Hidup Emang Mozaik

Udah berusaha berbuat yang terbaik, tapi masih dirasa kurang terus sama orang. Sering gak sih ngerasa begitu? Di dalam keadaan apapun lah. Yang pasti perasaan seperti itu sering kali terjadi di gw, dan gw yakin banyak orang yang suka merasakan itu.

Apa yang bisa gw lakukan di saat mengalami hal ini? Tentunya perasaan sedih ada karena gak berhasil berbuat apa yang diinginkan orang. Biasanya hal ini akan berhubungan dengan kegagalan atau ketidaksesuaian yang gw lakukan dengan harapan yang diinginkan orang.

"Harusnya begini, jangan begitu," kerap jadi koreksi orang misalnya kecewa. Pemaksaan pendapat pun kerap terjadi di saat seperti ini. Gw suka bingung sendiri aja, ketika gw berusaha berlaku sesuai dengan yang gw yakini benar, tapi di mata orang gw gak melakukan hal yang gak seharusnya.

Kadang gw sering bertanya kalau gak seharusnya itu tuh menurut siapa. Tentu kalau yang gw lakukan itu, pasti sesuatu yang sudah gw pikirkan. Entah matang atau gak, yang pasti gw mengikuti intuisi gw. Tapi, ketika itu disingkronisasi dengan maunya orang laen, gw seperti jadi salah terus aja. Gw bisa dibilang belum dewasa lah, gw bisa dibilang masih kekanak-kanakan, atau bahkan gw dibilang pembelot kalau gak ngikutin apa yang diinginkan orang.

Tangan gw cuma dua, dan kadang tangan gw itulah yang menolong gw mendapatkan atau berusaha apa yang bisa gw berikan untuk orang lain dan diri gw sendiri. Tapi, kadang gw juga ngerasa kalau orang sering berusaha memaksakan ibarat tangan gw itu sepuluh. Di saat gw gak bisa melakukan yang diinginkan orang, gw hanya bisa disudutkan sebagai pihak yang salah.

Apa gw yang sepenuhnya salah? Gw suka ngerasa kalau gw itu gak sepenuhnya salah. Karena emang yang gw lakukan tentu gak mau bikin kecewa orang lain. Tapi, di saat gw berlaku tidak sesuai, kadang gw jadi salah banget dan gak bisa dipercaya.

Apakah ini masalah yang kadang membelenggu orang dan terpuruk dalam rasa bersalah yang mendalam?

Ya, gw sih selalu mencoba belajar misalnya orang lain gak suka atau nganggep gw gak bisa ngikutin yang menurut dia benar. Karena kalau gw paksain pendapat yang menurut gw benar, yang ada malah berantem atau adu pendapat yang gak ada selesai-selesainya. Kalau kata sahabat, "coba mendengar dan mencerna omongan orang."

Sulit banget sih emang rasanya misalnya gw gak mau berlaku seperti itu. Yang ada gw malah jadi orang yang batu alias gak bisa dibilangin. Karena emang sebenernya dari kedua tangan ini banyak kok yang bisa dihasilkan. Tentunya membuat orang lain tersenyum atas apa yang gw lakukan. Jadi nikmat banget kan jadinya kalau bisa ngerasa begitu?

Kalau emang gw bisa ngelakuin sesuai dengan yang diinginkan orang, mungkin gw udah jadi nabi. Tapi, berusaha untuk itu setidaknya gw sudah meniru sifat nabi. Manusia emang gak akan pernah lepas dari yang dinamakan koreksi. Hal-hal yang bahkan sudah teruji kebenarannya di khalayak, masih ada aja yang bisa dipatahkan atau diberikan masukan di dalamnya.

Gw yakin, dengan pemaksaan pendapat akan memperkaya sesuatu hal. Khususnya dari dua pihak yang saling memaksa. Apalagi kalau hanya gerakan "he'eh" semata mah akan bisa ngembaliin ke masa orde baru yang semua orang kalau lagi musyawarah hanya bisa menganggukkan kepala.

Emang dah, dentuman demi dentuman, gejolak demi gejolak, akan semakin ngebuat hidup gw penuh warna. Proses demi proses tentunya akan ngebuat gw bangkit dengan ide dan hal-hal baru. Tentunya yang bisa bermanfaat buat banyak orang.

Yaa, proses demi proses terus berjalan dan gw seakan terus berpacu dengan waktu. Meleng dikit, gw bisa ketinggalan banyak hal yang bisa gw eksplor. Dengan berpikir kalau gw bisa bergerak terus, tentu gw bisa ngelakuin banyak hal baru di setiap waktu yang berputar terus tanpa henti.

Saran gw mah cuma satu kata, SEMANGAT! Dan, gw bisa terus menyisipkan hal-hal positif tanpa melupakan hal negatif yang harus selalu ada. Dengan terus menaruh dan membentuk target di depan, tanpa lupa untuk terus mensyukuri yang sedang gw hadapi sekarang.

Hidup emang mozaik.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang