Berbuat Baik Duluan

Baru kali ini setelah sekian lama gw nulis di pagi hari. Entah kenapa gw emang pengen nyoba aja nulis sekarang. Gw ngerasa sensasi yang beda aja karena nulis di saat semua pikiran masih segar dan belom terisi dengan kegiatan di pagi hari. Gw nulis sebelum berangkat kantor, hehehhee.

Sekarang sih yang mau gw coba lakuin adalah gw pengen nyoba untuk terus berbuat baik. Di saat semua orang hanya maen tunggu-tungguan, gw pengen nyoba berbuat baek duluan aja. Karena apa, pada akhirnya orang hanya bisa nunggu dan seperti gak mau nyoba duluan.

Itu sih yang kadang menjadi masalah buat orang. Gw aja masih ngerasa begitu. Contohnya sahabat-sahabat gw aja. Gw tau di antara kami yang berbanyak ini, pasti setiap weekend semua berusaha mencari cantolan atau sahabat lain yang bisa ditemplokin. Tapi, pada akhirnya hanya nunggu-nungguan.

Akhirnya sekarang gw mulai aja sendiri. Mulai dari mengajak sahabat yang scoupe-nya kecil, gak perlu yang banyak-banyak dan semuanya. Ternyata memulai dari yang kecil aja udah bisa ngebuat dan ngeliat senyuman di antara sahabat-sahabat gw yang sekarang sangat disu=ibukkan dengan pekerjaan dan urusan hidup yang kian rumit.

Pelajaran yang bisa gw dapet setelah 2 kali mengajak duluan mereka jalan dan berbagi adalah ternyata berbuat kebaikan itu jangan menunggu orang lain berbuat baik ke gw. Intinya gw berbuat aja duluan. Dan, jangan pernah ngarepin pamrih. KASIH, LUPAKAN! KASIH, LUPAKAN! Di situ gw akan ngerasa ikhlas telah berbuat baik.

Dulu gw berpikir adalah kalau bukan masalah gw, gw gak akan mengusik dan mengganggu orang itu. Tapi, gimana kalau itu sahabat gw? Ya tentu gw gak akan segakpeduli itu kan? Bener banget, gw ngerasa tambah ikatan yang terjalin di antara gw dan sahabat. Dan, tentunya di antara masing-masing mereka yang jalinan itu kembali terikat dan terjalin di antara sahabat-sahabat.

Seindah-indahnya emang selalu berbuat baik duluan itu ngebikin gw semakin ngerasa baik. Dan, gak ngarep orang akan berbuat itu ke gw. Pamrih itu gw apus dari pikiran gw. Intinya yang gw lakukan adalah memberi. Memberi yang terbaik yang gw punya, dan tak mengharapnya kembali.

Gw sekarang udah enteng banget ngerasain hidup gw sekarang. Ternyata berbuat baik duluan itu jauh lebih menyenangkan. Dan, ngebuat gw semakin merasa tertunduk. Di antara semua kebatuan, kearogansian, dan kesombongan yang gw miliki, gw masih ngerasa bisa menyesuaikan. Tentunya gw akan sadar kalau DULUAN itu gak selamanya buruk. Kalau di dalamnya ada niat dan itikad baik untuk "memberi."

Pagi ini gw seperti berjanji ke dalam diri gw untuk dapat selalu "memberi" duluan. Apapun itu, sebaik apakah itu, atau seburuk apapun itu. Gw ngerasa jauh lebih baik aja kalau ngapa-ngapainnya duluan.

Kalau dari segi berkorban emang pasti gw akan berkorban. Pertama adalah gw jatoh miskin sebelum gajian! Hahahahaha, emang banget. Dan, gw harus berkorban waktu untuk mengajak sahabat-sahabat itu berkumpul. Tapi, LUPAKAN! Jadi gw akan ikhlas aja toh jadinya?

Emang pooollll banget deh kalau di dalam hati gw ngerasain senang yang amat luar biasa. Gw seneng bisa ngeliat senyuman-senyuman para sahabat yang ketika bertemu dengan ikhlasnya. Kami berbagi dan saling memberikan kasih sayang di antara kami yang emang ngebuat gw jadi terpacu untuk punya mimpi yang setinggi-tingginya.

Kalau menurut gw, berbuat baiklah duluan dan jangan pernah mengharapkan pamrih apa-apa. Hal itu bisa ngebuat gw semakin ikhlas gw dalam berbuat dan bergerak ke depannya. Jangan takut, jangan pernah takut kalau yang gw buat salah. Karena emang kalau dilandasi niat dan ikhlas, pasti akan mendapatkan kenikmatan tersendiri.

Semua hal yang terjadi hanya jadi milik gw? Haram hukumnya untuk dibagi? Jangan berpikir begitu deh. Soalnya gw dulu berpikir begitu. Karena emang kalau berbagi dengan orang yang dipercaya akan ngebuat gw dapet pandangan lain tentang sebuah masalah.

Berbagi itu gak salah kok. Bukannya ingin membentuk opini publik atau membentuk koloni untuk sebuah hal, tapi murni untuk mencari pandangan lain untuk sebuah masalah.

Gw akan mencoba terus berbuat baik duluan, karena itulah yang akan membuat gw merasa jauh lebih baik. Dan, menjadi "besar" tentunya.

Berbuat baik? Duluan aja, gak usah nunggu orang lain berbuat baik duluan ke gw!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah