Gak Usah Latah!

 Kenapa harus begitu? Emang gak boleh begini? Apa dasarnya?

Mungkin hal ini yang begitu terngiang-ngiang di benak gw sepanjang mengikuti acara kondangan yang diadain sama keluarga bini gw. Weekend kemaren gw ngabisinnya di Ciputat sampe hari ini.

Ya, bini gw adalah peranakan dari keluarga Betawi. Keluarga Betawi yang masih kental dengan adat istiadat dan keberakaran rumah yang kuat. Meskipun bini gw setengah Betawi dan setengah Ciseeng, masih ada darah Sundanya dikit-dikit lah.

Cerita berawal dari pernikahan atau ngunduh mantu yang diadain oleh ncingnya bini gw. Sebagai anak bontot dan nikahin anak bontotnya, kebetulan ncingnya bini gw emang rada mau gede pestanya. 

Buset gw takjub beut sama kekeluargaan yang dimiliki sama keluarga Betawi. Sebagai landlord, keluarga bini gw itu emang rada nguasain beberapa tanah sepeninggalan engkongnya bini gw. Jadi tuh pesta kemaren rada gede dan udah stengbey dari jam 10 pagian.

Bener-bener ya Betawi itu kalau kondangan ya bener-bener seharian. Sehariannya tuh bener-bener dari pagi sampe malam. Dengan keadaan tamu banyak dan silih berganti.

Yang cukup bikin gw bingung adalah di fase terakhir kondangan. Waktu udah nunjukin jam 22.30 dan seluruh keluarga besar bini gw masih stengbey dan ada di acara tersebut.

Yah mungkin inilah yang disebut produk budaya. Entah apa yang ditunggu tapi ya semua masih menunggu sampe bener-bener acara bubar dan selesai.

Makan korban lah. Bini gw sempet adu debat sama seorang cowok yang mulutnya kaya comberan dan dihejer pake omongan sama bini gw. 

Sempet ada kisruh sejenak dan gw akhirnya bisa ngusir tuh gerombolan yang bikin onar tadi. Ternyata korban berjatuhan sampe ada isak tangis tuh bukan bini gw doang, udah banyak juga yang kecapekan.

Kalau udah begini apa sebuah kebiasaan yang lahir sebagai produk kebudayaan itu patut dipertahankan? I don't think so. Pelajaran yang bisa gw serap dari kebudayaan Betawi dan orang-orang di tanah Jawa adalah kebanyakan sebuah produk kebudayaan itu gak bisa dilawan.

Ibaratnya lakuin aja, gak usah tanya kenapa dan gimana. Sedangkan gw sebagai orang yang lahir di keluarga Sumatera, gak bisa nerima hal itu. Semua harus ditanyain kenapa dan gimananya. Karena semua bisa kok didiskusiin.

Kalau emang gak bersepakat sama nalar pribadi, ya agree to disagree aja. Setuju untuk tidak setuju. Karena kalau memaksakan sesuatu dan hanya karena omongan orang, jadinya yang gw ikutin dari produk kebudayaan tersebut malah jadi gak ikhlas.

Karena emang kalau gak suka yang ngomong. Gak usah peduli apa yang akan terjadi, lalu bertahan dengan pendapat dan pemikiran yang jadi prinsip gw pribadi.

Entah kenapa gw diajarinnya begitu di keluarga. Jadi gw utarain juga ke bini gw kalau emang gak sesuai ngomong dan kemukakan pendapat. Jangan diem bae. Karena diem itu terkadang suka dipikir orang sepakat. 

Orang Sumatera kalau gak suka ya ngomong. Gak usah panjang omong di belakang jadinya. Eigh loe, gw gibeng dah, hahaha.

Sekali lagi, sebagai produk kebudayaan apapun itu harus bisa dinalarkan dan dilogikakan. Kalau gak mau sampe kapan negara ini feodal gak jelas.

Malam Rebo udah di Depok lagi. Masih berkegiatan dengan penantian yang dinamikanya bikin deg-degan. Tapi, gapapa lah namanya juga kehidupan pekerja lepas, hehehe.

Maap ye gw jadi curhat gak karuan gini dan berapi-api. Tapi, mungkin bisa aja gak bersepakat sama gw. Dan mohon maap nih, silakan jalanin apa yang jadi pemikiran saudara, dan gw tetap dengan pendapat gw. Hidup tetep gw yang jalanin kok.

Sama bini gw sih, namanya juga rumah tangga, hahaha.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang