Pengaruh Hashtag

Kadang suka sebel deh, setiap gw telpon dia gak diangkat. Gw bebeemin tapi dia gak nyaut, akhirnya harus lewat ranah publik juga gw manggil dia. Lewat Twitter baru deh dia jawab.

Sebenernya gw sama dia itu pengen berangkat ke Bali minggu depan, tapi kok kayanya bakalan gak jadi deh. Apalagi emang dia itu susah banget gw hubungin.

Sebut aja Putri. Sahabat gw dari kecil ini emang kaya baru melek teknologi gitu. Maklum aja, Blackberry Bold yang baru dia dapatkan emang bener-bener dari gaji ngajar yang dia tabung. Baru kebeli sekarang dan gw yang harus nemuin konsekuensinya. Susah ngubungin.

Plak! "Hei Tom, maaf-maaf tadi gw kuliah."
"Ah loe mah, gw bebeemin, gak nyaut. Kan kalau gw telpon gw kena pulsa."
"Iya-iya maap, lagian gw tadi kan lagi facebook-an juga di kelas."

Hmmm, dalam hati gw bener kan. Dia lagi keranjingan teknologi. Padahal dari 2009 awal kan udah ada, tapi emang dia lagi bener-bener tersihir. Facebook-an mulu biar kata sama gw di mana aja. Apalagi banci Twitter-nya itu gak hilang-hilang. Makanya itu gw bisa ngubungin dia lewat Twitter.

Kami pun berjalan ke arah kantin, menikmati makan siang dengan bersosialisasi dengan masyarakat kampus.

"Eh loe tau gak, si Rani itu katanya hamil!"
"Ah yang bener loe?"
"Iya, gosipnya santer banget di Twitter. Banyak nge-RT tweet yang gosip tentang dia."

Rani emang sosok yang keliatan alim banget di kampus. Tapi, gw berkata dalam hati, apa bener dia bisa kaya gitu.

"Loe udah nanya langsung belum sama doi?"
"Ya belom sih, tapi gw sih percaya aja. Lagian di Twitter santer banget kok."
"Ah, gw masih belom percaya ah."

Kembali lagi, gw masih belom percaya dengan omongan sahabat gw itu. Kadang emang, sebuah berita burung itu bakal bikin opini publik yang macem-macem sih. Gw sedih aja Rani kalau kenapa-kenapa.

Udah panas aja gw bawaannya, apalagi kalau emang bener hamil. Gw bakal acak-acak itu si Rino yang jadi cowoknya dia. Gak bisa terima dong gw kalau temen cewek gw dianggep murah gitu aja. Pengen gw telepon, tapi gw urungkan niat gw. Karena gw belom tau keadaan yang sebenarnya.

Di sela-sela gw dan Putri makan, dateng dua orang temen yang langsung join di meja gw. Dan, kemballi lagi mereka bertanya tentang Rani yang katanya hamil. Gw sih bertanya dalam hati aja, soalnya gw juga gak tau apa-apa tentang Rani.

Tapi, gila banget. Seantero kampus ngomongin Rani. Gw jadi semakin penasaran kenapa Rani bisa setersangka ini. Gw pengen ngeliat sejauh mana tanggung jawab si pembuat onar dengan menyebar isu ini.

Gw coba rogoh hape dan coba ngecek Twitter. Dan, ternyata emang Rani menjadi perbincangan hebat di antara teman-teman gw. Dan, semakin orang membicarakan, semakin banyak jadi yang tau. Karena tau aja kan sifat Twitter kaya gimana, semua follower akan baca.

Tiba-tiba terdengar suara kenceng yang disuarakan seperti ada yang orasi. "Dengan adanya hari ini teman-teman, mari kita... "

Ternyata Rani sedang berorasi, sontaklah berdiri gw dan menghampiri kerumunan. Gw gak ngeliat ternyata ada spanduk ber-hashtag #cegahaids. Sontak gw ngecek hape, dan semua omongan yang membicarakan Rani di Twitter ber-hashtag #cegahaids.

Andaikan gw membaca dan menyadarinya dari awal, ternyata Rani adalah ketua dari kampanye sosial AIDS di kampus gw ini.

Putri pun menyematkan pita merah tanda kampanye AIDS di lengan kiri gw dan pergi ke kerumunan sambil senyum dan menunjuk bebenya dia di tangan.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang