Kehalalan Hujan Bulan Juni

Wah, saya jadi kepengen nulis di pagi yang dingin ini. Gila aja, gw tidur kemaren belom kenapa-keanapa. Sekarang pagi, gw bangun malah hujan yang rintik dan tak berhenti-berhenti. Apa yang akan terjadi ya?

Kalau pengen positif, ya mungkin di bulan Juni (yang harusnya kemarau) ini menjadi banyak berkah yang akan didapat banyak orang. Entah kenapa gw ngerasanya begitu. Emang rada mistis sih, tapi hujan itu berkah harus bisa dimaknai karena tentu "basah" yang ditimbulkan.

Haram apa halal sih Hujan Bulan Juni ini? Ya tentu gak haram lah, karena emang dunia ini kan bukan manusia yang mengatur. Jadi terlihat kalau batas antara halal dan haram itu sangat tipis. Entah dari masalah hujan doang, atau hal-hal yang sifatnya teknis dalam hidup.

Misalnya emang gw yakini, halal dan haram itu emang batas yang sudah ditentukan oleh Tuhan. Manusia pun hanya bisa menjalankan, tentu sesuai dengan pemahaman masing-masing tentang itu. Misalnya gw jualan dan barang yang gw jual itu gw naikin harganya 3x lipat dari harga pokok, itu haram gak?

Kalau melihatnya dari segi dagang, ya tentu gak ada tuh yang namanya haram dan halal. Mungkin tambah ke sini gw sendiri ngeliat batas antara halal dan haram sendiri sangat tipis adanya. Karena emang tambah ke sini, gw ngerasanya jadi seperti ketutup semua ciri-ciri yang melatarbelakangi.

Tapi, melihat sifat manusia sendiri, gw bisa melihat kalau batas antara halal dan haram itu harus bisa dilihat sebagai dos and don'ts atau sesuatu yang boleh atau tak boleh dilakukan. Tapi, seandainya gw pengen ngelakuin hal yang gak boleh dilakukan, intinya jangan sampe ketahuan.

Ya, biarkanlah yang tau itu diri sendiri. Karena kalau sampe ketauan, itu akan jadi polemik sendiri. Manusia tentu biasanya akan mempermasalahkan sesuatu yang gw lakukan padahal itu tak boleh.

Intinya, kembali ke diri gw sendiri lah. Gimana ngeliat sesuatu yang boleh atau tak boleh gw lakukan. Khususnya di bulan Juni ini. Hujan mungkin ngasih rejeki gw yang banyak. Rejeki dalam artian kalau gw yakin yang gw lakuin ini benar adanya.

Misalnya gw gak ngelakuin sesuatu yang benar, biarkanlah gw sendiri yang mengetahui. Karena kalau diketahui orang lain, yang gw lakukan itu bisa berdampak jelek di orang lain.

Jadi, halal atau haram kalau hujan di bulan yang harusnya bulan kemarau? Manusia cuma bisa memprediksi bukan?

Berkah di Hujan Bulan Juni.

Semangat dan selamat pagi!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang