Terbalik

Malam ini gw baru aja nganter nyokap dan bokap ke sebuah perhelatan kawinan di Bidakara, bilangan Gatot Subroto. Kawinan sepupu jauh gw juga, Data, yang bekerja di sebuah bank syariah di Jakarta.

Emang ngehe tuh Bidakara. Kawinan boleh prestis, tapi mau masuk dan mau keluar areal kompleknya aja setengah mati macetnya. Ribuan mobil bertumpuk aduk jadi satu sumber kemacetan baru.

Baru aja lepas dari sumber kemacetan, gw mengendarai mobil masuk melalui Jalan Sudirman. Dari lepas macet tadi, ibu dan ayah udah kriyep-kriyep nahan rasa ngantuk. Tapi, emang dasar ngantuk ya langsung aja gw ngeliat mereka berdua tertidur pulas. Ayah di samping gw, ibu di kursi tengah.

Sepanjang perjalanan, diiringi alunan musik yang berganti-ganti di radio, gw jadi kebayang masa gw kecil dulu. Entah kenapa flashback di saat gw masih belum bisa ngapa-ngapain.

Ngapa-ngapain di sini maksudnya adalah gw belum bisa menentukan sikap gw saat gw di dalam mobil. Teringat waktu gw kecil, di saat Ayah nyetir dan ibu di sebelahnya. Gw inget bertiga di kursi belakang bareng uni dan adek gw.

Yaa, yang namanya anak kecil mah bodo amat kalau ngantuk ya pasti tidur. Gw bertiga bareng kakak dan  adek gw pasti berantakan kalau tidur. Kaki jadi kepala atau justru sebaliknya. Yaa, kembali lagi, namanya juga anak kecil.

Waktu tadi gw ngeliat bokap nyokap gw tertidur, kok rasanya sekarang jadi terbalik ya posisinya. Gw nyetir dengan hati-hati, sementara gw gak tega ngeliat pulasnya tidur mereka. Jadi kebayang, kalau dulu bokap nyetir dan ibu mengawasi, sekarang gw nyetir di saat mereka tak kuasa menahan rasa kantuk mereka.

Secepat ini kah "terbalik" yang dimaksudkan Tuhan untuk gw? Justru gw harus menyadari bahwa Ayah dan Ibu pun gak bisa menahan berkurangnya stamina karena bertambahnya umur mereka.

Fungsi dan posisi pun ikut berubah seiring gw yang semakin tua juga. Lambat laun, gw pun harus menyadari kalau gw menjaga Ayah dan Ibu sekarang. Kalau dulu mereka yang menjaga gw, sekarang terbalik gw yang harus menjaga mereka. Meskipun, bentuknya cuma menjaga tidur mereka lelap di mobil di saat gwnya pun nyetir.

Sepanjang jalan tadi gw mikir, apakah ini yang dimaksud hidup yang berputar. Gw ngerasa udah saatnya gw berubah fungsi yang tadinya anak yang dijaga dan dibesarkan, menjadi anak yang menjaga dan merawat Ayah dan Ibu.

Ini baru kejadian yang gak sengaja bikin gw ngeh, belum kejadian-kejadian lain yang membuat gw mikir bahwa semua sudah terbalik antara fungsi dan peran. Gak bisa gw lawan yang namanya terbalik ini. Yang pasti gimana caranya supaya tetap membahagiakan mereka.

Minimal jadi 1 tanda balas budi gw ke Ayah dan Ibu.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang