Komitmen itu Napas

Wah... wah... udah masuk mau seminggu aja bulan puasa. Gak berasa emang kalau gw ngejalaninnya dengan penuh kerjaan, heheehehe. Emang gak berasa banget kalau berpuasa di saat semua pikiran sama sekali gak mikirin haus atau lapar.

Kenapa harus begitu yah?

Terkadang gw suka aneh juga di saat gw harus berkomitmen sama bulan puasa, tapi terkadang masih banyak yang harus gw lewatkan.

Banyak yang ngebuat memori gw terkenang di saat masuk bulan Ramadhan kali ini. Entah kenapa gw merasa emang kenangan-kenangan yang dahulu tercipta itu ngebangun spirit gw dalam menjalani bulan ini.  Yaa, banyak aja yang gw ingat.

Komitmen emang gak selamanya bisa dipegang. Seperti dua tahun lalu ketika gw masih berada di sebuah kantor di bilangan Pulo Gadung. Banyak hal sih yang bisa gw dapetin, termasuk kenal sama seorang rekan kerja.

Kenapa kok tiba-tiba gw ngomongin komitmen? Ya karena emang perjuangan dan jalan hidup orang gak akan pernah ada yang tau. Rekan kerja yang sempat gw kenal itu emang ngebikin gw mikir, gimana caranya bisa berjuang akan komitmen itu sendiri.

Dia bekerja di kantor cabang Surabaya. Dan, dia sepertinya ingin mengadu nasib di Jakarta. Tapi, apa yang gw dapati sekarang adalah keberadaan dia yang masih saja berada di Surabaya.

Banyak sih orang yang gw bisa mengetahui apa sebenernya yang dia cari. Apalagi ketika dia sudah menemukan hal yang mendasarinya untuk berjuang. Gak mudah sih emang harus melakukan perubahan ke seseuatu yang harus dan gak harus.

Kenapa gw bilang gak harus?

Hal yang paling mendasar adalah ketika gw punya sebuah pilihan untuk tetap menghidupi keluarga, anak dan istri, mungkin itu bisa aja gw gak ngelanjutin perjalanan yang penuh resiko. Apalagi banyak hal yang harus gw pikirin di saat gw sudah berkeluarga. Gak hanya satu perut, melainkan banyak perut.

Satu contoh di atas aja bisa ngebuat komitmen itu sendiri terhapus seperti debu yang beterbangan. Meskipun gw sendiri gak menyadarinya.

Berubah akan sebuah komitmen itu emang sulit banget. Ditambah kemampuan dan ketidakmampuan gw untuk menjawab perubahan gejala hidup. Terkadang gw sendiri harus rela melihat komitmen itu hilang bak debu yang tersapu oleh angin.

Oleh karena itu, komitmen atau enggak harus bisa gw raskaan sebagai napas. Karena gw gak tau kapan napas itu masuk atau keluar dari hidung atau mulut gw. Yang penting gw ngerasain perubahan di dalam setiap detik yang harus gw jalani ini.

Terinspirasi dari seorang sahabat yang dua tahun lalu berkomitmen tiu, gw ngerasa jadi sebuah tantangan jika gw berkomitmen. Apalagi bernazar akan sesuatu hal. Susah tentunya jika harus menganggap kalau itu sebuah tujuan. Karena bisa aja berubah seperti air yang selalu menyesuaikan tempat dia berada.

Gak semuanya bisa gw paksain di dalam menjalani kehidupan ini. Dan jadikan komtimen itu seperti napas.

Napas suci di bulan penuh berkah ini. Untuk sebuah perubahan. Komtimen untuk bernapas.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang