Sekolah Bukan Buat Belajar, Tapi Main!

Kemaren atau belakangan ini tayangan live sitkom yang sering gw hadapi di rumah adalah mendapati adek gw lagi marah-marah ke keponakan gw yang sedang esok harinya akan ngadepin ulangan. Banyak hal yang entah lah, gw ngerasa cara orangtua pun jadi patokan dalam pembentukan si anak.

Berapa kali entah matematika, bahasa Inggris, dan berbagai pilihan "baku" yang selama ini diadaptasi di sekolah formal, jadi bahan bakar adek gw marah-marah. Standar lah, apapun itu tentu ngejalaninnya sesuai dengan perkembangan si anak.

Yang jadi pertanyaan gw adalah, "apakah kepintaran atau keberhasilan seorang anak masih ditentukan oleh sekolah?"

Dengan berkembangnya teknologi pun gw tau kalau gw aja masih kurang informasi sama anak-anak angkatan di bawah gw. Apalagi di bawahnya lagi yaitu angkatan ponakan-ponakan gw.

Banyak hal yang sifatnya normatif secara keilmuan, tapi udah gak relevan sama perkembangan si anak dalam memperoleh informasi. Tentu, anak jaman sekarang dapetin informasi dengan begitu mudah, mewah, dan murah.

Mudah? Tinggal browsing apapun di hape bapak atau emaknya, semua hadir dengan mewahnya. Murah? Karena anak kecil jaman sekarang belum mikirin yang namanya kuota atau bayar-bayar pulsa. Yang mereka tau hanya pakai, kalau abis minta.

Apakah sekolah mampu berpacu dengan cepat secepat ponakan gw ngedapetin informasi atau pelajaran?

Gw bukannya nolak sekolahan ya. Kalau untuk bersosialisasi, networking, dan pembentukan jati diri gw mah setuju banget sekolah. Karena di sekolah juga diajarin sopan santun mendalam dari guru-gurunya. Tapi, apa masih perlu semua anak mengenyam seluruh subjek pelajaran yang belum tentu mereka suka?

Nyokap gw pun kalau taunya gw suka nulis juga mungkin jaman dulu gak akan nangis-nangis atau marah-marah ke gw untuk belajar matematika. Wong, gwnya gak mudeng dan gak berpikir atau bahkan suka subjek itu.

Percepatan teknologi dan informasi sekarang menurut gw gak relevan kalau seorang anak kecil harus tau semua mata pelajaran. Wong, dengan gak sekolah aja mereka bisa nyari apa yang mereka suka. Kalau di tangan mereka ada sebuah penyampai informasi.

Entah tv, hape, buku, dan segala macemnya. Tapi, adek gw marah-marah ke ponakan gw itu adalah langkah yang kurang tepat. Karena kalau marah-marah terhadap subjek yang ponakan gw gak bisa akan bikin perasaan nightmare ketika harus belajar pelajaran  itu.

Emang, pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya baik. Untuk apa dipecah SMA, SMEA, SMIP, STM, kalau ujung-ujungnya harus mampu ngerjain semuanya ketika SBMPTN? Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri itu jadinya harus bisa ngerjain semua kan?

Apakah hanya untuk secarik kertas bernama ijazah? Emang hari gini masih penting ya? Mau ijazah gw dari Universitas Indonesia pun kalau gw gak bisa apa-apa, gak bakal kepake gw.

Apakah mahasiswa sekarang masih ingin ke kampus kalau mendapati dosen-dosen mereka hanya ngajarin old school materi yang sebenernya bisa nonton di Youtube atau cari di Google? Perjuangan pergi ke kampus atau sekolah pun terasa amat berat kalau dibandingin buka hape di genggaman tangan.

Kalau ke sekolah atau kampus untuk maen, networking, atau sosialisasi, dan masih banyak hal berguna laen itu gw setuju. Tapi, kalau untuk pecahin masalah mah tinggal buka kuota aje, hehehe.

Gw rasa akan ada pergeseran mengenai makna sekolah sebagai institusi pendidikan. Karena tergerus oleh percepatan perkembangan teknologi dan informasi. Tentu yang diketemuin di kampus kok ya jadul banget ya, itu kan bisa gw dapetin di hape. Semudah itu lho.

Gak harus bertengkar masalah ini. Karena gw berpendapat sekolah itu masih penting. Tapi, belajar itu bisa didapetin di mana aja dan tergantung kemauan si anak maunya ke mana. Karena sampe budeg juga kalau tuh anak gak suka ya gak bakal mudeng. Kaya gw gak doyan matematika, tapi ngitung duit di bawah satu juta masih jago, Anak sastra mana bisa ngitung? Hahaha.

Gw gak nyesel kok kalau gw gak bisa matematika. Tapi, gw bisa sesuatu yang gw suka yaitu menulis. Gak cuma itu, subjeknya pun gw tambahin. Yaitu, bikin video, ngedit video, belajar bahasa Jepang, dan masih banyak lagi.

Setelahnya kudu ada diskusi tuh antara adek gw dengan anaknya. Kenapa harus marah-marah kalau ngajar matematika. Lemesin aja lah, gw yakin ponakan gw bakal nemu sendiri apa yang dia suka dan bisa ngidupin dia.

Wong gw aja udah mulai dikadalin sama tiga ponakan yang makin lihai, hahaha. Tapi, kalau gw suruh tidur siang minimal mereka masih nurut. Maklum, kadal senior, hahaha.

Selebihnya terserah adek gw sih. Gw juga kan belum ngeraain punya anak. Tapi, kalau sekolah gw yakin adalah tempat anak maen. Bukan untuk dapetin subjek yang mereka gak suka. Make it fun lah, sekolah jadi playgroung yang sebesar-besarnya dan seluas-luasnya. Kalau kampus, tempat pengembangan watak seorang anak.

Orang akan mengerti kenapa perluasan keterampilan yang disuka akan lebih bermanfaat karena si anak gak tertekan dan akan berjuang minimal untuk bisa, lalu akhirnya mahir. Sukur-sukur bisa ngasilin duit dan bisa ngidupin tuh anak hingga dia tua.

Azeg gak tuh gw ngomongnya. Sotoy beut ya, hahaha.

Jumat malem udah di rumah, gak ada kerjaan ya gw nulis. Daripada gw nulis tapi ada kerjaan? Mana bisa? Ya kerja dulu abis itu nulis. Puyeng gak loe? Gw aja puyeng, hahaha.

Mari istirahat.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang