Ikhwan Aryandi Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ketujuh Untuk Milis Creative Circle Indonesia

Sebut saja orang ini dengan Ikhwan Aryandi. Dengan begitu banyak hal terjadi dalam dirinya, dia tetap bersikeras untuk tetap mengambil satu jalur. Hal ini diawali dengan keberadaan dia di salah satu advertising di bilangan Hang Tuah. Di sini dia mengatakan bahwa sangat senang untuk diberikan kesempatan memecahkan telur pengalaman bekerja karena waktu itu dia baru saja menamatkan studinya di Sastra Indonesia UI. Hanya karena dengan bantuan Creative Director yang cukup dikenal di milis Creative Circle Indonesia, dia berhasil mengawali kariernya di dunia kreatif.

Tak lama waktu pun bergulir, dan dia hanya bisa mengecap pengalaman sebagai copywriter di tempat pertamanya selama 3 bulan 15 hari. Akhirnya dia melangkahkan kakinya keluar mencari masa depan yang lebih baik di luar sana. Dia melangkah dengan optimis dengan moto, yang diberikan BH sang maestro dalam buku SAD yang diberikan kepadanya, "to Ikhwan, di dunia ini gak ada yang instan!" Moto inilah yang memberikan positif kepada dia dalam menjemput impian. Sekarang dia pun masih berusaha untuk mencari dan dia sangat ingin berada di satu jalur, yaitu industri kreatif. Lamaran demi lamaran sudah dikirimnya, interview demi interview dia lalui dengan baik. Dan sampai saat ini dia masih belum menemukan kesempatan itu.

Pengembaraan masih melingkupi keseharian dia. Mulai dari bangun pagi, membuka laptop, sampai mencari peruntungan atau celah terus agar dapat bekerja di insdustri kreatif ini. Mulai dari pencerahan, sampai mencari secercah harapan yang cerah dia cari dengan baik.

Dia tidak bisa mendesain, tapi dia bisa menulis. Setiap kejadian yang terjadi dalam hidup, dia abadikan ke dalam http://ikhwanaryandi.blogspot.com dan dia hanya bisa menawarkan ke semua orang sebagai peluru untuk mendapatkan sasaran itu. Ayo budayakan menulis! Karena, menurut dia, sesungguhnya dengan menulis Anda dapat mengabadikan semua hal yang terjadi dalam proses kehidupan. Walaupun begitu, dia masih berusaha mencari dan mencari dalam hidup ini mengenai apa yang dia tuju.

Tahun lalu, dia sering posting di milis ini dan memberikan signature, "Fresh Graduate Sastra Indonesia UI." Dan pada saat itu dia hanya bermodalkan pernah magang di MACS909, tanpa portofolio apa-apa nekat mengirim lamaran dan menjalani interview demi interview. Sekarang, dia hanya orang yang masih sangat sedikit pengalaman dan ingin sekali mencari kesempatan berkecimpung dalam industri kreatif ini. Dengan bermodalkan keinginan tinggi dan gairah yang baik dia akan terus ingin menjadi seorang pekerja kreatif. Dan dia hanya menaruh signature "Pencari Kesempatan Kerja Copywriter di setiap postingannya.

Dia bisa menulis, dia bisa mengonsep, dia bisa membantu art director menyelesaikan materi, saya bisa karena dia hanya menjadi dirinya sendiri.

Pada kesempatan ini dia ingin mengucapkan, "Selamat Ulang Tahun milis Creative Circle Indonesia, semoga di umur yang ketujuh milis ini bisa memberikan kebaikan positif kepada dia dan semua membernya." Karena milis ini sudah membantu dia dalam meniti kariernya di industri ini.

Dan dia pun mengatakan kalau dia akan datang ke acara kopi darat sekaligus merayakan hari jadi milis ini. Dia pun mengatakan akan mencoba badak untuk berkenalan dengan pembesar-pembesar periklanan Indonesia (BH, DR, DK, AN, K, GM, GA, RNZ, TM, ISJP, NSH, RP, ASQN). Karena sejujurnya dia ingin seperti mereka kelak.

Untuk melihat portofolionya, dia pun menaruhnya di http://ikhwanaryandiporto.carbonmade.com agar semua dapat melihat beberapa hasil bekerja yang dia pernah lakukan.

Selain menunggu, sampai sekarang dia pun masih berusaha untuk mencari celah agar dapat bekerja di industri kreatif ini. Dia juga meminta izin kepada om DanRem selaku moderator milis ini, dan memohon doa dan bantuan kepada semua anggota milis ini dalam penitian karier sebagai Junior Copywriter di dalam industri kreatif ini.

Sekian cerita perjalanan yang sebut saja dengan Ikhwan Aryandi dalam mencari kesempatan menjadi Copywriter, dan semoga ini bukan akhir buat dia justru awal dalam proses pencariannya.

Untuk melihat tulisan dia di http://ikhwanaryandi.blogspot.com
Untuk melihat portofolio dia di http://ikhwanaryandiporto.carbonmade.com

Salam

-Bukan Ikhwan Aryandi, Hampir Ikhwan Aryandi, Nyaris Ikhwan Aryandi-
0818809613/ 021-9271 6944

Comments

  1. sori ni mo numpang cerita aja. dulu pas semester 4/5, aku jg bertekad jadi pekerja kreatif. kenapa? karena cuma kerjaan di bidang itu aja yg bisa aku lakukan. tapi seiring perjalan waktu, aku jadi ga gitu tertarik. kini aku anggap bikin iklan tu cuma hobi aja. kalo ada lomba, kirim entry. pas ga ada lomba ya terus buka mata buka telinga, mengumpulkan ide di bank memori. buku sad-nya bh semakin menegaskan kalo dunia advertising ngga cocok buatku. maksudku lifstylenya. aku jadi takut lupa chatting ma diri-Nya. alasan seperti itu jugalah yg membuat seorang temanku memutuskan mecari lahan lain, padahal ia sangat ingin jadi wartawan. so, lihatlah peluang lain meskipun kamu tetap mengobarkan niat di bidang ini. kamu toh bisa nulis. raditya dika toh awalnya juga bukan siapa2.

    ReplyDelete
  2. Bro, saya mendapatkan blog anda scr kebetulan, tp saya bisa memahami semangat anda yg menggebu2 utk melamar sbg copywriter. Kenapa? Karena saya juga pernah mengalami masa-masa sulit itu dgn melamar menjadi graphic designer. Waktu itu saya juga tiap hari kerjanya cuma browsing cari lowongan sambil kirim resume & portfolio.

    Saran saya, jangan patah semangat, tetap berusaha searching dan mengirim portfolio tapi juga jangan terlalu membabi-buta, bombardir sana-sini. Mengapa? Karena saya khawatir org malah merasa tindakan anda itu annoying.

    Jangan terlalu terfokus pada menunggu lamaran semata, mending disambi juga freelance copywriter atau apply sebagai jurnalis, editor, author, bila anda memang suka menulis.

    Idealnya seorang copywriter yg baik juga mampu bekerjasama dgn art director/graphic desginer dalam membentuk konsep kreatif. Jadi anda lebih baik juga mengasah kemampuan kreatif anda (saya menyebutnya dgn istilah junior creative director), tdk hanya terfokus pada pencipta kata-kata belaka.

    Terakhir, setelah berusaha, banyak2 berharap dan berdoa saja. Goodluck, brow!

    ReplyDelete
  3. .. dan sekarang ia bisa tertawa ketika menyadari kalau kini ia sudah menjadi salah satu maestro..


    salut bung ikhwan!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah