Latar Belakang

Seorang anak kecil melempar mainan dari boks mainan yang dia punya. Lalu, tantenya memarahinya dia karena dia telah membuat mainan dia berantakan. Tapi, di sisi lain ibunya datang dan mengatakan kalau yang dia bilang itu baik. "Jangan pernah ragu ya kalau kamu suka dan kamu lagi main."

Dari cerita di atas gw jadi ngerasa cerita yang gw denger dari Uncle gw ini membuat gw jadi berpikir. Duluan manakah yang harus gw kedepankan dalam berbuat? Di satu sisi gw akan dapat koreksi, marah, atau teguran. Tapi, di sisi lain ada pihak yang pasti akan memuji gw dan mengatakan kalau yang gw lakukan itu benar.

Melihat cerita anak kecil di atas, gw jadi ngerasa kalau yang sudah gw lakukan ini selama ini salah. Gw dari dulu sering ngerasa permasalahan timbul di saat gw sudah melakukannya. Dan, gw hanya berkutat terhadap teknis atau apapun yang gw lakukan.

Menurut Uncle gw itu benar emang, gw harus bisa ngeliat sesuatu sebelum gw bertindak itu dengan latar belakang yang kuat. Latar belakang maksudnya adalah sesuatu yang emang bener-bener gw lakuin itu demi apa, untuk siapa, dan bagaimana gw melakukannya. Latar belakang gw melakukan sesuatu itu yang cuma gw yang tau apa dan gimananya.

Dari mendengar cerita ana kecil di atas itu gw cuma ngerasa kalau yang udah gw lakuin selama gw bekerja kemaren itu sebenarnya yang harus gw pikirkan sebelum melakukan sesuatu adalah latar belakang gw dalam melakukan sesuatu itu. Kenapa? Ya karena teknis itu bukan kunci utama apalagi ketika gw mengalami kegagalan.

Awalnya gw selalu nyalahin semua yang berbau teknis atau yang sudah gw lakukan itu apa. Tapi, sebenarnya yang lebih penting itu adalah bagaimana gw mengemas latar belakang terhadap yang akan gw lakukan agar gw pun tau kalau yang gw lakukan itu hasilnya seperti apa.

Di dalam ngadepin sebuah masalah apalagi gw masih ngerasa kurang banget. Terhadap semua yang gw lakukan, yang gw capai, atau kesalahan-kesalahan yang seharusnya gak gw lakukan. Emang sih kadang latar belakang itu gak pernah kesentuh ama gw. Apalagi gw ini orangnya seradak-seruduk banget. Tapi, gw yakin kok dengan berjalannya waktu kalau gw berpikir seperti ini, gw yakin kalau gw bisa menjalani semua itu dengan baik tentunya.

Misalnya, gw pun harus bisa ngerasa kalau yang gw lakukan ini sangat baik untuk gw. Pasti gw akan ngelakuin itu semua dengan latar belakang untuk memberikan yang terbaik untuk diri gw. Atau untuk orang lain, orang-orang yang gw sayang, atau pun rekan kerja sekali pun.

Latar belakang harus dimaknai sebagai sesuatu yang sangat pondasional. Alah? Maksud gw dijadiin pondasi dalam semua yang gw lakuin. Justru latar belakang itu yang akan ngebikin gw jadi menarik semuanya ketika gw dirudung masalah. Karena gw akan menganggapnya sebagai acuan. Acuan kebenaran yang setidaknya itu menurut gw sendiri.

Gw juga ngerti sebenarnya latar belakang itu sebenarnya harus dipikirkan secara awal, dengan matang, dan tanpa gerabak-gerubuk.

Dilanjutkan dengan obrolan tentang marketing dan komunikasi. Mungkin di tulisan gw berikutnya gw akan ngebahas tentang ini. Soalnya gila aja gw maksain malem ini, udah jam 1 pagi! Heheheheh.

Yaudah deh pokoknya pelajaran tentang latar belakang baru aja gw dapetin. Mudah-mudahan dapat memberikan pelajaran ke gw sendiri dalam bertindak dan berperilaku. Walau kadang teori ini suka gak sesuai dengan kenyataan. Yang penting gw tau kalau gw melakukan itu untuk apa dan siapa.

Setelah tadi gw seharian ngurusin buat pemotongan kurban Jumat besok, gw akan bersiap-siap untuk ngejemput sapi besok. Mudah-mudahan lancar dan bisa berjalan sesuai dengan yang gw harapkan. Besok siap-siap bau sapi lagi deh, hehehehhee.

Akika mawar bolo-bolo dulu ya! Aku mau bobo!

Alah sok imut! Hehehehehe.

Background not always being a back ground.


Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang