Sudahkah Gw Memberikan Waktu?

Pernah gak sih kalau gw nulis sebahagia hari ini? Gw sangat BAHAGIA hari ini!

Akhirnya setelah berapa lama gw bisa jalan-jalan sama keluarga gw. Jalan-jalan bareng ibu, uni, Dhila, dan Troy tentunya. Entah kenapa gw sangat merindukan momen seperti ini. Karena emang semenjak gw pulang berkelana kemaren gw belum diberikan kesempatan untuk jalan-jalan kaya tadi. Walaupun, tadi gak ada bokap di tengah-tengah kami.

Di benak gw jadi mikir, pernah gak sih gw ngasih kesempatan barang sekali aja memberikan waktu gw sepenuhnya untuk keluarga? Gw hampir jarang banget ngasih itu, khususnya ke nyokap gw. Gw jadi ngerasa berdosa banget ya. Padahal setiap gw minta temenin aja kayaknya gw itu lebih penting dari apapun. Kadang pun nyokap yang emang lagi ada urusan malah mengorbankan urusannya untuk gw.

Gw jadi ngerasa gak ada apa-apanya deh hari ini. Entah kenapa gw ngerasa sangat beruntung bisa dikasih waktu oleh Tuhan untuk menemani bidadari-bidadari gw itu, plus pangeran kecil gw, Troy. Seindah-indahnya hari ya cuma hari ini, karena gw emang ngerasa "mengabdi" ke tempat yang seharusnya gw abdikan diri gw. Jadinya terpikir kalau gw gak boleh bertahan dengan kebiasaan gw.

Semenjak gw kerja, gw selalu pergi pagi pulang malem. Berangkat pukul 6 kurang, sampe di rumah minimal jam 8 malem. Lalu, yang gw lakukan adalah kelelahan yang sangat dan gak sempat memberikan waktu gw walau hanya sedikit ke semua orang rumah. Mandi, makan, lalu tidur. Itu yang ngebikin gw harus berubah.

Hari ini gw seperti diberikan teguran oleh Tuhan dengan kejadian yang membahagiakan. Kenapa gw bilang teguran? Ya karena kalau gw emang ngerasa berjalan dengan keluarga itu indah, ya gw harus lakukan itu beberapa kali waktu di kemudian hari. Kalau gw hanya bisa memberikannya di akhir minggu, ya usahakanlah. Yang penting gw ngejalanin semua itu ikhlas demi semua orang yang gw sayang.

Gw sangat sayang ama keluarga gw. Seperti yang pernah gw utarakan, bahwa keluarga itu adalah tempat mencari kebenaran yang sebenar-benarnya. Seburuk-buruknya, sebaik-baiknya, ya keluarga itu tempat gw kembali. Keluarga adalah tempat gw berteduh. Beruntunglah gw yang masih mendapatkan kasih sayang dari ayah, ibu, kakak, dan adik. Bahkan sekarang ipar dan keponakan.

Berkaca kepada adik gw Oscar, IKSI 2009. Dia sudah tidak mempunyai ayah dan ibu. Sekarang pun dia tinggal bersama kakaknya. Yang menurut gw pasti beda lah tumbuh berkembang dengan kawalan ayah dan ibu, dengan kawalan kakak. Hal ini yang harus dapat gw syukuri. Dengan terus memberikan yang terbaik, gw akan tau kalau gw akan sayang sama keluarga gw selamanya.

GOKIL! Gara-gara gw jalan sebentar di petang tadi, gw jadi terinspirasi banget tentang memberi waktu untuk keluarga. Apakah gw harus kalah dengan pekerjaan yang kadang membunuh gw? Gw rasa gak. Walaupun pekerjaan adalah salah satu bagian dari proses yang gw jalani, tapi gw tau kalau pekerjaan gak boleh mengganggu keluarga. Dan sebaliknya, keluarga gak boleh mengganggu pekerjaan. Gw harus menjalankannya dengan seimbang. Kalau ada sebuah permasalahan, ya itu bagian dari proses gw menyeimbangkannya kok.

Jadi, gak ada kata TIDAK TAHU, TIDAK MAU, TIDAK BISA! Itu yang harus gw tanemin selalu dalam otak gw.

Memberi waktu. Itu tema yang terngiang-ngiang dalam pikiran gw sekarang. Apa sih yang ngebikin sebuah permasalahan muncul karena sebuah frase DM (Diterangkan-Menerangkan) ini? Kalau mau ditarik, inti dari frase ini adalah MEMBERI. Konsep yang menangungi ya cuma kata MEMBERI.

Waktu adalah sebuah contoh objek yang harusnya kembali bagaimana diri sendiri memaknai sebagai sesuatu yang sakral. Jangakan waktu, kadang sesuatu yang sering gw lupain tapi sangat bernilai, memberi SENYUM. Itu aja kadang gw suka lupa. Sering malah gw gak inget kalau memberi SENYUM itu adalah sebuah hal yang bisa ngebikin semua yang gw jalanin jadi positif.

Gw pernah posting tulisan berjudul Ayah, bolehkah aku membelu waktumu? Apalagi lewat tulisan ini, gw jadi ngerasa jadi sosok yang negatif banget. Padahal gw belum berkeluarga. Apalagi punya anak. Gw kadang pun suka "berat" memberikan waktu gw untuk orang yang gw sayang.

Tapi, di sini gw berusaha merefleksikan diri gw terhadap pemberian waktu yang harus gw jadikan agenda juga ke depannya. Memberikan waktu tuh gampang, kalau gw mau ngeliat sebagai sesuatu yang gampang. Menjadi sangat sulit, jika gw sedikit tidak ikhlas untuk memberinya. Harus gw apus tuh dah pokoknya. Di saat gw ingin memberikan waktu gw, gw harus bisa memberikannya dengan ikhlas seikhlas-ikhlasnya. Di saat gw sudah ingin memberikan, JANGAN PERNAH berpikir kembali apa negatif dan positifnya. Karena di saat gw memikirkan kembali, SANGAT RENTAN untuk BATAL!

Jadi tenang aja. Segakpentingnya urusan itu, ketika gw sudah berniat untuk memberikan itu, ya gw harus memencurahkan semua perhatian gw untuk memberikannya. Apalagi waktu. Misalnya gw ngekost nih, dan gw mengharuskan diri untuk pulang ya gw pulang. Atau ketika gw dipanggil oleh "rumah" gw kemaren. Ya, gw langsung melenggang aja ke kampus, walau sebenarnya gw ngerasa lagi kesambet. Karena gw gak mikir apa-apa yang harusnya gw pikir. Terbersit aja di pikiran gw untuk mikir, yang ada gw batal kesambet deh jadinya. Termasuk batal bahagia jadinya, hehehehheh.

Kalau udah memberi jangan pernah juga untuk gw mengeluh atas apa yang gw kasih. Berikanlah seikhlas-ikhlasnya. Sampai ketika gw menyadari kalau yang gw lakukan bener kok. Memberikan waktu apalagi, itu adalah hal yang hampir selalu miss di antara semua kesibukan dan kebekerjaan gw sekarang. Jadinya gw akan ngerasain perasaan yang BAHAGIA seperti hari ini.

Emang sih, semenjak gw sendiri ini gw dituntut untuk mencurahkan hidup gw ke keluarga. Tentunya selain pekerjaan dan sahabat. Gw harus bisa "melayani" dengan tidak adanya keinginan untuk tidak memberikannya. Apa sih yang gw punya? Gw gak dewasa-dewasa amat, ganteng juga gak, bongsor iya, apalagi gw selalu dibilang punya kepribadian yang kadang selalu ingin benar sendiri. Tapi, ternyata gw ngeliat kebahagiaan juga kok. Dari ibu, uni, Dhila, dan Troy yang gw layani tadi. Gw senang mereka bisa menerima dan gak pernah mengeluh untuk selalu memberikan gw kebenaran. Setiap raut muka mereka berubah atas apa yang gw lakukan, di situlah gw ngerasa diri gw berubah juga. Berubah karena mereka.

Gw kerja Ciputat-Pulo gadung. Dengan menempuh perjalanan rata-rata dua sampe dua setengah jam di jalan. Kadang kalau pekerjaan emang gak memungkinkan, gw pun nginep di kantor. Tapi, hari ini gw ngerasa masih dihargai sangat oleh keluarga gw. Walaupun gw hanya "memberi" di weekend doang, tapi gw ngeliat keikhlasan uni tersenyum, ibu yang selalu bawel, Troy yang selalu nangis dan lagi rewel-rewelnya, dan Dhila yang tetep jadi adik kecil gw, itu semua ngebuat gw ngerasa mereka menghargai gw dan pekerjaan gw.

Nah, yang susah adalah ketika mencari orang lain yang harus mengerti tentang "perjalanan" gw yang terjal ini. Orang lain maksud gw kekasih. Gak gampang loe ngebuat orang lain itu mengerti semua yang gw lakukan. Nah, sekarang saatnya juga ngerintis semua itu dari nol. Gw harus cari orang lain yang bisa menghargai gw dengan pekerjaan gw. Bisa dipenggal gw lama-lama kalau hanya bisa memberikan "pengertian" bahwa perjalanan gw ini terjal. Yaiyalah terjal, gw pernah 4 jam di jalan pulang! Hahahhaha, Jakarta-Bandung bolak-balik.

Kepergian gw di pagi hari, kepulangan gw di malam hari, ternyata memberikan makna ke gw bagaimana gw bisa memberikan semua waktu gw yang terbuang untuk pekerjaan, dengan memberikannya kembali sedikit untuk keluarga. Ikhlas memberi! Itu kata kuncinya. Jadinya gw gak akan ngerasa berat sedikit pun untuk memberikan semua waktu yang harusnya gw berikan untuk orang-orang yang gw sayang, khususnya untuk keluarga gw.

Masalahnya kalau gw terus tenggelam dengan pekerjaan, gw gak tau kan kalau di jalan atau di mana gw "dipanggil" dan gw ternyata belum ngasih apa-apa. Itu yang paling gw takutin. Yang ada hanya penyesalan dalam menghadapinya. Gak boleh! Gw gak boleh seperti itu! Gw harus bisa memberikan seluruh jiwa raga gw termasuk waktu gw untuk KELUARGA!

Di saat inilah gw harus bisa memaknai kalau Time is waktu. Jadi waktu itu adalah sesuatu yang berharga dan harus bisa dihargai. Sesungguhnya bukan hanya gw yang harus bisa menyiasati waktu, tapi orang yang gw berikan waktu harus bisa menghargai atas apa yang gw lakukan. Dan, gw sangat merasa DIHARGAI dengan perjalanan hari ini bersama 3 bidadari gw dan pangeran kecil gw. Mereka masih dan akan terus sayang ama gw kok.

Makasih banget dah untuk keluarga gw, bidadari-bidadari gw, pangeran kecil gw yang udah ngasih gw banyak kebahagiaan ke gw hari ini. Gw SAYANG BANGET sama keluarga gw!

Memberi waktu? Sudahkah?
Memberi? Sudahkah?

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang