Corat-coret Jaket

Beberapa hari yang lalu gw ngetwit yang kata temen-temen gw belagu banget. Isi twitnya "Pertanyaannya 1 wahai adik2 yang baru aja corat-coret menandai kelulusan, bisa masuk UI gak loe?"

Hahahahhaa, kontroversial banget twit gw kayanya. Padahal cuma terinspirasi dari anak-anak SMA di jalan yang gw liat lagi corat-coret seragam mereka. Jadi sedikit flashback jadinya.

Jaman-jaman lulus SMA dulu emang punya memori yang gak bisa gw lupain. Emang berasa keren banget bisa lulus meski gak bagus-bagus banget nilalinya. Corat-coret pun jadi ritual yang tetep gw lakuin juga.

Tapi, emang gak segampang itu setelah lulus SMA. Awalnya pun gw gak ngira masih ada step lain yang harus gw jalanin. Masuk ke perguruan tinggi yang ternyata gak segampang dari SMP ke SMA. Tinggal sodorin NEM, masuk dah.

Jadi berandal di sekolah yang lumayan bandel emang gak enak sama sekali. Nilai merah di raport bertebaran, skorsing jadi makanan sehari-hari, dan inceran para guru karena kenakalan jadi makanan waktu SMA.

Pas lulus, nyokap cuma ngomong "Kalau kamu gak sekolah di UI, ibu gak punya duit untuk bayarin kamu di universitas swasta."

Saat itu, beban baru gw pikul sendiri. Karena selama 3 tahun SMA, gw gak ngerasa kalau hidup gak segampang itu. Langsung aja pressure muncul dengan pemahaman bahwa gw harus masuk UI.

Udah gitu kakak-kakak sepupu gw pun sudah mendahului gw dengan masuk kampus kuning itu duluan. Gimana gak jadi beban?

Seminggu awal gw diharuskan ikut intensif SPMB (dulu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) bareng sepupu gw. Gak bisa belajar lah gw. Diajak duduk bareng untuk ngerjain soal aja susahnya setengah mati. Wong di bimbel juga cabut-cabutan mulu.

Sampai akhirnya due date SPMB pun gak bisa gw tahan. Semakin dekat dan gw harus memilih jurusan apa yang ingin gw masuk. Semakin pusing dong gw.

Udah gitu, ikut ujian D3 Jepang gak diterima, dan SPMB lokal di UIN juga gak diterima. Sempet depresi atas apa yang gw hadapi.

"Kamu pegang dua mata pelajaran dalam sehari aja dengan asumsi benar semua, kamu pasti masuk," salah seorang guru di bimbel tempat gw belajar bilang.

Sampai pada akhirnya gw menghadapi SPMB dengan mengantongi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang gw yakin benar semua. Wong, setelah SPMB gw sempet nyesel kenapa gak milih Manajemen atau Komunikasi, hehehhee ngarep.

Singkat cerita, setelah SPMB ada masa yang sebenarnya bisa gw manfaatkan untuk daftar di kampus swasta. Tapi gw ngedapetin jawaban yang sama dan seperti udah berulang kali nyokap gw utarakan.

Sampai pada waktunya, nama gw pun muncul di Kompas dengan masuk sebagai mahasiswa program studi Sastra Indonesia. Pecah kegembiraan yang ada dalam benak gw dan keluarga.

Gw udah pernah cerita kok di salah satu tulisan di blog gw ini gimana proses gw masuk. Tapi gw lupa judulnya yang mana, hehehhe.

Gw akuin selain mempergunakan kesempatan dan berusaha, faktor keberuntungan juga lah yang membuat gw masuk ke kampus kuning itu. Tapi, gimana memanfaatkan keadaan yang dibalik menjadi kesempatan lah yang membuat gw belajar bagaimana memaksimalkan segala sesuatunya.

Sebagai cucu dari seorang kuli bangunan yang hidup alakadarnya, gw yakin kok nyokap bersaudara (tante-tante dan om-om gw), serta kakak-kakak sepupu gw mengerti bagaimana arti pendidikan sebagai landasan utama kehidupan. Wawasan itu penting, dengan kuliah gw beruntung bisa ngedapetin wawasan lebih banyak lagi.

Kakek gw yang masih sempat melempar rapor gw karena belum ada nilai sepuluh. Abang sepupu gw yang sempat dibuang rapornya ke tong sampah. Rapor dicoret-coret meskipun pake pensil. Gw yakin kakek gw yang gak sempet ngerasain bangku sekolah itu pengen anak cucunya berhasil melalui jalur pendidikan.

Setelah setua ini, gw ngerasa dahulu itu yang awalnya gw anggep beban justru berbuah manis kok kalau diinget-inget. Gimana gw struggling mewujudkan bukan hanya keinginan bokap nyokap, tapi sesuatu yang jadi keinginan gw juga. Dan, gw yakin maksud dari bokap nyokap gw itu gak akan ngejerumusin gw.

Gw gak bilang kalau yang bisa masuk UI berarti dia sukses. Di luar sana, apalagi di dunia kerja, UI apa bukan pun gak jadi poin penting untuk ngebuktiin seseorang itu baik apa enggak. Sukses apa enggaknya bukan pula diukur dari UI kah seseorang atau bukan.

Tapi, setidaknya gw pernah merasakan bagaimana meraih sebuah kesuksesan. Gak semudah memahami sebagai sukses semata sih, tapi gimana merasakan pencapaian-pencapaian lain setelah gw meraih kesuksesan itu dulu. Setelah bukit kecil sukses gw daki, gw harus bisa mendaki gunung-gunung lain yang lebih tinggi lagi. Begitu juga dalam kehidupan gw sekarang.

I used to be a "We are The Yellow Jacket."

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang