diri.

Sebenarnya sekarang gw mau nyeritain kejadian lucu. Gw ngedapetin pelajaran baik dari seorang tukang handphone!

Jadi hari ini tuh gw kesal karena Blackberry gw agak rusak sedikit. Soalnya trackball-nya itu gak bisa di-scroll ke arah atas. Jadinya gw gak bisa ngapa-ngapain dengan hape gw itu. Sebelumnya gw mikir, apa gw betulinnya ke ITC Fatmawati aja ya. Tapi, pertimbangan jauhnya itu ngebuat gw urungkan niat gw itu.

Setelah itu, gw putuskan untuk mencoba ke toko hape di PTC, dekat kantor gw. Setelah nyari-nyari dan kesal karena gak ada yang berani membongkar Blackberry, gw tertuju ke sebuah toko yang jauh dari kesan baik. Toko itu kemel, solder dan sparepart hape banyak dan berantakan. Pokoknya gak banget deh.

Gw langsung mendatangi dan bertanya ke toko itu, "berani bongkar Blackberry gak?" Orang itu ngejawab, "emang apa kerusakannya?" Setelah gw jelaskan, gw dihadapi dengan harga servis yang menurut gw sangat mahal.

Awalnya gw ragu. Tapi, setelah berpikir dan mencoba nawar, akhirnya gw putuskan yaudah gw benerin sama toko itu. Dengan sedikit khawatir gw melihat hape gw itu sedang dibedah ama dia. Dengan piawai dan penuh kehati-hatian orang itu membongkar dan membersihkan trackball hape gw.

Akhirnya selesai juga hape gw dibedah. Dan, emang benar hape gw sekarang sudah benar. Lah, gw malah nyeritain prosesnya ya? Sebenernya gw ngerasa aneh ketika tukang hape itu ngomong. Awalnya gw nanya kenapa mahal harganya, terus dia bilang kalau itu adalah sebuah harga untuk membuka hape yang dia sebenarnya belum begitu familiar. Nah, kalau belum familiar kenapa berani ya ngebongkar hape gw?

Di sinilah dia bilang, kalau dia masang harga tinggi karena kalau terjadi apa-apa dengan hape gw itu, ya dia harus mengganti sesuai harganya. Misalkan setelah dibongkar hape gw itu mati, atau gak bisa nyala. Di situ dia nyeritain kalau kemaren ini dia pernah bongkar hape Nokia E78, terus hape itu mati. Dan, setelah itu dia harus menggantinya seharga Rp 4 juta.

Gw tanya ke dia, "kok loe berani bongkar hape yang emang loe gak pernah bongkar?" Dia ngasih tau kalau di situlah kenapa dia pasang harga tinggi. Kalau emang gak rejeki dan dia harus mengganti rugi hape itu, setidaknya dia sudah "belajar." Belajar di sini adalah membongkar atau membedah hape yang sebelumnya dia belum pernah bongkar.

Kata dia, "ada harga ada keberanian bos, Kalau gw gak begini gw gak akan pernah belajar."

Buset dah, gw kaget banget dengernya. Soalnya gak sembarangan lho ngebuka atau nyoba sesuatu yang belom pernah gw coba. Jujur kalau gw jadi tukang hapenya, gw masih agak takut melakukannya. Tapi, tidak dengan dia. Dia berani membayar ganti rugi jika terjadi apa-apa dengan hape gw. "Misalnya gw harus bayar 5 juta, gak apa-apa bos. Itung-itung biaya belajar gw."

Gila ya, tukang hape aja yang bisa dibilang pembelajaran dan pemerolehan pengalaman dia hanya dari hape ke hape, tapi dia tetap berani "belajar." Walaupun itu sebenarnya membutuhkan biaya besar. Gw salut banget dengan keberanian tukang hape itu dalam menantang konsumennya, yaitu gw.

Gw mikir kalau gw seperti itu juga ya harusnya. Keberanian untuk belajar atau mencoba hal baru. Emang sih, butuh pengorbanan, tapi setidaknya gw pernah melewati atau pernah mencobanya.

Sepulangnya gw dari ngebetulin hape, gw jadi terngiang-ngiang ama keberanian tukang hape itu. Dan gw salut! Heheheheh. Seenggaknya gw dapet pelajaran kalau emang keberanian mencoba hal baru itu emang butuh perkiraan, perhitungan, tapi kadang butuh pengorbanan yang besar dalam melewatinya. Dan, gw harus bisa bikin mindset di kepala gw kalau gw harus bisa seperti itu.

"Masa gw kalah ama tukang hape?"

Mungkin kejadian gw ini ngasih banyak inspirasi ke gw dalam mencoba semua hal baru di depan. Yang pasti gw akan mengenang ucapan tukang hape itu. Dan, keberanian itu kadang membutuhkan biaya banyak, heheheh.

Intinya jangan pernah takut mencoba. Meskipun itu "mahal."

Keberanian datang dari diri sendiri.
Memupuknya dan menggunakannya di saat yang tepat.
Di situlah keberanian menjadi sangat mahal.
Dibandingkan "harga" yang harus dibayar.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang