Ruangan Arab Semarang

Kemampuan ngungkapin isi kepala terkadang gak semudah yang gw bayangin. Bertarung dengan berbagai pertaruhan di depan, menjadi pola tersendiri yang kadang susah gw bayangin.

Selama kurun waktu gw memahami orang dalam ruang lingkup "fase dewasa," kadang ngejadiin semuanya harus dipilah berdasarkan kejujuran yang gw hadapi sendiri. Belajar, dan bertempur melawan pagar-pagar yang gw buat sendiri.

Kalau lagi meeting atau bekerja, mungkin gw sudah bisa membiasakan diri mengutarakan pendapat tanpa ada maskdu asbun atau asal bunyi. Tentunya pemahaman solutif yang harus bisa gw utarakan.

Sempet aja kemaren waktu pulang dari kantor, sekitar jam 11an malem gw memutuskan naik bus 102 yang kebetulan udah sepi penumpang juga. Tiba-tiba ada 2 orang Arab, "Hei lai, gw bayar loe tapi anterin gw sampe hotel Ambara."

Pikir gw becanda dan mungkin 2 orang Arab itu lagi mabok. Eh, makin lama makin ngatur dan suara mereka makin besar. Si sopir digertak akan dikasih 150 ribu perak kalau mau nganterin mereka.

Pada awalnya si sopir dan knek bingung dan ngediemin. Sampe pada akhirnya mereka pun ngasih duit 160 ribu perak. Langsung lah si sopir pun sontak matiin lampu dan nganter mereka. Kenapa takut, ya karena kalau keluar jalur tentu si sopir dan knek akan ditilang sama polisi.

Setelah 2 orang Arab itu turun, gw ketawa-tawa pas bahas sama si sopir dan knek. Sebenarnya 2 orang Arab itu gw kira mabok, eh ternyata stres karena saat itu hujan dan taksi susahnya setengah mati. Karena dari Plaza Senayan dan Hotel Ambara jaraknya deket banget, mereka ditolak mulu sama taksi.

Kalau gw seberani orang Arab itu mungkin di dalam berbagai hal gw bisa berhasil. Karena kejadian di atas itu sebenarnya ada dua, si orang Arab itu mengambil resiko membayar duit yang cukup besar, dan si sopir dan knek 102 yang mengambil resiko nganter dengan keluar jalur trayek mereka.

Kalau gw seberani orang-orang Arab itu mungkin lancar-lancar aja ya hidup gw. Ditambah gambaran orang ngedapetin rejeki dari si sopir dan knek itu bikin gw ikut ngerasain bahagianya mereka. Karena sebenarnya kalau mereka tolak tawaran orang Arab itu, gak semudah itu mereka dapet duit setoran yang jumlahnya cukup besar.

Tuhan maha Adil.

Sebelumnya pun gw belajar bagaimana bertarung mengemukakan pendapat dengan melakukan perjalanan keliling Jawa bareng om tante dan 1 sepupu gw. Muter-muter yang membawa gw berempat sampe di Semarang.

Sepanjang perjalanan terlihat watak masing-masing orang dalam mengatasi permasalahan. Gimana cara, atau bahkan jalan keluar yang harus ditempuh dalm sebuah ruang mobil yang sedang gelinding berjalan.

Tentunya ada amarah, ada becanda, ada keseriusan, adan tertawa, dan sejuta hal yang ditentukan sepanjang perjalanan. Karena gw pun ngerti kalau gw berempat ini harus sampe lagi di Jakarta dengan selamat.

Ketidakmampuan menyediakan ruang untuk menyerap pendapat atau perasaan orang lain terkadang jadi hambatan. Kalau aja gw gak mau menyediakan waktu untuk seenggaknya ngedengerin dulu aja, mungkin gw akan gugur dalam perjalanan.

Perasaan dan logika bercampur aduk dalam menyediakan ruang atau memberikan waktu barang sejenak. Tapi, penolakan atau denial pun terkadang jadi momok gw untuk gak mau ngedengerin pendapat orang lain. Bukannya gak bisa, tapi gak mau.

Ketika kemampuan mengutarakan pendapat, ngebikin gw gak berani mengutarakan apa yang sedang terjadi di gw sekarang. Apakah itu yang sedang terjadi di gw sekarang? 

Ketidakmampuan dan ketidakmauan memberikan "ruang?"

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Akhirnya Gw Menikah