Budak Algoritma

Mengetahui dan menyerap informasi, berdasarkan apa yang disuka. Andaikan semuanya berimbang.

Coba apa yang gw liat di hape gw itu gak cuma lampu LED merek itu-itu aja. Atau emak gw liat hapenya gak cuma daster aja. Jadi cakrawala dunia itu bisa kebuka gak sebatas daster atau lampu itu aja.

Belakangan polarisasi informasi ketara banget cuy. Gak bisa gw ngeliat satu aspek dari kedua sisi. Seolah-olah dua sisi koin yang gw lempar ke udara, ketika nyampe tangan sisi bawah koin ketutup dan sama sekali gak bisa gw liat.

Cookies atau jejak code yang terekam dari setiap aktivitas yang gw lakuin di hape ngebikin pencarian atau yang akan gw liat ke depan atau selanjutnya itu ya berdasarkan yang terakhir itu. Algoritma dalam sebuah media sosial mengerucutkan apa yang akan gw liat selanjutnya itu.

Gak salah, cuma jadinya gak berimbang.

Ibarat pake kacamata kuda, gw bisa liat segala sesuatunya tapi hanya itu-itu aja. Gw bisa liat pake teropong sejauh apapun mata memandang, tapi cuma dari pipa itu aja yang bisa gw liat.

Keberimbangan informasi inilah yang bikin kacau belakangan ini. Ditambah tingkat literasi di Indonesia nomor 2 terendah di dunia (United Nation). Gw gak nyalahin, tapi emang keadaan alam dan situasinya gak "memaksa" bangsa ini untuk maju dalam membaca. Menurut data PBB terakhir, butuh 1.000 orang untuk nemuin 1 orang yang suka membaca di Indonesia.

Ketika polarisasi informasi ini terjadi pun akan ngebikin sekat-sekat baru yang gak keliatan tapi kok ya tinggi banget jurang pemisahnya. Orang jadi mudah nyalahin orang lain, orang dengan enaknya nyebar fitnah atau gosip sebelum kroscek kebenarannya. Atau bahkan orang bisa mengambil kesimpulan dengan cepat tanpa tau esensi atau faktanya gimana.

Pengadilan manusia pun seolah-olah jadi gak berfungsi. Apa perlu setiap informasi yang diterima diujikan di sebuah pengadilan? 

Keburu ketinggalan sama negara lain lah, kalau menurut gw. Negara lain udah bikin roket ke Mars atau bikin bulan buatan, negara gw ini cuma berkutat dalam masalah literasi atau ketidakberimbangan informasi. Udah gitu saling serang lagi.

Emang di dalam ranah informasi 4.0 atau 5.0 ini, gw bisa nyari apapun di internet tanpa harus ada batasnya. Tapi inget, algoritma bekerja dalam sebuah wadah yang menyerap info kesukaan, interes, dan berbagai yang sifatnya personal yang gak ngeliat siapapun itu orangnya. 

Nyari daster, akan dijejelin, dikepung, atau disuapin daster. Nyari oli mesin mobil, akan dijejelin, dikepung dan disuapin oli mesin terus. Muntah-muntah deh loe makan oli, hahaha.

Di era keterbukaan sekarang, gw sih sedang mempertanyakan di mana demokrasi dan keberimbangan informasi, kalau gw dan segenap bangsa ini kalau nyari informasi cuma dijejelin itu-itu aja? Gak keliatan cuy sisi bawah koin tadi yang ketutup. 

Seandainya pengen berharap, mau berharap ke siapa? Mau berubah? Gak yakin gw. Ngomongin kedaulatan teknologi itu mirip ngomongin mobil nasional. KAGA BAKAL bangsa ini punya.

Pendapat gw ini mungkin bisa aja salah. Karena analisis tanpa data, gak ada gunanya. Gimana mau nyari data kalau yang dijejelin itu-itu aja? Atau gimana mau nyari data, yang keluar di search engine cuma yang menguntungkan provider-nya aja? 

Cuma cuap-cuap aja gw kok, dan gak perlu dipercaya. Lagian gw apalah, cuma rempahan rempeyek sebulan lalu yang ketutup di kaleng kerupuk Kong Gua.

Intinya gw gak ngerti sih mau sampe kapan jadi budak?

Algoritma

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang