Ketika Idealisme Dipertanyakan

Perjalanan kadang gak semudah yang gw bayangin. Banyak banget rintangan yang harus bisa gw laluin dengan baik adanya.

Jujur aja, pitching kali ini banyak ngasih gw pelajarang. Bagaimana memahami orang, bertindak dan mengambil keputusan yang cepat, berusaha tak melukai perasaan orang, dan segala hal yang gw ingin buktikan kalau semua itu gak salah.

Banyak orang menganggap kalau hasil itu lebih penting. Emang, gak menyangkal juga kalau gw pasti selalu menginginkan hasil yang baik. Tapi jujur aja, gak semuanya bisa gw capai kalau gak ngelewatin rintangan.

Berantem, marah, bahkan tertawa bahagia melengkapi gw di proses kali ini. Gw banyak belajar tentang segala hal yang bisa ngebuat gw semakin matang. Jangan pernah berdiri di atas egoisme sendiri. Karena pada dasarnya gw tau kok gimana caranya gw memaksimalkan potensi yang ada. Meskipun itu di kondisi terjepit.

Pertarungan dan peperangan kadang baik adanya. Gw bisa banyak mengetahui apa yang boleh dan gak boleh gw lakukan. Intinya gw paksa diri gw untuk tenggelam dalam proses yang rumit. Kadang gak bisa diterjemahin dengan apapun. Yang pasti gw ngerasa banyak manfaat banget sekarang.

Perang demi perang gw lewati. Gw yakin masih banyak peperangan yang akan gw hadapi di depan. Pertarungan melawan diri sendiri pun jauh lebih menantang. Apalagi ketika gw menginjak idealisme gw sendiri.

"Yang penting konsep, copy urusan belakangan!"

Marah gw ke salah satu client service saat memaksa dimasukkan suatu perubahan di dalam materi yang dibikin. Padahal jaman dulu gw ngerasa kalau ngasih sebuah karya itu, apalagi print ad, paling anti gw ngirim dalam keadaan yang gak sempurna.

Tapi, karena kemaren bener-bener keadaan terjepit, gw harus rela menginjak idealisme gw sendiri yang udah sejak lama gw pegang teguh. Ternyata, idealisme itu bisa dikompromikan kok. Yang penting jangan kelewat batas dan menyalahi, karena tentu semua yang dilakukan harus bisa berada dalam satu jalur. Jalur yang gw pahami.

Idelisme, peperangan, dan pembelajaran. Pembelajaran yang sangat berharga dan patut gw kenang. Jadinya gw tulis deh, hehehehe. Siapa tau setahun atau lima tahun mendatang bisa buat jadi bahan refleksi saat gw membaca lagi.

Intinya jangan pernah ngerasa yang dilakukan itu salah. Yang penting gw bisa bertanggung jawab atas semua yang dilakukan.

Ya, tanggung jawab. Peperangan masih terus berlangsung, dan gw harus bisa memaksimalkan diri untuk terus bertanggung jawab.

Terima kasih Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah