Bermimpilah!

Selamat pagi!

Kejutan demi kejutan emang selalu hadir dalam hidup gw. Semalem gw baru aja ngelewatin kejutan lain yang menurut gw sangat amat ngebuat gw berpikir. Siapa yang bakal tau dan ngerencanain bisa ikutan dalam produksi sebuah video presentasi sebuah perusahaan.

Gw ngejalanin semua prosesnya cuma butuh waktu seminggu. Dan, menurut gw pengerjaan skrip tercepat yang pernah gw buat. Apalagi, materi yang gw buat itu padat dan panjang.

Video berdurasi 30 menit itu harus gw selesaikan dengan 16 halaman saja. Dan, karena waktu yang amat sangat sempit jadi kekurangan selalu ada di mana-mana. Tapi, ketika hari H, di lapangan akhirnya gw baru ngerasain produksi sebuah materi yang ngejadiin semua itu gak hanya pekerjaan seorang penulis atau seorang sutradara.

Kerja sama tim sangat dibutuhkan di sini. Tapi, jujur sebagai penulis naskah dan skrip, gw ngerasa amat sangat kerja hari kemaren. Karena emang pembantaian terhadap karya gw itu yang harus bisa gw pertanggungjawabkan dengan baik.

Banyak masalah yang timbul sepanjang produksi. Hal-hal besar, sampai hal-hal printilan yang kadang kelewat tapi jadi amat vital karena keberadaannya. Tapi, semua harus diminimalisasi dengan akal sehat, tidak gegabah, dan sebijak mungkin.

Ya bayangin aja, kemaren itu hari libur nasional. Jadi, gak semudah itu tentang pengadaan barang. Kaya hal-hal misalnya batere kamera atau yang bersifat alat eksekusi, gak ada yang buka tentang penyewaan. Lagian misalnya minjem ke teman, belom tentu orangnya ada karena sedang liburan panjang.

Selain itu, kru, dan mengatur segitu banyak orang emang harus bisa dilakukan dengan positif dan kepala dingin. Manajemen orang itu emang perlu banget. Gak bisa seenaknya nyuruh atau merintah tanpa adanya maksud positif di baliknya.

Sampai pada akhirnya pas take, gw ngeliat usaha perjuangan seorang sutradar dalam ngegarap materi yang harus diabadikan.

Ya, gw banyak belajar kemaren itu. Karena di antara semua pekerjaan yang butuh toleransi tinggi itu, jadi harus banyak belajar mengenai perjalanan sebuah manajemen yang ternyata rumit banget.

Akhirnya gw bisa menyelesaikan semua proses syuting kemaren dengan baik. Dan, untungnya gak sampe pagi lagi. Akhirnya pun semua materi yang gw bikin bisa dilaksanakan.

Jujur dalam hati senang juga karena karya gw dipakai. Digarap dengan baiknya oleh sutradara, dan ngebikin daftar karya gw yang pernah gw bikin. Apalagi melihat semua antusias orang-orang ketika bekerja di lapangan. Karena gak semuanya bisa keliatan.

Belajar toleransi, belajar membuka diri, belajar mendengarkan orang lain, dan banyak pelajaran yang bisa gw dapeting dalam proses seminggu ini. Sebenarnya gw pengen bisa belajar lebih jauh lagi, tapi apa daya syuting hari ketiga tak membutuhkan skrip. Jadi, kedatangan gw pun gak diperlukan.

Tapi, gw pengen ngucapin makasih banget atas apa yang udah gw dapetin semalem. Entah gw pengen makasih sama siapa, tapi gw mau ngucapin makasih sama semuanya dah!

Gw banyak dapetin pengalaman semalem!

Mudah-mudahan gw banyak bisa menjalani hari-hari gw lebih baik lagi. Memumpuk mimpi, menjalankan kenyataan, dan menyiapkan target di depan gw. Dengan keadaan kemaren yang sangat memberikan gw pembelajaran tentang hidup.

Ternyata, proses itu gak bisa gw kira dan gw atur datengnya. Siapa yang ngira dalam seminggu karya gw dieksekusi dengan begitu cepat dan piawai?

Intinya jangan pernah sombong atau ngerasa gak berguna ketika karya gw gak dipakai. Karena siapa tau, sedetik, sejam, atau sehari berikut tiba-tiba karya gw bisa dipakai. Gak ada yang bisa mengetahui kejadian di depan itu seperti apa.

Maka, bermimpilah.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang