Kualitas dan Kuantitas

Di antara semua sakit yang melanda, ternyata di situ terletak keindahan yang amat sangat gw rasakan. Gw bisa ngerasa kalau diri gw emang berguna di masa lalu, dan tentunya berguna di yang akan datang.

Hari ini terasa lewat begitu aja. Dengan semangat yang menggelora, dan ngerasain kalau gw sendiri pengen ngerasain semua proses pencarian yang ada di dalam hidup gw hari ini. Hari ini yang gw sebel kenapa dengan Yahoo gw ya? Soalnya waktu di tenah-tengah gw ngirim-ngirim ke email keramat di etape kedua, tiba-tiba kaya sulap dan gak bisa ngirim email.

Gw stres aja seharian tadi. Padahal gw udah dapet beberapa email keramat yang mau gw kirim lagi. Tapi, apa daya sampai detik ini Yahoo gw gak bisa ngirim email. Positifnya, sih kayaknya gw lagi diuji aja nih ama yang diatas untuk mencoba menghela napas sejenak. Yaudah deh, gw seharian ini baru ngirim sedikit dan besok mungkin gw lanjutin lagi.

Setelah bergumul dengan dunia maya seharian, gw pun nyoba ngobrol banyak aja ama temen-temen lewat Twitter atau lewat Facebook. Lumayan bisa mengobati kesendirian gw hari ini.

Setelah ngobrol-ngobrol, gw dapet sebuah pemikiran tentang kualitas dan kuantitas dalam sebuah hubungan. Pertama yang ngebikin gw geli adalah ternyata masih banyak ya yang masih mentingin kuantitas dibanding kualitas?

Klise banget sih yang gw bahas, tapi gw yakin kok kalau emang masalah ini masih kerap melanda pasangan-pasangan jaman sekarang. Hahahha,tua banget gw ngomongnya. Tapi, emang butuhlah kalau pengen ngejaga hubungan.

Cerita tentang sahabat yang saat ini ternyata masih baik-baik aja hubunganya walau mereka dibentangkan jarak yang amat sangat, ngebikin gw yakin kalau emang kualitas itu di atas segala-galanya. Walau kuantitas kadang bisa menjawab pertanyaan.

Dari berdiskusi dengan beberapa sahabat juga, tercipta kalau kualitas itu emang sangat lebih agung dibanding kuantitas. Sering ketemu, tapi kosong aja yang didapet? Sama juga bohong kan?

Sama aja kaya pertemanan atau persahabatan. Gw jarang ketemu dengan sahabat-sahabat gw, tapi gw yakin dan tau kalau gw sayang mereka dan begitu juga sebaliknya. Ternyata gak banyak kok kuantitas berpegang. Tapi, kok gw gak bisa seperti itu ya dulu? Hehehhee.

Emang pertanyaan itu jadi muncul karena gw yang emang gak bisa menjawab kekualitasan itu di saat gw masih pacaran dulu. Ternyata harus lebih diasah lagi nih kemampuan gw dalam ngejaga kualitas. Karena emang itu yang dibutuhin dalam hubungan.

Salah seorang sahabat gw yang lebih muda dari gw udah 3 tahun aja ngejalanin hubungan. Dan dia dengan lelakinya itu terpaut umur yang jauh, 6 tahun. Tapi, ternyata keberjarakan mereka malah ngebikin tambah lengket. Hhahaha, tinggal gw tunggu aja undangannya tuh, hehehe. Gak berani sebut merk ah, nanti orangnya marah lagi, yang pasti doa gw menyertai mereka.

Emang salah gw juga sih dulu gak bisa ngejaga kualitas. Tapi, ngebikin gw sendiri nyamanlah dengan hasil yang gw bikin. Walau emang prosesnya gak enak, ternyata keklasikan dan kemodernan kadang gak bisa ngejawab itu.

Emang sih, kualitas itu berhubungan dengan masalah terbesar dalam hubungan laki-laki dan perempuan, komunikasi. Ya kenapa gw simpulkan begitu? Karena emang komunikasi yang gak singkrong ngebuat hubungan itu jadi punya masalah terus. Apalagi ternyata gw tau kalau komunikasi gak lancar ngebikin kepercayaan itu jadi gak timbul.

Bener gak? Komunikasi berhubungan dengan kepercayaan? Ya karena emang kepercayaan itulah yang menjadi kunci utama dalam komunikasi. Kalau keinginan untuk percaya aja udah gak ada, gw yakin komunikasi yang ada hanya berujung kepada sebuah komunikasi palsu. Ujungnya ngebohong mulu jadinya.

Kalau sepengalaman gw sih begitu. Jadinya percuma aja dipertahankan bukan? Baik pertemanan maupun hubungan beneran. Mendingan cari yang bisa percaya akan agungnya komunikasi tanpa mempedulikan kuantitas itu.

Heheheh, kembali lagi emang masalah inti manusia ya cuma satu, komunikasi. Komunikasi membuktikan kebertahanan kualitas dan kuantitas itu sendiri. Jadi jangan pernah takut misalnya, kehilangan sebuah proses komunikasi karena kualitas hubungan yang telah menurun atau bahkan menghilang. Cari dan pupuk sebuah hubungan yang bisa memberikan gw kualitas lebih. Bukan begitu bukan? Hehehhe.

Gw akuin hidup jika dihubungin dengan kualitas komunikasi, tentu gw akan ngerasain pasang surut. Apalagi dengan pertemanan yang ada. Ada teman yang gw lagi kangen banget, tapi menjauh sejauh-jauhnya. Tapi, ada teman yang gak pernah berhubungan, justru dia mendekat sedekat-dekatnya ke gw dan ngasih chemistry hubungan gw dan dia dulu.

Banyak sih problema lain yang bisa dihubungin dengan kualitas dan kuantitas, tapi gimana bisa terus percaya kalau proses itu ada dan dipupuk, itu yang lebih penting. Karena emang gw sendiri gak tau sejauh mana gw bisa mencipta atau merasakan kualitas itu sendiri. Karena bukan pribadi sendiri yang menilai. Betul? Hehehehe.

Udah ah, dari tadi gw gak jelas banget dah ngebahas. Tapi, intinya kualitas dalam segala hal yang gw lakukan harus didukung dengan kepercayaan yang benar dari dalam diri gw sendiri. Hingga gw percaya apa yang sudah gw lakukan.

Besok? Semangat lagi!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah