I Love You Papua

Sesampainya gw di kantor pagi tadi, mulailah rutinitas dengan cek-cek email yang masuk seperti biasanya. Berusaha memaksimal mungkin gak ada yang kelewat.

Setelah ngecek email, gw mendapati berita kok yang bikin gw sedih yah. Tentang bentrok di Surabaya apa Malang gitu yang memicu keresahan untuk saudara-saudara gw di Papua dan Papua Barat.

Gw gak mau komen masalah bentroknya, gw pun gak mau ngebahas apa yang terjadi di dalamnya. Karena gw gak tau detil. Gw berangkat cuma ngeluarin unek-unek yang selebihnya gw yakin ada pihak yang kompeten dan bertanggung-jawab atas yang terjadi.

Tapi, gw ngerasanya kok makin ke sini negara gw ini sering kali dihadapkan dengan usaha-usaha perpecahan yang dipicu oleh isu rasial atau agama. Apakah ini sebuah agenda besar yang diinginkan oleh pihak yang lebih besar untuk semakin bentur-benturin negeri ini.

Entah gimana nganggepinnya, yang pasti gw cuma kepengen supaya semua orang gak kepancing atas kejadian apapun. Pada dasarnya gw yakin siapa yang seneng kalau gw dan saudara sebangsa ini terpecah belah.

Yang pasti atas kejadian perpecahan belakangan ini, gw turut sedih dan gak suka yang namanya adu-domba kaya ikan cupang. Adu domba apa adu cupang nih jadinya? Hehehehe.

Gw berangkat dari kampus yang beragam, sastra. Gw temen padang ada, cina ada, batak banyak, jawa apalagi. Jadi gw udah terbiasa banget sama yang namanya keberagaman.

Meski banyak konfliknya, tapi beragam itu indah dan keren kok. Karena bukan berusaha nyari kesamaan, tapi ngejadiin perbedaan itu jadi sesuati yang explosive dan bisa mengguncang dunia. Dunia dalam berita, hehehhe. Njir, jadul banget gw.

Kalau di Arab, mereka gak bisa diadu dengan omongan, hoax, atau fitnah. Tapi, kalau ngungkapin gak suka atau amarah pake rudal, tank, atau senjata kimia pemusnah massal. Karena apa? Di tanah mereka ada minyak. Dan, di sana panas. Sehingga gak ada kesempatan dialog.

Kalau di Indonesia, negara kaya yang berusaha direnggut oleh semua negara, diadu kaya apa juga gak bakal pecah. Karena Indonesia orangnya woles cuy. Suasana alam mendukung untuk, "ngapain sih loe marah-marah, ngopi dulu yuk."

Semudah itu aja sih orang Indonesia. Bukannya nganggep murah atau bodoh, tapi gw yakin di antara semua perpecahan ada yang bisa diselesaikan dengan ngopi ngerokok di tengah warung sambil maen kartu.

Gw nitip salam buat temen-temen, saudara-saudara di Papua. Ayolah, jangan kepancing. Gw tau dan yakin semua bisa diselesaikan dengan sesloki vodka, hahaha. Damailah Indonesia, damai di bumi dan damai di langit.

Geram aja gw sama orang-orang yang berusaha ngadu-domba. Gw sumpahin kuburannya sempit, hahaha.

Goks yeh, gw nulis masalah kebangsaan gini kayanya gak pantes. Karena gw orangnya humoris dan gitaris, hahahhaa. Tapi, emang masalah ini nyetil gw banget dan gw berusaha memandang dari perspektif gw.

Gw belom pernah ke Papua, tapi gw yakin kita orang basodara. Mudah-mudahan dikasih kesempatan untuk ke sana sebelum mati.

Sekali lagi ini pendapat gw yah. Jangan digeneralisir. Bisa aja benar dan bisa aja salah. Kalau bener bagus, kalau gak awas, hehehe.

Nulis masalah kebangsaan gini berapi-api gw jadinya. Akhirnya kepulangan gw ke rumah bisa berhasil dengan selamet.

Selasa yang menarik. I love you Papua.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang