Semua Berkaitan

Belakangan ini emang gw disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang kadang berjalan beriringan di luar ekspektasi gw. Kadang pun malah jadi tumpang tindih jadinya.

Satu per satu gw belajar bagaimana caranya untuk tetap survive di antara semua himpitan yang terjadi. Di luar semua yang gw pengenin, yang mudah-mudahan gw bisa tetap ngelaksanain.

Bikin atau ngejalanin sebuah bisnis tuh emang gak gampang. Apalagi di antara si empunya bisnis dan konsumen, pasti ada jembatan yang biasanya jadi sarana mediasi. Termasuk dalam rangka melahirkan media promosi ketring kakak gw, Ratu Pastry.

Gw akuin selama ini Uni gw itu single fighter dalam ngejalanin produksi kue, cake, dan berbagai penawaran untuk makanan di bidang pastry. Gw pun yakin bahwa dia bisa menjalankannya dengan berbagai kendala di dalamnya.

Mau gak mau gw pun tergerak untuk ngebantuin roda bisnisnya itu. Gw langsung mengambil alih tampuk marketing yang dibutuhin sama kakak gw. Insight-nya sih cuma karena gw kepingin bisnis kakak gw semakin besar.

Berlaku sebagai konsultan ternyata gak segampang ngomong atau ngebacot. Gw ngasih tau kakak gw ini dan itu, kalau gak dijalanin ya percuma juga. Karena gw pun bukan yang "mengetahui" brand itu sendiri.

Terkadang gw menganggap bahwa gw lebih tau dibanding kliennya itu sendiri. Di tempat kerja misalnya. Tapi, ini yang gw hadapi adalah Uni gw sendiri yang mau gak mau harus gw yang mengerti keadaan yang sebenarnya di lapangan.

Ngejalanin marketing emang gak semudah yang gw bayangin. Semua hal berkaitan satu sama lain. Misalnya gw fokus sama satu hal aja, kemungkinan hal-hal lain bisa terbengkalai. Dan, hal itu yang ngebikin objective awal gw gak tercapai.

Bikin website, gak semudah yang gw bayangin. Gw harus beli domain, gw harus milih template website, gw harus isi dengan berbagai macam konten, dan banyak hal lainnya. Alhamdulillah www.ratupastry.com sudah gw ambil. Meksipun isinya masih acak-kadut.

Selain itu, gw harus bantu kakak gw desain logo, terus bikin kartu namanya, dan terakhir bikin stikernya.

Gak segampang itu juga, karena setelah logo, desain kartu nama, dan stiker jadi, gw harus membuat kardus kue yang saat ini sedang gw hitung produksinya. Kalau gw nyuruh kakak gw mikir mah yang ada gak kunjung dieksekusi.

Kaget juga pas ngedenger temen kantor gw ngomong harga kardus yang akan dicoba diproduksi. Tapi, emang useless? Dengan lantang gw bilang enggak. Karena liat aja coba yang gw uraikan di atas itu, semua berkaitan bukan?

Gak se-simple itu juga ngejalanin sebuah roda marketing. Terutama kalau diri gw yang produksi, diri gw juga yang marketing, dan diri gw yang distribusi. Terkadang bisa kusut atau chaos kalau gak dikontrol. Itulah yang sedang gw usahakan untuk ngebantu kakak perempuan gw satu-satunya itu.

Karena sebenarnya semua berkaitan. Termasuk hidup gw sekarang bukan? Gak ada api maka gak ada air. Gak ada gula gak bakal ada semut.

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang