Kerelaan Untuk Dilarang

 Pernah kepikiran gak sih kalau kesepakatan-kesepakatan yang udah atau sedang gw jalanin itu ada sebuah kerelaan di dalamnya.

Gw itu dari SD sampe kuliah harus mengorbankan waktu tidur gw dengan bangun jam setengah lima atau lima pagi untuk memulai aktivitas setiap harinya. Gw emang di posisi gak beruntung karena jarak dari rumah ke tempat untuk menuntut ilmu itu jauh.

Setiap pagi ngerasa kok yang harus disiram mulu sama nyokap, yang padahal gw udah tidur cepet lho saat itu. Nyokap gw yang super banget pun pasti bangun lebih pagi dari gw.

Beranjak ke SMP sama, SMA pun sama. Sampe pada akhirnya gw kuliah dan gw ngerasain hal yang sama. Masih di dalam kondisi bangun pagi untuk berangkat menuju Depok tercinta.

Tapi, ngerasa gak kalau jaman sekarang kerelaan gw itu dipertanyakan. Di era digital atau media sosial sekarang, banyak kerelaan itu tergantikan dengan tampilan visual yang kerap bikin gw tau keadaan seseorang.

"Ooohh, gw udah tau keadaan dia kok."

Itu yang ngebatin terus di benak gw. Dulu, gw mau nyamperin arisan misalnya di sebuah mal. Tapi, kerinduan itu kerap jadi dipendam sendiri karena gw sendiri udah tau kabarnya dia juga. Dia itu seorang teman contohnya.

Banyak yang tergerus emang di era digital sekarang. Kerelaan orang untuk bertemu dengan orang lain jadi makin berkurang. Jadi gak tau sebenernya, gw pengen ketemu temen gw itu gak sih.

Padahal kalau mau berkaca dari riwayat gw dari SD sampe kuliah yang rela bangun pagi, nyamperin sebuah tempat, dan berusaha nyerap "sesuatu" yang ada di sana, dan kembali pulang ke rumah, itu berbeda banget. Era sekarang emang cepet banget sih. Saking cepatnya naluri sosial gw jadi berkurang jauh banget.

Ngerasanya bukan makin lama makin penting, tapi makin lama makin gak penting. Yang penting itu yang ada di ranah maya. Meski gw nyadarin kalau gw masih butuh bersosialisasi karena manusia itu makhluk sosial.

Termasuk kemampuan untuk berpasangan. Apakah akan meruntuhkan sebuah komitmen hanya karena dunia berubah menjadi digital?

Karena gw tau ilmu dasar dalam berpasangan itu adalah, Rela Untuk Dilarang. Dan gw mengamininya tanpa ada sanggahan apa-apa. Gw hadir sebagai pribadi yang emang rela untuk dilarang.

Makanya gw pun ngerasa kerelaan-kerelaan yang gw jalani dan gw berkorban untuk sebuah hal demi pasangan gw, akan berdampak langsung. Entah apakah itu pernikahan, anak, rejeki, dan segala hal yang klise untuk dimaknai.

Seandainya gw rela untuk membelenggu, berarti gw harus rela untuk dibelenggu. Ngomongnya jangan terbelenggu, karena kesannya gw korban.

Apakah penurunan-penurunan makna sosial yang dulu ada dan sekarang menurun akan semakin menurun? Tapi, apakah menurunnya itu sebenernya sedang menjelman sebagai bagian dari proses pembentukan kebudayaan?

Entah lah, digitalisasi sedang berjalan terus da belum menemui ujung dari era yang ada.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang