Mengimbau Mempelai Wanita

Pagi ini alhamdulillah bisa bangun siang dan menikmati istirahat di akhir pekan. Gw kebetulan cuma berdua doang sama bokap di rumah. Karena nyokap dan adek gw sekeluarga nginep di rumah tante gw.

Selesai mandi dan siap-siap akhirnya gw berangkat pergi menuju rumah tante gw itu di bona indah. Gak kaku-kaku amat karena rumah ini adalah rumah kakek-nenek gw sebelumnya. Jadi tetep berasa rumah gw karena gw tumbuh besar di rumah itu juga.

Asli lewat Cirendeu itu macetnya ya ampun bando. Gw padahal udah mencoba menghindari Ciputat Raya karena gw tau bakal macet banget. Malah kehadang macet parah.

Berhubung gw udah muak nyetir, jadinya gw gak betah banget ngeliat jalanan gak bergerak dan bakar bensin rame-rame di jalan. Tapi, karena gak ada cara lain ke daerah Lebak Bulus, akhirnya pun gw nyetir juga akhirnya.

Sampe di rumah tante gw udah rame banget mobil. Jalanan komplek kaya gak muat nampung mobil-mobil yang dateng. Tapi, gw akhirnya parkir agak menjau dari rumah.

Pas masuk, udah rame banget. Rame orang terutama urang gaek alias orang-orang tua yang sedang berkumpul. Maklum setelah kawinan kemaren saudara gw, ada momen "Maimbau Nakdaro," alias menghimbau mempelai perempuan.

Di keluarga Minangkabau khususnya kampung gw itu jika seorang wanita menikah dengan laki-laki berasal dari kampung yang sama, Kotogadang, itu ada momen kaya gini. Jadi menghimbau mempelai perempuan untuk apa aja yang perlu dibilangin.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman orang tua yang lebih dulu, jadi dikasih tau lah petuah-petuah untuk melangkah lebih jauh. Momen ini biasanya dilakukan setelah proses pernikahan. Dan, ini lebih dititikberatkan ke wanitanya.

Gw sih gak ikut-ikutan amat karena ini lebih ke acara perempuan-perempuan. Ya biasa lah, namanya keturunan Minangkabau itu perempuan punya posisi lebih dominan dari urusan kehidupan.

Maklumlah yang dituakan, Tuo Kubis, masih sehat walafiat. Tuo Kubis itu adik dari kakek gw dari nyokap. Jadi, keberadaan sesepuh seperti beliau masih diperlukan.

Akhirnya pada pamitan kan. Ya tau lah, kalau orang Minangkabau itu dari ngomong pamit mau pulang sampe pulang beneran membutuhkan waktu setengah jam atau bahkan sejam, hahahaha. Ada aja NB yang gak selesai-selesai dari ngobrol. Intinya orang Minang itu doyan ngumpul! Hahahaha.

Fiuuhhhh, capek juga hari ini. Menyelesaikan Sabtu menarik ini dengan baik. Daaannnn, akhirnya pas pulang lewat Ciputat Raya, masya Allah macetnya. Parah separah-parahnya macetnya. Hiks.

Tapi sudah selesai dan mari beristirahat. Malem ini ponakan nginep dan membajak kamar gw. Mungkin besok mau bikin video. Tapi gak jelas mau bikin video apa. Paling video nyampah-nyampah aje, hehehehe.

Konbanwa!

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang