Kedewasaan Berbasis Keyakinan

Apakah kedewasaan seseorang bisa diukur dari umur?

Hmmmm.... Gw rasa gak. Kedewasaan adalah sesuatu yang selalu di-improve setiap saat. Kedewasaan pun bukan ke sesuatu yang dicapai. Dan, kedewasaan itu juga bukan sebuah label. Inti dari sebuah proses pemikiran yang membentuk sikap dan perilaku itulah yang membentuk kedewasaan seseorang.

Let's say, minjem duit gak pernah dibalikin. Atau berusaha menggulingkan seseorang dengan cara apapun. Ya, gw gak mau kalau kedewasaan seseorang dapat dikur dari hal itu. Tapi, yang jadi pertanyaan adalah gimana caranya membuktikan kedewasaan justru ke diri sendiri?

Bingung kan? Hahahahaha, gw aja bingung. Kadang gw sendiri suka ngerasa kalau kedewasaan itu adalah penilaian orang ke gw. Tapi, gw sendiri kadang suka luput gimana caranya melihat ke dalam diri apakah gw sudah dewasa apa belom.

Pemikiran berbuah perilaku. Hal ini sih yang paling mudah mendeskripsikan apa itu kedewasaan. Keyakinan akan langkah yang selalu gw ambil, menurut gw, adalah tolak ukur paling dekat yang bisa ngasih gambaran kalau diri gw udah matang apa belom.

Maksudnya?

Kalau ngeliat langkah demi langkah yang akan gw ambil ke depan, tentu banyak pemikiran yang terbersit di otak gw. Gimana cara supaya merasa cukup akan keputusan? Keyakinan akan menjadi kata kunci yang paling kuat.

Di dalam setiap keputusan yang gw ambil, kebimbangan tentu akan terus melanda. Apapun yang bisa gw ambil, tentu banyak aja yang menggangu atau bahkan membantu.

Di saat seperti itu lah keyakinan menjadi tolak ukur. Kalau gw bisa yakin dan melangkah tanpa ragu, tentu gw akan menerima semua konsekuensi yang ada di depan. Misalnya terjadi apa-apa, kalau gw yakin gw pun aka berpikiran "HAJAR BLEH!" Tapi, misalnya gw gak dapet atau salah langkah, "NAMANYA JUGA BELUM REJEKI."

Entah kenapa gw pengen mempersempit paradigma tentang gimana menilai kedewasaan pada diri sendiri dengan satu variabel ini aja. Ya, karena emang agak sulit menilai ke dalem diri. Soalnya, kedewasaan selalu datang dari penilaian orang.

Tapi inget, kedewasaan itu bukan pencapaian dan bukan juga label. Kedewasaan itu adalah keyakinan akan selalu meng-improve diri sebagai pribadi yang teguh dalam berpikir.

Keyakinan bisa berujung sebuah optimisme yang kuat. Keyakinan pun juga bisa membuat gw lebih lapang dada dalam menerima kenyataan. Keyakinan tentu akan membuat gw lebih dewasa.

Perjuangan yang kuat dilandasi kedewasaan akan keyakinan yang kuat.

Percaya!

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang