Semangat

Mungkin yang harus digelorakan di dalam diri gw adalah semangat. Sebelum gw melakukan semua tindakan gw, semangatlah yang menjadi kunci dari segalanya. Apa yang gw dapet, gak bakal berasa maksimal kalau semangat dari diri gw sendiri yang melesu.

Gw baru aja ngelewati sebuah awal dari fase baru perjuangan gw. Gw sudah melaksanakan interview gw di sebuah agensi advertising di bilangan Dharmawangsa. Entah kenapa gw ngerasa sangat percaya diri tadi. Mulai dari perkenalan, mempresentasikan portofolio gw, bahkan sampai menjawab semua pertanyaan dari mereka. Mereka? Ya, yang mewawancara gw dua orang.

Ketika selesai "menjual" diri gw sendiri, gw keluar dari tempat itu dengan optimisme tinggi. Gak tau ya, soalnya gw ngerasa sangat yakin kalau hidup gw ini belum berakhir. Dengan melanjutkan semua proses tanpa "diam" gw yakin kalau pengembangan diri gw akan sampai di satu titik yang membahagiakan. Dan, semangat itu keluar dengan sangat baik dan menggeloranya.

Ngomong-ngomong tentang semangat gw tadi baru aja dari kampus dengan misi menyambangi Pagupon yang sebentar lagi menyelenggarakan pementasan bertajuk Naluri di Batas. Semangat demi semangat berusaha gw berikan untuk semua yang sedang berlatih sangat keras dan giat.

Jujur aja sih, gw tadi ngeliat kalau semangat yang sedang menurun drastis dari semua pihak yang membelakangi semua pergolakan dalam memproduksi sebuah pementasan. Apalagi semua masalah di balik itu harus selalu disikapi secara positif agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Gw akuin emang gw waktu bersama Pagupon sempat merasakan fase menurunnya diri gw. Apalagi pas pementasan Ai Shiteru yang gw ngerasa lagi suck's banget ama Pagupon. Akhirnya gw pun mundur perlahan dan menghilang. Tapi, berasa sedihnya adalah ketika hari H gw mau nonton pementasan itu, gw gak diperbolehkan masuk. Karena emang acaranya di PSJ (Pusat Studi Jepang) dan emang tempatnya tuh kecil banget. Apalagi tiket sudah habis dan gw gak bisa masuk karena penonton yang membludak.

Alhasil gw gak bisa nonton, dan pulang dengan perasaan sedih yang mendalam. Masa gw gak boleh bertamu di rumah sendiri? Huh!

Hehehhehehe, tapi itu kan dulu. Sekarang gw lebih ngerasa kalau Pagupon itu adalah proses yang mendewasakan gw. Mulai dari dinamika yang terjadi di dalamnya, hiruk pikuk, berantem, jatuh cinta, dan semua pelajaran bekerja secara berkelompok gw dapatkan. Pokoknya semua tantangan berorganisasi sangat gw dapatkan di sini.

Entah kenapa gw ngerasa rumah burung dara itu sedang lesu. Ditinggal burung-burungnya, permasalahan yang tak bisa mengikat kepergian mereka, atau apalah. Emang sejauh ini semangat yang menurut gw sedang turun ini gw gak tau apa masalah yang ada di dalamnya. Sebagai outsider, sekarang, gw gak berani bertanya atau mencoba ingin mengetahui. Takut salah aja gw jadinya.

Yang pasti gw harus bisa terus mendoakan agar semangat yang mengiringi Pagupon jangan pernah hilang. Gw harus bisa positif dalam memaknai itu semua. Resikonya kerja sebagai tim itu adalah gak bisa yang namanya menonjol sendirian. Harus bisa saling berbagi di antara teman satu tim.

Cuma jadi buntu deh kalau gw ngerasa paling benar, atau paling baik. Karena yang menilai gw nanti bukan teman satu tim, tapi orang lain yang melihat pementasan tersebut. Orang yang menonton mah bodo amat mau gimana di dalam, yang penting mereka ngedapetin hasil tontonan yang bagus.

Di sinilah gw bilang kalau gw belajar banyak menyemangati diri di saat gw gak bisa jadi yang menonjol sendirian. Karena namanya juga tim, selalu ada koreksi dari teman-teman gw. Di situ gw gak bisa ngerasa jadi yang paling benar sendiri. Emang sih suka ngerasa dibego-begoin, atau ngerasa paling hina sendiri. Tapi, gw jadi belajar gimana gw memaknai sebuah kerjasama.

Hehehehe, gak ada abisnya deh pokoknya kalau gw ngebahas Pagupon dengan sejuta intrik di dalamnya. Entah karena gw sekarang sudah berada di luar, jadi gw suka ngerasa canggung sendiri ketika berusaha "masuk" lagi.

Semangat dalam terus bekerja sama. Itu intinya. Kalau gw udah bisa menyemangati diri gw untuk dapat terus bekerja sama, gw pun akan bisa ngedapetin diri gw dalam bentuk yang maksimal. Sejauh apa? Ya sejauh gw bisa mengoptimalkan dan mengaktualisasi diri lebih baik lagi. Khususnya dalam bentuk berkelompok.

Ini ngasih pelajaran banget ke gw ketika bekerja sekarang. Fase bekerja maksud gw, soalnya gw masih nganggur, heheheehe. Di saat semua tindakan gw diukur dengan profesionalisme tinggi. Gw udah gak bisa ngandelin temen gw, gak bisa ngandeling sahabat-sahabat gw, dan gw menghadapi tim dalam pekerjaan.

Jadinya gw harus bisa memposisikan diri lebih baik di mana pun gw berada. "Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung." Di mana gw berada, peraturan di tempat itulah yang harus bisa gw maknai sebagai "aturan main."

Pokoknya semangat terus untuk Pagupon yang tanggal 17 dan 18 nanti mentas di Salihara. Gw yakin semua yang terlibat di dalamnya akan ngedapetin banyak hal yang akan membuat kalian "kuat" apalagi di saat kalian sudah pergi terbang meninggalkan rumah burung dara itu. Kalian pasti akan merindu.

Semangat pun gw pelajari ketika tadi gw dateng pas latihan. Semua pelajaran yang mem-flashback-an gw jadi sebuah proses tersendiri yang menyenangkan.

Semangat. Itu kata kunci yang harus selalu dipegang teguh. Apalagi di masa-masa gw seperti sekarang. Harus dapat terus maju!

Jadi siapa lagi yang beruntung karena berhasil meng-interview Ikhwan Aryandi? Kita lihat kelanjutannya besok. Dengan usaha yang mendalam tentunya.

Semangat.
Kata yang simpel namun sulit.
Sulit dimaknai secara positif.
SEMANGAT!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang