Rindu

Rasa rindu atau kangen itu jamak terjadi di dalam hidup. Apalagi, di saat ketidakbertemuannya gw terhadap sebuah wujud atau aktivitas yang (mungkin) dulu gw dengan nyaman melakukannya.

Misalnya rindu kepada bokap yang sampe detik ini masih berlayar. Tetnu gw gak bisa bayangin apa yang dirasain sama nyokap atas kurun waktu hidupnya harus merasakan kerinduan terhadap bokap.

Atau gak misalnya punya orangtua yang hidup di luar daerah dan cuma bisa pulang setahun sekali dan itu juga di saat mudik lebaran. Tentu begitu besarnya perasaan rindu yang terbentuk.

Contoh lain, adalah kerinduan kekasih atau pasangan hidup yang selama ini menjadi tempat berbagi untuk suka maupun duka. Tentu keresahan banyak kejadian di saat seperti ini.

Nyadar gak sih misalnya lagi rindu atau kangen itu bahkan hal yang gak pernah gw lakuin, bisa gw lakuin. Hal-hal yang di luar batas kewajaran pun bisa tercetus gitu aja, spontan tanpa kompromi terlebih dahulu.

Misalnya harus nyiasatin, bener gak gw harus ngelakuin hal-hal yang selama ini gak pernah gw lakuin?

Kalau kaya gw mungkin bisa aja gw tenggelamkan diri gw ke dalam pekerjaan dan rutinitas yang gw lakukan. Tapi, gimana profesi lain? Atau sosok individu lain yang berbeda dengan gw?

Nyoba membenamkan dulu apa yang dirasain mungkin benar. Tapi, ada baiknya gw sendiri bisa memberikan perhatian lain ke dalam kehidupan gw. Perhatian lain itu apa?

Gak harus selamanya gw bisa rindu dengan apa yang gw selalu dapatkan dulu. Gak bisa gw seegois itu.

Seorang sahabat dulu mendapati dirinya selalu pergi dan pulang dengan pasangan cintanya. Gak pernah meleset sedikit pun meski diwarnai dengan berbagai polemik.

Lalu, dia diharuskan ditinggal dalam kurun waktu yang lama karena pasangannya itu harus melanjutkan studi ke negeri seberang. Apakah pergi dan pulang bareng itu jadi begitu dirindukannya?

Gw rasa dengan menambahkan sedikit rasa ikhlas, gw pun bisa ngerelain meski harus mengubah keseharian itu menjadi hal yang langka. Akan jarang atau bahkan gak akan pernah gw lakukan lagi.

Kehilangan rutinitas atau sesuatu yang seru mungkin bisa menimbulkan rasa kangen. Gak harus orang, sesuatu yang asyik aja bisa gw rindukan.

Rasa yang ditimbulkan emang begitu jahat. Di saat gw rindu, di saat yang bersamaan pun gw gak ngedapetin hal tersebut.

Bahkan di saat gw mendapati semuanya berjalan ke sesuatu yang baru. Semua aktivitas yang dulu gw dapati dan gw jalani gak sesuai atau gak sama lagi, haruskah gw menyesal dan meratapi?

Bisa Tuhan, orangtua, pekerjaan, pacar, suami/istri, buku, anjing, kucing, dan jutaan hal yang ternyata bisa gw dan orang rindukan. Bayangin aja, lihat ke atas, dan tanya sama diri gw sendiri.

Apa sih yang sedang gw rindukan sekarang?

Rindu itu seperti orang berciuman. Saat saling menyentuhkan bibir, akan terasa apa yang selama ini gw inginkan akhirnya gw dapatkan. Meski hanya sekejap mata. Gak mungkin juga dua pasang anak manusia berciuman sepanjang hidupnya.

Gw yakin bahwa rasa rindu itu adil, karena setiap manusia di muka bumi ini tentu akan ngerasain. Rasa kangen itu indah, karena gw diajarkan bagaimana caranya ikhlas.

Gak selamanya rasa rindu itu enak, dan gak selamanya rasa kangen itu ngebikin jadi sedih alias nyusruk. Karena gw yakin apa yang gw rasain gak sepenuhnya bener.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang