Jepang Berujung Cipularang

Bangun pagi-pagi, ngeliat matahari udah terbit di ufuk timur, dan berbagai hal yang menjadi rutinitas setiap pagi dalam sebuah keharusan.

Mandi pun jadi polemik juga di rumah. Harus gantian sama adik gw, kadang ipar gw, kadang ponakan gw. Tapi, gw harus memastikan kalau jatah jam gw mandi itu gak bisa diganggu-gugat.

Belakangan emang Gojek dan Grab pada bakar duit. Nyediain tarif ojek daring yang begitu murah. Bahkan bisa cuman seribu perak dari titik A dan titik B. Hal ini terkadang nyenengin tapi terkadang nyebelin misalnya kuota diskon hariannya abis.

Berangkatlah gw naik angkot legendaris yaitu D.06 jurusan Ciputat-Jombang. Gw buka pintu depannya. Karena badan yang makin aduhai ini, duduk di depan aja kaya duduk berdua. Padahal gw cuma sendiri, hahahahaha.

Seandainya angkot bisa nembus kemacetan yang ada di depan, mungkin ojek daring gak akan laku. Tapi, seandainya ojek daring bisa cepet tikungan 200 km/jam kaya Palentino Rosi, akan porak-poranda badan gw.

Seiring berangkat ke kantor, sampelah gw di Stasiun Kebayoran. Stasiun yang kebetulan adanya di Kebayoran, hehehe. Tapi, hari ini terasa berbeda. Karena jamnya sama, tapi gw sampe kantor telat, agak telat.

Alhamdulillah, gw udah berusaha gak telat nyampe ke kantor dan udah berjalan setahun lebih. Karena yang selalu gw gaung-gaungkan di tulisan sebelumnya, yaitu taatilah peraturan secemen apapun itu.

Titik baliknya adalah ketika gw pulang dari Jepang setahun lalu. Gw kok ngerasa Jepang maju banget, dengan segala keterbatasan negaranya. Banyak kejadian yang bikin gw nyess banget ngebandingin sama Indonesia.

Bukannya gw mau banding-bandingin, tapi Jepang maju dan bahkan lebih Islam dari Orang Islam di manapun kalau masalah taat peraturan. Jepang emang gak beragama, tapi Jepang lebih beradab dari Orang Islam sendiri. Menurut gw lho yah.

Hal itu gw usahain dengan keras untuk diimplementasiin ke berbagai hal. Taat akan peraturan-peraturan yang lain yang dibuat manusia. Gak buat siapa-siapa kok, buat gw sendiri aja. Dan, siapa tau bisa berguna buat orang lain.

Setelah berusaha bisa taat akan peraturan, nah gw punya kapasitas lebih untuk menuntut hak gw dong. Dan, itu gw lakukan di banyak hal. Apapun lah, yang penting kalau udah mengganggu hak gw, gw akan tegur tanpa pandang bulu.

Gw bukan kejepang-jepangan. Tapi, lebih kepada gimana paham arti menghargai sesama manusia. Sesama ciptaan Tuhan. Bukan cuma menggaung-gaungkan kebenaran, tapi dateng ke kantor masih telat. Janjian sama orang masih telat. Dan, banyak hal lain. Minimal gw lakuin untuk diri gw sendiri.

Sesempurna-sempurnanya Jepang, tadi siang gw aja dapetin berita kalau di Yokohama baru aja ada kecelakaan antara kereta dan truk. Kalau gak salah 350 orang lebih luka-luka. 

Jepang yang udah tinggi banget standar keselamatannya aja masih kecolongan. Setelah berapa lama, akhirnya terjadi juga. Padahal yang namanya kereta dan jalur kereta udah absolut sifatnya. Karena transportasi utama di sana adalah kereta api.

Gw gak tau detil tentang beritanya. Hanya baca sekilas, jadi gak mau komen masalah kecelakaan di Jepang itu. Tapi...

Kecelakaan Cipularang kemaren seakan nyadarin gw akan standar keselamatan. Tau apa itu batas kecepatan maksimum, jarak aman, maksimum muatan, dan masih banyak lagi yang gak didapetin waktu ngambil SIM.

Jangan nyalahin kontur jalannya. Jangan nyalahin juga bentuk infrastrukturnya. Salahin diri gw yang masih berkendara gak taat peraturan.

Seakan harus ditanyain ke diri gw sendiri, "udah patuh belom gw?" Kalau belom ya jangan coba-coba gw minta diturutin haknya. Karena gw aja masih jauh dari sempurna, gimana haknya mau dpenuhin? Selamat itu bagian dari hak gw dalam berkendara dong?

Ya cerita hari ini masih ke sebuah pemaknaan akan pentingnya kesadaran diri sendiri akan kedisplinan. Gw gak bilang gw sempurna, tapi gw berusaha kok. Berusaha walau masih banyak kurangnya.

Orang Indonesia itu visual banget. Saking visualnya, sampe peraturan hanya dianggap susunan kalimat bermakna kosong. Suka ngerasa gitu gak sih?

Fiuhhh... Akhirnya bisa nuangin unek-unek ketika semua berusaha menyerang dengan argumen paling benar. Gw gak benar, tapi gw berusaha menjadi yang baik.

Dan kenapa acuan gw Jepang belakangan gw nulis. Karena gw respect atas semua kebudayaan yang diciptakannya. Entah kenapa. Gw juga sedang asik belajar bahasanya.

Gak kerasa waktu sudah malam, dan gw cerita dari tadi itu bayangin sambil menjelaskan sambil melakukan pekerjaan. Anggep aja gw lagi nge-vlog. Eh gak kerasa ngejelasin ternyata gw udah di rumah. Dan udah siap beristirahat. Anggep aja bayangin gw ngomongnya sambil nge-vlog, hehehe.

Btw, gw belakangan kenapa nulis lagi karena bikin video itu berat coy. Kalau nulis kan tinggal numpahin aja di secarik kertas digital ini. Lebih ke kemudahan aja sih. Entar kalau ada kesempatan juga gw bikin video lagi.

Malem Jumat nih, gw? Masih dengan peraduan pencarian yang tak berkesudahan. 

Azeg.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang