Berkonsep dan Mengeksekusi

Hari ini gw ngerasa lelah luar biasa. Entah kenapa task yang harus gw lakukan hari ini begitu banyaknya. Sehingga ngebuat gw jadi harus membenahi satu per satu baik dari kerjaan atau pun yang laen.

Ngerasanya gw tadi pas pulang ngerasain lelah luar biasa. Kepala gw tuh udah kaya kopong deh. Apalagi capek otak itu menghilangkan energi fisik yang amat luar biasa. Jadi berasa sakti banget deh gw hari ini, heheheh. Sampe tadi hampir bablas jauh turun busway.

Hmmm, gw seperti dejavu deh hari ini. Gw seperti mengulang masa-masa letih gw yang pernah gw lewatin di saat gw bekerja di Pulo gadung. Ya, tapi ini beda karena dari segi jarak rumah gw ke kantor aja setengah dari waktu gw di Pulo gadung.

Tapi, gw seneng aja ngejalanin semua ini. Gw seperti ngerasa kalau energi gw bangkit sedikit demi sedikit yang mudah-mudahan akan menjadi bukit nantinya. Menjadi bukit ya ketika gw mendapatkan apa yang gw impikan.

Gw seperti raja presentasi dan raja eksekutor hari ini. Di satu sisi emang presentasi itu adalah bagian dari proses hidup yang gw bisa gw lewatkan gitu aja. Gimana caranya gw bisa membuat percaya orang kalau gw gak didukung dengan presentasi yang baik? Tapi, tentu aja gak hanya presentasi dan mengutarakan konsep. Dalam hidup ini gw harus sanggup mengekseksui apa pun yang gw konsepkan.

Susahnya sih gitu. Dualisme ini kaya gak berani orang raup semuanya. Gak gampang emang berlaku seperti kedua hal itu. Sebagai pemikir dan sebagai pelaksana. Banyak orang bilang kalau kuliah S1 itu kuliah yang mencetak pemikir, dan kuliah D3 itu mencetak pelaksana atau pekerja.

Dalam kenyataannya? Kalau menurut gw mah harus bisa imbang keduanya. Karena sampai kapan pun gw sendiri harus bisa berkonsep dan mengeksekusinya. Gak banyak kok S1 yang jadi pekerja, dan gak banyak juga D3 atau bahkan lulusan SMA doang jadi pemikir. Pokoknya gw harus bisa memilah dan menganggap apa pun yang bisa gw jalani, ya gw jalani dengan baik. Apalagi untuk urusan hidup gw ini.

Gw tentunya mikir apa yang harus gw lakukan 5, 10, 20, atau 30 tahun mendatang. Selain gw harus memikirkannya, gw harus bisa merealisasikannya. Kalau gak, ngapain gw capek-capek hidup?

Gak semua orang berani. Banyak yang hanya bisa berpikir, ngebacot, cuap-cuap gak jelas, tapi dia ketika disuruh ngerealisasiin gak sanggup. Dan, banyak juga yang sanggup bekerja, tapi ketika disuruh berpikir gak bisa.

Apa aja sih yang harus disiapin kalau gw mau menyeimbangkan antara berpikir dan mengeksekusi?

Kalau menurut gw hal pertama yang harus ditanam di diri gw sendiri adalah niat baik. Dengan niat baik insya allah yang gw lakuin ke depannya pasti berbuah baik juga. Gw yakin dengan adanya keinginan tulus untuk ngelakuinnya, semua akan terealisasi entah gimana, kapan, dan apa caranya.

Selain niat baik, kepercayaan diri harus selalu ditanam dengan baik. Khususnya dalam berbuat atau mengeksekusi sebuah hal. Ragu emang perlu, tapi kalau gw udah cukup yakin dengan percaya diri yang gw punya, pasti gw akan bisa menjalankan semua hal dengan penuh keyakinan.

Yang terakhir adalah berani menerima kegagalan. Karena emang sama sekali gak ada gunanya kalau gw sendiri gak berani menerima semua resiko yang timbul atas apa yang gw jalani. Entah yang gw konsepkan atau proses ketika menjalaninya. Rasa hancur dan gagal itu jangan ngebuat diri gw terpuruk. Karena kalau gw terpuruk, percuma aja semua yang gw lakukan dalam mengejar sebuah hal

Banyak hal yang bisa ngebuat diri gw bisa seperti ini. Misalnya banyak berbagi dengan orang yang bisa menginspirasikan diri gw. Misalnya bertemu dan berbagi dengan sahabat-sahabat, nonton film, dengerin lagu, menghargai karya orang apa pun itu, dan semua hal yang tentunya bisa membangun semua itu.

Selain mencari dan bercumbu dengan hal positif, gw juga harus banyak mendengar hal-hal yang negatif. Mendengar cerita sahabat, konflik dengan orang lain, dan banyak hal yang gw rasakan negatif.

Kesinambungan antara hal positif dan negatif harus bisa dirasain dengan baik. Karena sebenernya menurut gw positif dan negatif itu dualisme lain yang gak kalah pentingnya. Seperti yang pernah disebut seorang sahabat, "positif boleh loe busungkan di dada loe, tapi negatif jangan disingkirin. Bikin itu jadi warna dalam semua kepositidan yang loe lakukan."

Bener aja tuh, setelah gw ngejalanin semua hal positif dengan tanpa menghilangkan negatif yang ada, gw bisa memaknai semua hal jauh lebih baik. Sekarang pun gw ngerasain perubahan hebat yang ada di dalam diri gw.

Jadi, berpikir atau berkonsep itu harus ditunjang dengan hal-hal di atas yang gw sebut. Ya, emang sih cuma analisis kacangan. Tapi, gw sedang dan akan terus ngejalanin lho. Dan, buktinya gw bisa lebih baik ngejalanin semua yang ada di hidup gw.

Hari ini emang melelahkan, tapi toh gw berani dan sudah melewatinya kan? Jadi, terus positif aja lah ya. Biar hidup gw seneng terus! Hehehhehe.

Semangat!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang