Robot dan Gelas

Robot.

Kata yang gw dapetin dari seorang sahabat yang sedang gelisah karena rutinitas yang membuatnya mati rasa. Gw jadi mikir sendiri, apakah gw pernah atau ngerasa kaya gini dalam sesekali waktu?

Emang kadang rutinitas itu membunuh, dan membuat gw semakin tenggelam dalam apa yang gw kerjakan. Gak pernah terbersit di benak gw untuk menyesali, dan justru gw harus bisa memaknai apakah itu ngebuat gw seneng apa gak.

Kadang rutinitas emang ngebuat diri gw seperti robot. Suatu hal yang dilakukan terus menerus setiap hari itu ngebuat seperti gelas yang sudah penuh dan tak ada ruang lagi untuk hal lain masuk. Ya emang ngerasa seperit itu kerap melanda manusia.

Apalagi selama gw masih jadi pegawai atau makan gaji orang. Yang pasti gw harus masuk kantor setiap hari dan mengerjakan pekerjaan sesuai dengan porsi gw. Yang perlu gw lakukan misalnya gw gak mau ngerasa jadi robot apa dong?

Ya, seperti yang sering gw bilang kalau buatlah hal baru di setiap harinya. Kembangkan semua mimpi dan cita-cita setiap detiknya. Kalau terpikir untuk mencoba hal baru, jangan pernah takut untuk melakukan atau memulainya.

Kadang terkungkung dalam tempurung ngebuat gw jadi gak mau mencoba hal baru. Itu yang membuat banyak orang terbelenggu oleh gelas yang sudah "penuh" dan tak ada ruang lagi untuk hal lain. Seandainya gelas itu diisi lagi, yang ada malah tumpah dan belarakan semua yang sudah diisin.

Gelas.

Lihatlah gelas ketika keadaannya terisi setengah. Apa yang gw liat dengan gelas itu? Setengah kosong atau setengah isi?

Tentu akan banyak sudut pandang dalam ngejawabnya. Misalnya gw jawab setengah kosong, tentu di dalam ruang itu ada sesuatu yang mengisinya. Tapi, misalnya gw bilang setengah isi, tentu ada ruang kosong di dalamnya.

Bagaimana jika robot dan gelas itu diimplementasikan? Menurut gw sih selalu siap dalam melihat segala hal dalam sudut pandang yang banyak. Kalau emang setengah kosong, isilah yang kosong itu dengan hal-hal yang bisa ngebuat gw baik. Dan, misalnya gelas gelas itu setengah isi, biarkan yang bagian yang mengisi itu menjadi hal yang selalu baik untuk dapat diolah.

Hanya penganalogian aja, gw banyak dapet pelajaran. Saran lain gw sih, cobalah banyak memberi. Coba berikan semua hal positif dari gw sendiri ke dunia tempat gw berada. Sekecil apa pun itu, serumit apa pun itu, yang pasti gw tau kalau diri gw telah memberi. Apa pun itu perasaan yang menaungi.

Kadang orang ketika baru ingin memberi aja udah defense. Nah, jangan seperti itu agar gw tau kalau kalau yang gw lakukan itu tentu bertujuan positif untuk orang lain.

Sekarang emang gw sedang ngerasa jauh dengan beberapa sahabat gw. Gak seperti gw yang mudah dan gampang nge-blend kapan pun dan di mana pun. Tapi, perasaan itu gak perlu disesali karena emang gak akan gw memaksakan sebuah keadaan. Gw bisa mencipta atau mengendalikan keadaan, tapi gw gak bisa "memaksa" keadaan itu sesuai dengan yang gw inginkan.

Seandainya robot dan gelas tadi bisa gw selalu hubungkan dalam menjelaskan keadaan gw sekarang, gw mungkin gak bisa melihat semua dengan positif dan menciptakan hal-hal yang bisa ngebuat gw tenggelam.

Robot dan gelas itu sebenernya cuma masalah gimana cara gw mengisi ruang yang ada dalam hidup dengan hal yang gw perlu dan hal yang gak perlu. Kalau gw emang mengharuskan gelas itu penuh, ya gw harus bikin penuh dengan hal-hal yang tentu gw butuh dan perlu. Misalnya gw pengen robot itu berrgerak sesuai dengan yang gw mau pun gw harus selalu bisa ngebuat programming yang baik dalam menggerakkan tubuh robot yang menjelma jadi badan gw.

Renungi aja tulisan gw ini.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang