Selamat Jalan Paha Bibi

Mungkin ini candaan atau guyonan yang kerap terdengar dari gw SD. Saat gw sadar dulu udah jadi pelajar, waktu SD, beliau udah jadi menteri era Soeharto sepertinya.

Beranjak besar dan gw menginjak kelas 6 SD, Soeharto telah dilengserkan dengan pergerakan mahasiswa kala itu. Setelah orde baru runtuh, beliaulah yang menggantikan sebagai Presiden Republik Indonesia. Dan, era orde reformasi pun dimulai.

Gw sih gak kenal sama beliau, saudara juga enggak, temen apalagi.  Tapi, yang gw inget adalah saat itu pak BJ Habiebie ini kalau gak salah cuma memerintah 1 tahun 3 bulan lamanya. Lalu setelah itu pemilihan umum dan pemilu presiden yang memenangkan Gus Dur sebagai Presiden Republik Indonesia.

Gw sih gak mau ngomongin apa-apa. Karena takut salah, dan taku menyelewengkan sejarah. Tapi, baru aja ketika pulang dan sampe rumah denger berita kalau Presiden Indonesia ke-3 itu berpulang ke rahmatullah. 

Langsung breaking news di mana-mana. Di stasiun tv apa aja pada breaking news. Gw ngerasanya langsung berita tentang beliau yang langsung naik sebagai headline di negeri ini.

Gw sih ngerasanya dia itu pinter banget yah orangnya. Gosipnya ada merk pesawat tertentu yang setiap produksinya per unitnya harus ditanda-tanganin sama dia. Dan, berbagai hukum-hukum fisika yang dia berhasil temuin yang katanya mengubah dunia.

Indonesia kehilangan salah satu orang pintar lagi. Gw gak ngerti perjuangan beliau sih, tapi yang paling kerasa adalah keinginan dia punya brand pesawat yang buatan dalam negeri. Mungkin, sampe detik beliau wafat masih belum terwujud.

Tapi, lebih ke gimana perjuangan yang gak berhenti-berhenti dari beliau. Wong, pengen punya industri otomotif negeri sendiri aja gak kena-kena. Baru kemaren aja launching mobil Esemka yang mungkin masih banyak kurangnya.

Berjuang sih kalau menurut gw. Gw sebagai salah satu anak Indonesia, tentu harus bisa terlepas dari jeratan konsumtif asing. Bukannya antiasing, tapi lebih ke mendorong gimana terciptanya produk dalam negeri yang mampu jadi perbandingan gw dan orang banyak dalam memilih barang.

Gw gak senaif itu, gw pun masih beli barang atau brand luar negeri. Tapi, setidaknya muncul barang-barang baru yang made in Indonesia dan mampu bersaing dengan barang luar. Dan, jadi pilihan gw kalau mau beli barang.

Kaya Cina dan Jepang lah yang paling deket. Mereka mampu membuat barang dalam negeri dipakai di negara sendiri bahkan masuk ke pasar negara orang. Gak tanggung-tanggung, hampir di seluruh dunia.

Perjuangan dan perjalanan seperti yang diwariskan oleh pendahulu itulah yang harus terus ditanam dalam hati. Gw gak antiasing ya, buktinya loe pada baca tulisan gw ini di medium Blogspot yang notabene punya Google dan Google berasal dari Amerika.

Minimal gw ngasih kontribusi dalam ngasah diri gw sendiri untuk mampu menulis dalam medium apapun. Dan blog, menurut gw medium yang tepat karena gak ada intervensi siapapun dalam gw menulis.

Youtube sama juga. Gw bikin video sesuka-sukanya gw aja. Bukannya idealis terus balik lagi nulis. Tapi, lebih kepada bikin video atau vlog tuh capek dan melelahkan. Setelah ngambil gambar, terus harus diedit, kasih warna, kasih tulisan, dan masih banyak lagi. Kalau nulis kan seenaknya aja otak gw di depan komputer.

Berkaca dari perjalanan Pak BJ Habiebie, emang sejerman-jermannya beliau, ternyata dia masih salah satu orang berpengaruh di negeri ini. Kontribusi beliau banyak banget buat negeri ini. Dan, beliau menutup usia di tanah airnya sendiri.

Emang gw? Cuma bisa nyampah, hehehe. Tapi seenggaknya gw tau setiap gw nulls tentu ada sedikit pesan yang pengen gw sampein. Meskipun, hal tersebut cuma unek-unek atau keseharian gw.

Pesannya sama sih, terus bergerak dan bermimpi. Karena dengan begitu gw tau kalau diri gw berkembang setiap harinya. Harus! Dengan begitu apa yang dihadapi di depan akan semakin menarik dan menyenangkan.

Selamat Jalan Pak BJ Habiebie. Semoga Anda tenang di surga dan diterima di sisi Allah SWT. Feeling gw bapak dikebumikan di TMP Kalibata, tapi sampe detik gw nulis ini belom ada berita bapak mau dimakamkan di mana.

Semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan yang kuat. Dan, selalu mendoakan beliau dengan maksimal.

Itu aja breaking news kali ini. Akhirnya diberikan ide menjelang gw pulang ke rumah. Padahal dari tadi siang gak ada ide nulis. Karena gak ada yang spesial hari ini, cuma hari ini menakjubkan sampe denger berita wafatnya pak Habiebie. Dan, akhirnya gw nulis, hahahaha.

Udah di rumah dan mari beristirahat. Semoga diberikan kebaikan terus di setiap harinya. Azeg.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang