Zippo's Value

Dari kemaren gw sempet beberapa kali ngobrol entah sama siapa, gw lupa, tapi gw kerap kali denger kata yang sekarang ini sedang tenar, Pencitraan.

Terus dari sebuah aplikasi baru bernama Path yang lagi booming banget sekarang, orang semakin punya media untuk menyelaraskan hidupnya dengan pencitraan. Gak berasa gw ngelakuinnya juga.

Orang sedang makan di mana, sama siapa, kenapa, dan semua hal bisa terjadi misalnya dia ingin dilihat keberadaan. Eksistensi yang pengen "diakui" itu tersalurkan melalui media-media canggih.

Sampai hal simple yang tadi tercetus di saat gw sedang ngumpul bareng temen-temen. "Eh, circle K di mana ya? Wah, emang kenapa? Gw pengen nyari isi korek Zippo." Setelah itu, gw bilang aja "maklum Zippo, pencitraan."

Di saat itu lah gw sontak sempet diem dan mikir kalau bahkan pencitraan bisa dilakukan dari korek api penyulut rokok. Gw juga bingung kenapa orang bisa menggunakan korek bermerek Zippo itu sendiri.

Tujuan gw mah jujur aja, make Zippo adalah sekaligus positioning terhadap gw dan komunitas gw yang perokok. Tapi, di satu sisi mah sebenernya gak penting-penting amat ngerokok pake Zippo. Wong, korek sama rokoknya mahalan koreknya.

Apakah itu yang disebut pencitraan?

Omongan dalam hati gw ini ngebawa gw flashback ke jaman kuliah di kampus. Masa saat gw ngerasa semua itu gak penting.

Gw pernah dua kali manjangin rambut serta jenggot. Gak cuma jenggot, tapi brewok yang emang gw miliki hampir sepertiga wajah gw. Pokoknya kaya teroris abis dah. Rambut yang aut-autan itu memenuhi muka gw yang sampai gw pun harus tahan karenanya.

Tujuan gw apa waktu itu? Yaa, cuma sekedar cari sensasi aja sih. Sisanya gak ada pretensi apa-apa waktu gw manjangin hampir setahun lamanya itu.

Omongan orang pun gw indahkan. Gak gw dengerin, hehehehe. Nyokap gw suruh motong aja gw gak mau. Bahkan gw ngerasa jadi kaya kingkong beneran.

Sekarang? Bisa kah gw ngelakuin kelakuan aneh gw itu lagi?

Balik lagi ngomongin pencitraan. Gw rasa sih gak akan mungkin gw ngulangin kejadian brewokan gw lagi itu. Karena banyak benturan khususnya masalah pencitraan itu sendiri.

Gw bukannya orang yang gak pedulian. Bisa aja gw gondrongin rambut dan brewok kapan aja, tapi itu kan ngejadiin pencitraan gw di mata orang lain.

Kenapa orang pergi makan di Union? Atau di tempat-tempat mewah lainnya yang kalau dipikir mah gak bakal keuber harganya. Tapi, dalam kenyataannya emang topeng atau pencitraan jadi salah satu kendaraan baru.

Gak usah gw, orang-orang yang kadang ngedepanin pencitraan dibanding pendapatan per bulannya aja bisa tetap hidup kok. Dengan berjibaku dalam mempertahankan semua objective dia dalam ngejalanin itu semua.

Kadang pencitraan ngebawa itu semua ke hal yang ngejerumusin. Tapi, di satu sisi makin ke sini gw rasa pencitraan itu sendiri jadi penting adanya.

Gak mungkin juga gw urakan dan aneh-aneh make baju kalau ke kantor. Dandanan seruntulan, brewokan, atau bahkan gak mandi, hahahhaha.

Intinya sih dari momen korek Zippo tadi ngebawa penekanan ke gw kalau apa yang gw kenakan atau pakai, itulah yang dilihat dan dinilai oleh orang tentang gw.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang