Kejepit Pintu

Mendapati keadaan yang kadang gak sesuai sama yang gw pengen kadang sering banget terjadi. Entah gwnya emang nasib, apa emang kejadiannya kudu, harus, mesti, wajib begitu. Bukan berarti gw ngeluh lho yah, namanya juga manusia kan. Harus punya kesempatan mengapresiasi dirinya atau yang sedang dihadapi.

Kalau jaman dulu, ketika angkutan umum masih sangat jarang, gw pun enak menaikinya. Misalnya naik bus gak penuh-penuh banget, naik taksi gampang dapetnya, atau bahkan naik kereta yang masih satu jalur pun gak bikin gw terlambat ngapa-ngapain.

Tapi konyol sih kalau gw nganggep apa yang terjadi sama gw saat itu bisa gw samain sama keadaan sekarang. Buktinya, jumlah penduduk yang makin banyak, jumlah kendaraan yang gak kekontrol, atau bahkan emang manusia di sekeliling gw semakin banyak.

Di situ lah kenapa gw ngerasa penting banget menjorookan diri sendiri di keadaan terjepit. Karena mau gak mau, kalau dalam keadaan kejepit, apa juga keluar kan? 

Kreativitas pun berfungsi dengan baik kalau gw bisa mengontrol emosi dan perasaan. Bahkan, yang kerjaannya bukan jadi anak kreatif pun bisa berkreasi untuk sekedar bertahan hidup.

Jaman dulu pengamen sedikit, karena jumlah metro mini pun sedikit. Armada pun meledak pertumbuhannya. Gak berarti kesempatan dapet duit dari bernyanyi bisa semakin besar. Wong, jumlah pengamen saingannya aja ikut tak terbendung.

Yaaaa, keadaan terjepit itu emang jadinya menyenangkan banget kalau gw sendiri punya trik untuk menyiasatinya. Sesuatu gak tercapai juga bukan berarti gw gagal, tapi karena emang gw belom beruntung.

Kalau gw tau gw udah berusaha sekuat tenaga dan masih gak dapet juga, berarti emang kesempatan harus dibelokkan ke arah yang berbeda. Percuma deh meratapi.

Di dalam keadaan terjepit yang diperlukan adalah kemampuan ngendaliin diri sampai titik terendah. Ikhlas harus jadi kunci terbaik. Karena kalau gak ikhlas, percuma juga gw ngejalanin atau berusaha untuk sesuatu.

Termauk juga perasaan. Emang ada yang bisa ngendaliin perasaan?

Kadang logika aja gak bisa jadi pisau bedah atau sahabat terbaik bukan?

Terjepit perasaan itu emang gak enak rasanya. Ibarat terjepit sesuatu yang gak nyata, tapi gw sendiri tau kalau gw gak bisa lepas.

Berusaha positif pun seperti jadi hal paling kreatif yang bisa gw lakukan. Karena sebenarnya benturan saat terjepit gini ya cuma positif yang bisa dilakukan.

Tapi apa?

Gw nyaman kan menjalaninya?

Misalnya seorang tentara harus menembakkan senapan, dia tau target apa yang dituju. Intinya jangan sampai timah panas itu mendarat di diri sendiri.

Karena panas cuy, sakit lagi. :)

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah