Kaget! Ketilang Polisi Sebelum Idul Adha

Sore tadi gw nyari risol di sekitaran komplek. Sembari nemenin nyokap yang urusan sama mesjid masalah kurban. Maklum, nyokap termasuk eksis juga di sekitaran majelis taklim komplek.

Anjay! Semua kosong cuy!

Di indomaret biasa gw beli risol atau gorengan gak ada yang jualan. Mungkin karena besok Idul Adha, jadi sekarang adalah malem takbirannya. Kang martabak gak ada juga, jadi pulang dengan tangan hampa.

Sementara tukang jualan kambing sama sapi masih bertebaran di sekitaran komplek. Bocah-bocah pada nongkrongin di sana. Ngasih makan sekalian ngegodain hewan kurban sebelum masa eksekusi besok.

Gema  takbir sudah berkumandang di sekitaran langit komplek. Masuk suasana senja temaram, diikuti kumandang Allahu Akbar.

Jadi teringat cerita dulu gw pernah dapet amanah untuk nganter 8 kambing ke beberapa alamat atas perintah om gw, adeknya nyokap. Dimulai dari gw yang nginep dulu di rumah om gw itu.

Ternyata ketika pagi hari H-1 Idul Adha gw mendapati harus bawa mobil bak tanpa hidung, serta dengan manual transmission. Halah, gaya banget ngomongnya. Gw berangkat lah pagi-pagi bareng sepupu gw sama yang ngurusin kambing-kambing itu.

Dimulai dengan antaran pertamax, keduax, dan berikutnya. Gw lupa urutannya tapi yang pasti jauh-jauh. Ada yang Kelapa Gading sampe Bintaro.

Setiap antaran berjalan lancar. Karena gwnya juga gak tau apa-apa mengenai yang mesen atau penerimanya. Gw cuma dapet order untuk nganter.

Singkat cerita mobil diharuskan melewati jalan Gatot Soebroto Semanggi dan harus masuk ke Jalan Sudirman. Waktu itu gak kaya sekarang udah gak ada jalur lambat jalur cepat. Dulu masih ada dan ketika gw nyetir masuk lah mobil pikap di jalur cepat yang saat itu juga langsung diberhentiin sama pak polisi.

"Selamat sore pak! Bapak tau kesalahan bapak apa?"

Pertanyaan standar polisi kalau menilang pengendara.

Gw terjepit dong, dan bingung mau ngeles apaan. Karena posisi gw di luar mobil gw berpikir sangat keras untuk masalah segera selesai.

Gw mikir, gw ngeliat-ngeliat. Dalam waktu cepat gw liat plat mobil bak yang gw bawa itu di bagian plat nomor memiliki huruf F. Aha!

Langsung lah gw akting.

"Pak, kami dari luar daerah. Saya dari Bogor sedang diberi tugas untuk mengantar kambing."

Ya gak bakal bohong juga karena suara mbek si kambingnya juga gak bisa silent. Pasti kedengeran.

"Kalau bapak menghalangi kami mengantar amanah ini, mungkin bapak nanti berdosa."

Gambling tuh padahal. Karena SIM gw waktu itu masih Lebak Bulus. Dan, mati gw kalau pak polisi minta SIM.

"Ohh orang Bogor, jadi gak tau ya kalau mobil bak gak boleh masuk jalur cepat."

"Iya pak..."

"Yaudah mungkin kalian lagi buru-buru, kali ini peringatan saja yah. Besok-besok jangan dilanggar. Silakan masuk jalur lambat."

Dengan muka melas gw dan rombongan kambing take a bow dan berterima kasih kepada pak Polisi karena gak jadi ditilang. Kambingnya ikutan ngambil posisi salute kepada pak polisi.

Pesan moral dari pengalaman gw di atas adalah, Kalau kejepit, apa aja bisa jadi jalan keluar, hehehehe. Tapi gw berterima kasih kepada bapak polisi saat itu yang tak jadi menilang karena kalau gak mah runyam. Kambing belom kelar dianter, udah berurusan dengan sidang-sidangan SIM.

Ya begitulah cerita yang mungkin gak akan pernah gw lupakan. Dilepasin tilang karena nganter kambing saat Idul Adha. Ceritanya simpel tapi ngena banget di gw.

BTW, selamat Idul Adha untuk seluruh yang merayakan. Besok jangan lupa potong sapi potong kambing. Untuk yang saudaranya lagi menunaikan ibadah Haji, semoga pulang dan mabrur.

Besok jangan kebayakan makan daging yaaa. Awas kolesterol melanda, hehehe. Selamat lebaran Haji!

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang