Kakak Troy Udah Besar

Ketika ngeliat sosok ponakan gw yang baru aja bermalam di rumah gw tanpa ada mamanya, gw jadi ngerasa bahwa semua manusia di dunia ini ternyata punya angan-angan.

Troy Kaauda Wardhana, seorang pria kecil yang baru aja menginjakkan kaki di taman kanak-kanak. Di umur yang 4 tahun ini dia bener-bener baru ngerasa jadi manusia lho kalau menurut gw.

Dia pun lambat laun beranjak dewasa dan makin punya pikiran dan perasaan yang luar biasa hebat. Takut dan keputusan untuk melangkah jadi sangat amat mempengaruhi fungsinya sebagai manusia.

Kemaren gw sama nyokap iseng aja ngajak buka bersama di rumah Paman gw di Depok dengan ngajak dia. Mamanya sibuk nyangkul alias bikin kue kejar setoran menjelang lebaran.

Pulangnya Troy pun nginep di rumah gw dan cuma ada gw dan nyokap. Mau gak mau suka gak suka pun dia ikut dan tidur di rumah.

Sepanjang nginep, mulai dari ikut bangun sahur, sampe main game seharian pun dia lakonin. Gak ada capeknya dah tuh dia main game.

Tapi ada kejadian lucu yang membekas hari ini. Jadi tadi dia tidur siang dengan dikelonin sama nyokap, sampe pada akhirnya dia dan nyokap tertidur.

Gw pun santai dan ikutan menjalani ibadah tidur juga. Eh, pas gw bangun ternyata nyokap dan Troy belom kebangun.

Sampai akhirnya sontak ujan, dia kebangun ke luar kamar dan menangis. "Pablo manaaaa," kata dia sambil terisak.

Gwnya lagi dari belakang dan langsung meluk dia yang lagi nangis. Lucunya gw kok ngerasa sangat bersalah ninggalin dia barang sedetik aja.

Ternyata dia udah mulai memiliki perasaan. Gak hanya pikiran yang berbicara, tapi perasaan pun ngebawa dia menangis karena kehilangan gw di dekatnya.

Gak nyangka gw bisa ngalamin momen kaya tadi. Kakak Troy yang gw kenal dari bayi ternyata udah makin besar dan makin dewasa.

Dia udah bisa bermain dengan perasaan yang emang Allah berikan sebagai manusia. Kakak Troy udah besar yah sekarang.

Dia udah mulai mengerti bahwa di saat orang yang harusnya bertanggung jawab atas dia, yaitu gw, gak ada dan dia langsung menunjukkan perasaannya dengan menangis. Padahal gw nganggepnya kan gwnya gak ke mana-mana. Tapi, tentu dia gak mikir gitu. Di saat mamanya gak ada, harusnya Pablonya lah yang bertanggung jawab atas dia.

Gw jadi mikir bahwa Troy adalah refleksi manusia yang emang sebenar-benarnya. Perasaan dan pikiran dia emang belom stabil, tapi gw ngeliat bahwa dia sudah bisa nunjukkin keduanya dalam kemasan yang gak di umurnya.

Semua manusia pada umumnya pun bisa ngelakuin yang dilakuin Troy. Mulai dari menangis, bahkan tertawa bahagia.

Walau kakak Troy belum kenal dengan yang namanya puasa, tapi gw yakin dia mengerti apa yang sedang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Soalnya dia nemenin gw dan nyokap sahur dengan ikut makan dahur.

Pokoke Pablo sayang banget dah sama kakak Troy. Dan, gak kerasa Kakak Troy udah besar sekarang.

Semua orang punya perasaan dan semua orang punya keinginan. Begitu pun aku dan Troy.

Ingin punya masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang