Unik! Ritual Acara Besan

Lelah yang membagongkan. Mungkin itu kata yang bisa gw jadiin konklusi di Jumat ini.

Kemaren itu emang kondisinya ada kondangan dari sepupu bini gw di deket rumah mertua di Ciputat. Kondangannya emang goks banget dan rada gede lah skalanya.

Maklum punya pasangan asli Betawi yang tentu turunannya ada di satu wilayah semua. Jadi gw berangkut dengan semua baju pesta untuk nginep. Karena emang pagi banget jam 8 akadnya.

Kesan saat itu adalah begitu amat melelahkan. Jam 7 pagi stengbey dengan apik di rumah ncingnya bini gw. Setelah rombongan siap berankatlah ke lokasi akad yang tempatnya itu deket banget dari rumah mertua.

Gak lama setelah akad dan poto-poto, mempelai laki harus pulang dulu lagi. Ibaratnya kondisi itu namanya mau siap-siap acara "besan." 

Pulang dah tuh gw ke rumah mertua dan sempet tidur siang sampe setelah zuhur. Nah sebelum jam 1 siang, gw udah ada lagi di rumah ncingnya bini gw untuk ngadain ritual "besan" itu tadi khas Betawi. Momen itu emang gak bisa dilupain karena yang ngikut rame bener, hahaha.

Jadi "besan" itu adalah momen mempelai laki-laki dateng lagi bersama rombongan keluarga besar, tetangga, hadai taulan untuk melepas si laki-laki nyeberang masuk ke keluarga perempuan.

Buset kaya jebolan PRJ dah ramenya. Tapi, lucunya karena si laki dan si perempuan rumahnya cuma terpaut 200 meter. Jadi kocak tabrakan orang-orangya, hahaha.

Ibaratnya orangnya itu-itu juga. Masih sodara-sodara juga jatohnya. Karena emang rombongannya sama-sama juga.

Setelahnya pulang dan menunggu acara kondangan yang sebenarnya di malam hari. Beuh, goks banget kan party sepanjang hari.

Awalnya sempet kaget, tapi emang kalau Betawi yang nikahnya sama Betawi juga pasti akan ngejalanin adat yang seperti itu. Budaya yang emang harus dilestarikan.

Intinya semua budaya itu baik, tinggal gimana persepsi masing-nmasing aja. Gw sebagai satu-satunya anak menantu yang orang seberang pun harus bisa menghargai apapun yang terjadi khususnya di keluarga bini gw.

Pas sampe rumah tidur gw sama bini gw karena capek yang luar biasa.

Untung waktu gw nikah gak ada acara besan, kalau gak mah gw ajakin semua orang Minang dateng, hahaha.

parah loe...

Comments

Popular posts from this blog

KARYA IKHWAN ARYANDI

Perintis Periklanan Itu Bernama Nuradi

Nasi Padang Agensi Jepang