Ambigram Hariadhi


Ini adalah permintaan dari Desainer muda ternama yang bernama Hariadhi itu. Dia nunjukkin keahlian dia dalam membuat tulisan Ambigram yang menurut gw sangat baik untuk dicontoh. Karena kegigihan dia dalam mempopulerkan kembali Ambigram dalam ilmu tipografi. Ambigram itu kalau sepengetahuan gw itu ilmu menulis yang bisa dibaca dari atas dan dari bawah.

Emang sih menurut gw gak begitu ngerti ama ilmu tipografi. Apalagi ilmu tekstur dan seni rupa. Yang gw tau adalah ilmu menulis. Kalau menurut Hariadhi, gambar atau seni rupa itu mempunyai power yang sangat baik dalam menghasilkan sebuah karya kreatif.

Tapi, menurut gw gak hanya ilmu seni rupa aja yang bisa menjadi karya kreatif. Tulisan pun bisa sama kuatnya dalam meberikan sebuah kekreatifan itu sendiri. Karena sebenernya tulisan dan gambar adalah sesuatu yang sinergi. Atau saling melengkapi.

Pertanyaannya, gak mungkin ada ilmu dalam seni rupa yang bernama Ambigram itu kalau huruf itu sendiri gak pernah ditemukan. Jadi yang mana dulu nih, Ambigram atau huruf (simbol)? Ah gw nanyanya kaya duluan mana ayam apa telur, atau telur apa ayam?

Gw sih terkagum-kagum ama dia yang mendalami ilmu ini. Yang bikin gw kaget kata dia ngebikinnya make tangan lagi. Buset? Bijimane caranya ya? Yaaa, hanya dia yang taulah, karena dia yang mendalaminya.

Kalau gw hanya bisa memperkuat sebuah ilmu yang sama kuatnya, yaitu MENULIS! Hahahhaa. Karena sesungguhnya dengan tulisan, orang bisa menjadi malaikat yang paling sempurna bahkan jadi iblis yang paling jahat di dunia.

Dalam postingan ini gw mau ngucapin terima kasih buat Hariadhi untuk karyanya yang orisinil itu. Dan, dalam prosesnya dia ternyata memperikutkan karyanya itu ke Phinastika Award, festival iklan dan kreativitas terkenal yang bermarkas di Yogyakarta, yang akan berlangsung sebentar lagi. Dan, dalam festival iklan ini yang boleh ikut adalah agensi-agensi lokal aja, jadi lumayanlah. Agensi lokal yang biasa kelibas ama agensi multinasional bisa unjuk gigi.

Jadi kalau loe mau mesen, kunjungin aja Ambigram di blog yang sengaja dibikin Hariadhi untuk pada mesen. Ambigram yang dia buat pasti bikin loe semua tercengang deh. Karena emang dia serius ngerjain proyeknya ini. Dan, tunjukkin kalaun insan muda kreatif Indonesia gak kalah ama yang senior, karena sesungghunya kita-kita ini yang akan mengganti yang senior itu kelas Dhi.

Gw doain yang terbaik pokoknya buat Desainer kenamaan ini, dan mudah-mudahan dia menang Phinastika!

Good Luck Bro!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang