Lebaran Berbeda

Indahnya jika merasakan hari kemenangan di antara semua perbedaan. Meskipun, di antara semua keberagaman selalu menimbulkan pertanyaan.

Gw sih jujur seneng banget bisa berlebaran tahun ini. Padahal gw tau kalau pemerintah memutuskan bahwa hari lebaran adalah keesokan harinya. Tapi, kenapa gw ngerasa sangat antiklimaks ya?

Ya iyalah, di antara semua orang yang sudah sibuk menyiapkan hari kemenangan, di pihak lain malah sibuk mempertanyakan jatuhnya kapan. Kembali lagi sih, kalau gw ngeliatnya yang meributkan itu hanya memikirkan ego kelompok agama yang diikutinya.

Jadi sedih juga sih, hari yang paling ditunggu-tunggu oleh orang seantero jagat nusantara ini jadi kaya bola yang bisa dioper ke sana ke mari. Gw sih gak mau banyak ribut, yang pasti agama itu bersifat individu. Jadi, terserah ke masing-masing yang meyakininya.

Lebaran kali ini emang seperti yang terdahulu. Gw, nyokap, uni, dan adek gw pun merayakan tanpa kehadiran bokap gw. Udah kelima atau keenam kalinya deh bokap gak berada di tengah-tengah keluarga saat hari lebaran. Tapi, karena gw udah menerima sebagai keluarga pelaut, jadinya gw sekeluarga sih udah biasa.

Hari ini sih di rumah nenek gw masih belum banyak saudara berdatangan, tapi gw sangat ngerasa bahagia karena bener-bener berlebaran. Tanpa diganggu tamu, keluarga kecil dari bokap bisa berkumpul bersama dengan baik. Yaa, meski ada sedikit bermasalah yang masih bisa diatasi.

Seharian ngariung, makan, minum, makan lagi, minum lagi, tidur, dan lebaran bener-bener berasa deh. Entah lah, kenapa gw sangat ngerasa bisa berlebaran hari ini.

Masih ada besok, dan lusa yang tentu akan lebih meriah lagi. Gak harus nunggu lebaran sih sebenernya kalau pengen ngerasain indahnya hidup yang gw rasain hari ini. Mohon maaf lahir dan batin ya untuk semua orang. Selamat menikmati indahnya menjelang hari kemenangan.

Kenapa harus nunggu setahun sekali? 
Dan kenapa harus berbeda? :)

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang