Generasi Paling Berdosa

 Generasi emas menurut gw adalah generasi di bawah gw yang bisa ngelanjutin negeri ini.

Sedaaappp, hahahaha. Kenapa bukan generasi gw? Atau generasi sebelum gw? Ya karena kata Soekarno bener, masa depan bangsa ini ada di tangan generasi muda.

Gw bukannya mendiskreditkan generasi gw atau generasi sebelum gw. Sebagai milenial awal, gw pun ngerti banget kalau umuran gw itu ngalami peralihan dari analog ke digital. Dari semua serba kertas, sampe sekarang serba daring.

Dikata gak capek di umur gw yang udah kaga muda ini untuk "turun ke bawah," menggali potensi yang ada di generasi bawah gw. Belajar apa yang mereka mau. Memahami interes anak-anak yang umurnya 10, 20, atau 30 tahun di bawah gw.

Tapi seru coy. Jadinya gw sendiri gak maksain apa yang gw sendiri anggep benar. Jadinya gak berdiri di atas menara gading akan pemahaman, "Gw yang benar, yang lain salah."

Apalagi di industri kreatif ya. Walaupun gw cuma di pinggir-pinggirnya doang, tapi dunia kretif adalah tempat di mana pelakunya bukan maksain apa yang menurut dirinya benar, tetapi mem-fullfil apa yang diinginkan oleh kemauan pengguna atau konsumen.

Nah, karena sekarang ledakan populasi generasi muda atau bahasa kerennya bonus demografi sedang dan akan melanda Indonesia, fokusnya coba dibawa ke sono. Anak umuran gw, dan di bawah gw itu adalah calon bapax-bapax yang akan tua di puluhan tahun berikutnya.

Gak usah peduliin generasi gw atau atas gw yang secara otomatis akan menjadi kerucut karena takdir manusia untuk berkurang populasinya. Karena market yang gede itu adalah generasi yang tumbuh terus.

Menurut Biro Pusat Stastitik, generasi milenial dan generasi Z aja kalau digabung udah 52% dari populasi Indonesia. Udah deh, fokus ke generasi ini aja. Karena setengah penduduk negara ada di umuran ini.

Itulah gw gak pernah ngaku diri gw donlot dan nonton Tiktok. Gw masih dengerin radio Prambors. Gw masih nyoba gimana cara paham pola berpikir generasi di bawah. Supaya rodanya akan semakin kenceng. 

Negara Indonesia kaya bom waktu coy. Perbandingan generasi mudanya secara persentase di atas negara-negara maju. Jadi jangan takut kehilangan pasar dan SDM yang melimpah. Tinggal gimana maksimalinnya aja.

Sebagai orang yang pake kreativitas jadi alat mencari uang, gw gak malu untuk terus turun ke bawah. Pahamin pola kerja, berpikir, bergaul, makan, belanja, generasi di bawah gw.

Soalnya kalau gw paksain cara dan pola gw mikir dan ngasilin ide, yang ada dilirik aja kaga dah sama mereka, hahahaa. Berusaha muda terus aja supaya, hasil kerjaan gak mentah.

Karena gw yakinin gak cuma di pihak orang yang di advertising agency, media, atau TV aja yang diisi anak muda. Di pihak klien, pegawai negeri sipil, polisi, tentara, politikus, pemadam kebakaran, artis, dan posisi lain di negeri ini?

Isinya anak muda semua coy. Pikirin dah tuh. 

Hahahaha.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang