Ragunan - Mampang - Kuningan - Manggarai - Kuningan - Mampang - Ragunan - Alasan

Hari ini, walau tak banyak yang kukerjakan, tapi aku senang menjalaninya. Hari ini gw baru aja nemenin sepupu gw, Gita, yang sedang butuh bantuan menghitung lama perjalanan Koridor 6 (Ragunan-Halimun). Akhirnya gw dengan bermodal sotoy dan karena gak ada kerjaan, gw samperin aja dia dan Inu yang lagi berhomo ria.

Sesampainya gw nyamperin dia di Citos, gw, Inu, dan Gita sempet ngobrol-ngobrol dan ngebahas semua hal yang gak penting. Yang jadi topik hari ini sih ya apalagi kalau bukan skripsinya Gita?

Salah banget sih sebenarnya dia ngerjain di depan gw dan Inu, soalnya gw dan Inu sibuk dengan banyolan-banyolan gak penting yang bakal ngebuat kuping jadi panas, hehehe.

Banyak sih yang bisa gw dapetin dari perjalanan hari ini. Mulai dari mengenyam kejamnya traffic di Jakarta, melihat realitas hidup di jalan ketika jam macet, dan semua tingkah laku orang yang ngebikin gw selalu sadar. Gw ngerasa kalau masih banyak yang masih belum bisa diterjemahkan dalam literatur yang ada di dalam hidup ini.

Beberapa analisis tercipta dengan gw ngiderin koridor busway tadi. Baik tentang lebih efisien mana menggunakan mobil pribadi dibanding busway tergantung dari jam yang diambil. Mantab memang pas gw udah nyampe Manggarai dan pengen balik lagi ke Ragunan. MACICA banget dah! Jalanan sepanjang Kuningan - Mampang PAMER PAHA! Padat merayap tanpa harapan, heheheh.

Tapi, jujur aja jalanan yang ditempuh tadi gak terlalu macet. Karena gw pernah lebih parah dari tadi. Ampe gak bisa berkata-kata gw. Tapi pertanyaannya kenapa orang-orang di Jakarta masih betah menggunakan mobil pribadi? Padahal kalau dengan busway udah jelas jauh lebih murah dan tidak melelahkan.

Nah kalau udah ngomongin beginian pasti saling berkait. Nanti pada nyalahin pemerintah lah, atau pemerintah nyalahin pengendara motor, atau yang lain yang bisa dijadikan alasan.

Kenapa ya manusia itu sangat pintar mencari-cari alasan? Ya gw termasuk di dalamnya kok. Kalau kata teman-teman atau keluarga gw, gw itu orang yang gak bisa dibilangin. Jadi gw gak mangkir misalnya disebut tukang nyari alasan.

Sebenernya sih kalau mau dilihat, alasan itu kadang dibutuhkan dalam menyiasati atau mengatasi sebuah permasalahan. Tapi, kadang orang-orang itu jadi lupa karena mereka sibuk dengan diri mereka sendiri. Harusnya ketika tercipta alasa, orang harus bisa melihat apa aja yang jadi imbas dari yang mereka kemukakan.

Harus jeli dan kembali lagi harus bisa mendengar dan mencerna omongan orang lain. Karena sampai sejauh mana gw memberikan alasan terhadap sesuatu, ya cuma gw yang tau kenapa gw mengemukakan itu. Sebuah pemikiran agar terus bisa mempertanggunjawabkan semuanya harus selalu diusung. Karena emang gw pun bisa mangkir dengan alasan yang gw sendiri perbuat.

Sejatinya emang gw harus bisa memaknai pemikiran orang lain. Benar deh, gw harus bisa mendengar dan mencerna omongan orang lain. Tapi kembali lagi, kalau gw mau perbuat atau memberikan alasan untuk sebuah permasalahan, gw pun harus berani menanggung semua resikonya (ceritanya gak mau nulis risiko, hehe).

Yaiyalah, jangankan alasan, perbuatan aja semua harus bisa gw tanggung resikonya. Jadi gak cuma mengejawantahkannya ke dalam hal yang baik, tapi gw harus bisa mempertanggungjawabkannya. Jangan cuma nyari alesan, padahal niat gw cuma lari dari masalah.

Emang bener ya, di dalam hidup ini banyak yang bisa digali. Termasuk keadaan gw sekarang yang sedang jobless. Gak ada alasan deh pokoknya buat gw untuk tetap diam. Gw harus tetap bergerak dan meraih semua cita-cita yang gw usung dalam dada dan perut buncit gw, heheheh.

Alasan itu cuma kamuflase. Kamu flase, aku? Hehehe. Yang pasti gw senang bisa mendapatkan pencerahan lagi hari ini. Di hari yang baik ini gw yakin kalau kebergerakan gw selalu didoakan orang lain. Khususnya pembaca-pembaca blog gw ini. HIH! Pede banget gw, emang ada yang baca? Isinya tulisan gak penting semua, heheheh.

Malem semakin malem. Sedangkan gw harus mengerjakan kerjaan freelance gw terlebih dahulu. Supaya gw besok bisa jauh lebih baik dalam mencari.

Besok agendanya adalah mengantar uni gw untuk imunisasinya Troy, kembali ke rumah dan kembali mencari kesempatan pekerjaan, dan kembali mencari alasan untuk gw ngerasa senang menulis di esok hari.

Hari ini memang tak banyak yang aku lakukan.
Sedikit membantu dan berkarya.
Tapi, aku senang melewati hari ini.
Karena aku tau diriku masih bergerak.

Comments

  1. Gimana kalau sekali2 coba koridor 8 pagi dan sore hari kerja? (Lebak Bulus dan... lupa, terminal neraka kali). Pokoknya ente kudu ganti halte supaya sampai ke tujuan akhir, ga bisa sekali jalan... nikmatilah apa yang mungkin terjadi.

    Kenapa orang lebih sering pakai mobil pribadi atau motor daripada busway yang jelas2 lebih murah?

    Karena mobil dan motor lebih cepat dan nyaman. Simple aja. Jakarta dimana2 udah macet, mereka harus mendapat kepastian supaya jangan sampe telat ke kantor. Ngandelin busway? ga bisa.

    Busway itu tidak reliable, tidak nyaman dan kelewat sumpek. Masih kena macet, bisnya dikit, datengnya telat, ngatur distribusi penumpang ga bener (liat tuh terminal harmoni, menurut gue pemandangan org yang berjejal2 ga karuan disana terkesan kurang beradab). Kapok gue, sekali menginjakkan kaki disana udah cukup.

    Belom lagi untuk ke halte busway mesti naek ini, naek itu, turun halte mesti naek ini, itu sampai akhirnya tiba juga di kantor. Ribet kan... tergantung lokasi kerjanya jg.

    Udah lama di jalan, kaga enjoy lagi. Gue jg miris liat mereka2 yang kerjanya di kantor formal, pakaiannya kemeja yang bagus tapi keringetaaaaan, basahhhh panas2 nunggu bis di halte busway. Pasti nyampe di kantor dah kucel2. Belom lagi kalo di kantor banyak kerjaan, ada masalah, kan bete... pulangnya begitu lagi jg. Neraka...!

    ReplyDelete
  2. hihi. gue setuju dengan pendapat pertama.
    naik TransJakarta itu justru tidak menguntungkan. kalau gue abis ngajar di Sudirman, gue memilih untuk naik bus yang bukan TransJakarta. gak tahan nunggu bus merah jingga besar itu datang. hehe. lamanyaaa...

    kalau sekarang gue punya mobil lagi, gue juga akan memilih naik mobil, Wan. karena memang lebih nyaman dan mobil memfasilitasi gue dalam mobilitas kerja. hehe.

    ReplyDelete
  3. Wah-wah, jadi banyak tanggepan begini tulisan gw tentang busway.

    Pertama gw mau ngucapin makasih dan maaf atas tulisan gw yang ditanggapi ini, sebenarnya masih jauh dari baik.

    Gw sih gak mau berdiri di satu pendapat atau pendapat lain lebih baik. Tapi, yang pasti gw kemaren cuma bantuin sepupu gw buat ngitung TIME COST buat busway koridor 6. Gak lebih kok.

    Gw juga gak mau berpendapat ah, nanti malah gak selesai-selesai.

    Makasih buat Anonyomous dan Khakha yang udah menyumbangkan pemikirannya. Mudah-mudahan busway lebih baik lagi.

    Hahahha, gw ngebahas tentang alasa, malah jadi ngomongin Busway, hehehe.

    Kesalahan hanya milik saya, dan kebenaran hanya milik Bunda Dorce.

    Makasih dan maaf ya! :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang