Bertanggung Jawablah Atas Apa yang Diperbuat

Buaaaaaahhhhhhh, gokil dah hari ini capeknya. Masalahnye, bukan apa-apa masbro. Sekarang waktu menunjukkan telah subuh hari.

Gila aje dah emang nonton bola gak ada matinya. Atmosfernya tuh gila-gilaan dan gak karu-karuan. Apalagi isinya batangan semua, ceweknya cuma beberapa lembar doang, hehehehe.

Maksud hati tadi mau sedikit nge-note apa yang ada di kepala gw hari ini. Tapi, secara pertandingannya seru banget, jadi batal! Hahahahaha.

Yang penting puas dan ngeliat Real Madrid memenangi pertandingan dengan skor telak 4-1.

Gw sampai Citos jam 22.00 aja. Tapi ngeliat parkiran udah penuh alaium gambreng. Nyampe depan Starbucks, kudu beli makanan 1 dan minuman 1 untuk dapet kesempatan duduk. Ada yang lebih gila lagi sih, minimal bill harus Rp 2 juta. Buseeeettttt, loe kira piala dunia akherat, hahaha.

Teringat tadi sebelum berangkat pergi, gw harus menjemput uni dan 2 keponakan gw yang lucu-lucu itu. Sampai akhirnya gw lupa kalau gw tuh belom makan. Alhasil beli nasi goreng depan komplek.

Setelah makan gw udah mau cabs aja tuh, tapi ditahan-tahan sama emak gw karena masih ngobrol sama kakak dan adek gw.

Yang gw inget adalah cerita ibu yang baru aja pengajian SMA 6 di salah satu rumah temannya di Radio Dalam. Kata ibu, "Gadis-gadis berumur 60 tahun lagi berkumpul nih."

Banyak cerita yang gw dengerin sambil makan, dan gw ada yang ngena di telinga gw. Cerita itu tentang si ustajah yang menyambangi panti jompo di sebuah wilayah di Jakarta. Sumpah gw lupa daerahnya di mana.

Si ustajah ini disambut dengan riang gembira para penghuni panti jompo yang tinggal di sana. Awalnya, si ustajah ditawari teh hangat oleh salah satu penghuni. Karena gak bisa nolak, yaudah dia duduk dan minum teh hangatnya.

Maksudnya kan cuma sebentar, tapi gak lama penghuni lain datang menawari segelas susu cokelat hangat. Karena si ustajah gak bisa nolak lagi, jadinya dia duduk kembali dan meminum susu itu.

Setelah dia ingin pergi, gak lama makin banyak yang nawari biskuit, roti oles selai stroberi, dan macem-macem. Alhasil si uztajah itu pulang dengan kekenyangan dan perut kepenuhan.

Intinya sih kata ibu, semua orang ingin mendapatkan kasih sayang dari orang lain. Apalagi di umur yang melewati kepala 7, biasanya mulai kembali ke siklus mereka menjadi sosok anak kecil yang ingin diperhatikan.

Apalagi mereka yang berada di panti jompo itu. Macem-macem deh ceritanya. Ada yang emang tinggal sebatang kara karena suami dan anak-anaknya sudah meninggal, ada yang dibuang sama anaknya di pinggir jalan dan sudah 10 tahunan anaknya gak ada kabar, pokoknya macem-macem deh.

Kesepian.

Tentu itu yang ada di kepala kakek dan nenek yang berada di panti jompo. Selain kaya "terbuang," mereka pun bingung mau mengemis kasih sayang ke siapa dan ke mana lagi.

Jadi saat orang baru datang, apalagi ustajah itu datang dengan maksud berdakwah, jadinya mereka seperti kedatangan orang yang tentu akan menyayangi mereka.

Nolak itu untuk hal yang membahayakan tentunya. Tapi, jangan pernah menolak kasih sayang. Tapi, harus bisa jaga diri juga.

Gw sih ngeliatnya sebuah kasih sayang itu adalah cuma soal tanggung jawab. Karena gw hadir di dunia pun gak serta merta melalui proses dilepeh gitu aja sama ibu, tapi tentu melalui proses hidup dan mati seorang perempuan dalam melahirkan.

Gw sih enak cowok gak ngerasain. Tapi kakak dan adek gw tentu udah ngerasain perjuangan melahirkan sebuah kasih sayang ke dunia.

Jadi kepikir gimana nanti di saat gw udah punya istri, udah punya anak. Di saat gw harus menghidupi istri dan membesarkan anak gw, ada dua orang (Alhamdulillah ayah dan ibuku masih ada) yang harus gw bagi kasih sayang tersebut.

Karena gw laki, jadi tentu gw jadi tumpuan gimana dan ke mana arahnya. Tapi, pada dasarnya sama aja kok. Karena itu tanggung jawab semuanya. Kakak dan adek gw pun harus ikut bertanggung jawab.

Kemaren ada berita yang membahagiakan dan mengharukan. Dua adeknya bokap, yang selama ini bersitegang dan gak mau bersapaan, akhirnya harus bertemu dalam sebuah situasi. Setelah nenek gw ingin dipulangkan setelah dirawat sama adeknya bokap yang bontot, adeknya bokap yang perempuan  meminta dipulangkan.

Singkat cerita, di saat nenek gw, yang sudah mengalami kemunduran, ingin turun dari mobil, tante gw memeluk adeknya itu yang selama ini gak dia sapa. Pokoknya akhirnya tante dan om gw itu berdamai karena kasih sayang yang sebenarnya gak akan pernah hilang. Khususnya di antara mereka sebagai kakak dan adik, selebihnya kasih sayang ke ibu mereka.

Bertanggung jawab.

Intinya bertanggung jawab aja. Gak mungkin gw bisa sadar di dunia di saat gw nyaris mati di saat kelas 5 SD itu kalau bukan kasih sayang dari ayah, ibu, dan orang-orang di sekitar gw.

Kemungkinan hidup yang hanya 3% aja bisa berbalik ke sebuah mukjizat dengan hadirnya gw di dunia. Dan, hampir 28 tahun gw hidup penuh dengan kasih sayang. Berawal dari dua buah batu giok yang diputer-puter di tangan kiri untuk membangkitkan syaraf tubuh kiri yang lumpuh, berjalan mengenakan tongkat lumpuh, belajar jalan pake alat yang seperti jemuran handuk, dipanaskan dengan cahaya ultraviolet setiap pagi dan sore di saat fisioterapi, dan semua hal yang akhirnya gw ngerasa nol ketika dikembalikan ke sudah berapa besar gw memberi. Khususnya kasih sayang.

Ujiannya tentu di saat umur gw bertambah. Masuk kepala 3, kepala 4, kepala 5, dan seterusnya. Di saat ada istri, anak gw udah makin gede, sementara uban dan keriput itu tak akan pernah bisa hilang dari ayah dan ibu. Sejauh mana gw bisa bertanggung jawab atas kasih sayang yang pernah orang lain berikan dengan jujur dan ikhlas menjadi sebuah cerita manis sampai akhirnya punya ending yang membahagiakan.

Jangan mengkhianati.

Jangan hanya tergoda materi, godaan, atau nafsu belaka, jadinya gw malah gak berani bertanggung jawab atas apa yang pernah gw rasakan. Pengen nangis sih kalau ngedenger cerita panti jompo itu. Karena gw ngebayangin diri gw sendiri jadinya.

Sendiri, di saat gw tua nanti dan keluarga gw gak ada yang mau ngerawat gw. Anjrit, pol banget kayanya sedihnya. Cuma bisa meratapi, tanpa bisa ngapa-ngapain. Selebihnya, tinggal nunggu antrean siapa yang dipanggil duluan aja.

Gila ye, subuh-subuh aje masih bisa nulis kaya aer tumpah. Belom tidur ini. Masalahnya pembahasannya menarik dan sayang untuk dilewatkan, hehehe.

Intinya apa tentang kasih sayang?

Berbuat dan bertanggung jawab.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah