Efek Domino

Sebuah hal yang dilakukan berulang-ulang bisa menimbulkan efek domino yang cukup besar.

Sebuah tetesan air aja yang lama menetes sedikit demi sedikit ke atas sebuah batu, bisa membuat batu tersebut terbelah atau hancur. Atau bola yang diputar menggunakan tali, semakin besar jarak mengayun, semakin besar dampak jika bola itu dihempaskan.

Harusnya setiap langkah gw pun bisa menimbulkan hal yang sama. Berbuat yang baik, sedikit demi sedikit. Hingga pada saatnya gw mendapatkan efek yang teramat besar.

Terkesan ngarep gak sih?

Tapi gw yakin multiplier effect itu ada di dalam setiap tindakan. Apalagi gw yang seakan jarang menyadari keberadaan efek tersebut.

Ucapkan aja terima kasih ke semua orang. Padahal banyak orang nganggep terima kasih sebagai sesuatu yang sulit. Bayangin aja kalau gw udah bantu orang, tapi gak diucapin terima kasih.

Sekali ngucapin. Dua kali ngucapin, tiga, empat, limat, sepuluh, seratus, sejuta terima kasih.

Kebayang gak sih misalnya ngucapin terima kasih udah yang kesejuta kali? Gak pernah nyadarin juga sih gw udah berapa kali. Tapi itu contoh kecil aja.

Banyak sebenarnya yang bisa gw dapatkan dari multiplier effect ini. Karena gak banyak juga yang berusaha memahami dan menyadarinya.

Tapi, setidaknya ucapan terima kasih seorang penjaga tol sembari tersenyum aja ngebuat gw seneng banget. Padahal itu memang pekerjaan dia. Tapi di situ terbersit bahwa atas nama Jasa Marga, atau bahkan pemerintah, dia mengucapkan ke gw kalau gw telah membantu "memberi" ke negara ini.

Kebanyakan mikir akan multiplier effect terkadang ngebikin gw sendiri jadi malah melupakannya. "Yaa, jalanin aja lah..." pikiran orang kebanyakan.

Tapi dampak orang ngucapin terima kasih sambil tersenyum aja ngebikin gw seneng, apalagi gw sendiri yang menjadi pelakunya? Kepikiran gak sih kalau gw sendiri butuh multiplier effect itu sendiri.

Orang banyak melupakannya, tapi gw yakin bahwa pepatah "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit" itu benar adanya.

Sayang banyak orang ngelupain. Tapi gak boleh lah gw. Gw harus bisa menyadari efek itu seperti "durian runtuh" kalau gw sendiri mengerti apa konteksnya.

Jangan pernah berharap efek besar itu datang. Tapi percayalah dari hal-hal kecil yang gw lakuin, akan berefek besar bahkan berlipat ganda jika gw....

mengerti konteksnya.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang